Khasiat Pare yang Mengguncang Dunia Medis

0

Bagi masyarakat Indonesia pare merupakan jenis sayuran yang populer. Walaupun banyak orang yang tidak suka karena rasa pahitnya namun aneka olahan parek ini kian berkembang seiring pengetahuan masyarakat tentang tanaman satu ini. Pare atau Momordica charantia merupakan tanaman yang berasal dari Asia tropis dan banyak ditanam di Indonesia.
Tanaman pare (paria) adalah tanaman herba berumur satu tahun atau lebih yang tumbuh menjalar dan merambat. Tanaman yang merupakan sayuran buah ini mempunyai daun yang berbentuk menjari dengan bunga yang berwarna kuning. Permukaan buahnya berbintil-bintil dan rasa buahnya pahit. Tanaman pare ini sangat mudah dibudidayakan dan tumbuhnya tidak tergantung pada musim. Tak sulit menemukan pare di Indonesia. Baik pasar tradisional maupun modern selalu manyajikan sayur ini. Pare ditanam di lahan pekarangan, atau tegalan, atau di sawah bekas padi sebagai penyelang pada musim kemarau.

Pare di Jaman Prasejarah

Sejak zaman dahulu, khasiat pare ini telah diketahui oleh bangsa Cina dari mulut ke mulut. Para tabib Cina menggunakan pare sebagai obat penurun panas, obat diare, dan juga menangkal keracunan makanan.

Khasiat Pare Melawan Kanker

khasiat pare paria kesehatanSeiring perkembangan dunia pengobatan herbal maka ditemukan banyak informasi tentang manfaat sayur pahit ini, diantaranya adalah penelitian yang dilakukan di Jepang membuktikan bahwa pare dapat digunakan untuk melawan sel kanker. Penelitian ini menggunakan tikus sebagai binatang percobaan. Tikus-tikus diberi suntikan sel kanker kemudian diberi ekstrak pare untuk mengetahui perkembangan sel kanker.

Hasilnya ternyata sangat mencengangkan. Sel kanker yang berada dalam perut tikus berhenti berkembang. Hal tersebut dikarenakan karena pare mengandung lesichin yang berfungsi untuk mengaktifkan kerja kekebalan yang berfungsi untuk melawan sel kanker. Oleh karena itu bagi penderita kanker bagus untuk mengkonsumsi pare begitu juga orang yang sehat pun dianjurkan mengkonsumsi pare untuk mencegah terkena kanker.

Pare Anti Diabetes

khasiat pare paria kesehatanTak hanya ampuh melawan kanker, pare juga berguna untuk melawan diabetes. Kadar gula dapat turun dengan makan pare. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tikus-tikus. Tikus yang ada diberi ekstrak pare lalu diukur gula darahnya. Hasilnya, kadar gula darah pada tikus-tikus itu turun secara bertahap. Penurunan kadar gula ini didapat karena hasil kerja dari zat yang memiliki kesamaan dengan insulin yang terkandung di dalam biji pare. Selain itu, zat protein yang juga terkandung di dalamnya juga berperan dalam penurunan kadar gula dalam darah tersebut. Zat-zat yang terkandung di dalam daging dan biji pare mempercepat pembongkaran glukosa dan mengubah glukosa yang berlebih menjadi energi. Bila kadar gula dalam darah dalam kondisi rendah dapat dipertahankan, hal ini juga berhubungan dengan pembakaran lemak sehingga dapat dijadikan cara untuk mencegah kegemukan.

Pare untuk Kekebalan Tubuh

khasiat pare paria kesehatanHal lain yang perlu diketahui bahwa pare juga mengandung vitamin C, karotin, dan kalium. Hal ini berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dan serat bekerja untuk mengatur kondisi di dalam usus dan berfungsi untuk mengatasi sembelit
Karotin bekerja untuk menjaga kesehatan mata agar penglihatan tetap optimal dan terhindar dari rabun senja. Sedangkan kalium berfungsi untuk mengatasi pengonsumsian natrium berlebih sehingga berkhasiat untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

Dengan melihat banyaknya khasiat pare maka tak ada salahnya jika kita sering mengkonsumsinya. Ternyata dibalik rasa pahitnya terkandung multi manfaat bagi kesehatan tubuh. Jika tidak begitu menyukai pare dengan cara di buat sayur maka kita juga bisa mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul atau keripik pare yang lezat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.