Kiat Memilih Krim Pemutih yang Aman

0

Siapa yang tak ingin memiliki kulit putih bersih dan kinclong. Nah karena tingginya minat masyarakat terutama para wanita akan hal ini maka produk pemutih banyak sekali bermunculan. Iklan-iklan tentang krim pemutih pun kian gencar dan menggoda. Namun tunggu dulu, sebab sekarang ini bermunculan krim pemutih yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya seperti merkuri, hidrokinon dan rhodamine B (pewarna tekstil). Bahan-bahan ini akan merusak jika masuk tubuh manusia, sehingga pemerintah melarang zat tersebut dalam obat/krim pemutih.

memilih krim obat pemutih wajah badanTerungkapnya fakta banyaknya krim pemutih yang mengandung zat-zat berbahaya membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tak henti-hentinya merazia produk-produk kosmetik. Pemerintah yang di dukung oleh media massa berusaha memberitahukan kepada masyarakat akan maraknya kosmetika berbahaya agar para konsumen terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Namun walaupun razia dilakukan secara gencar, kosmetik termasuk pemutih dari luar negeri bisa masuk Indonesia secara ilegal. Buktinya dipasaran masih banyak produk-produk asing yang bisa didapatkan secara mudah.

Seperti halnya dalam menyikapi obat, pemakai kosmetik juga harus meneliti produk yang dipakai apalagi jika kita menggunakan kosmedik (jenis kosmetik berisi obat yang tidak boleh sembarang dipilih tanpa nasihat dokter). Nah berikut ada tipsnya agar terhindar dari pemutih berbahaya :

Cek Label Krim / Obat

memilih krim obat pemutih wajah badanBacalah label dari pemutih yang dibeli. Apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak terutama yang dibeli dipasar tradisional dan berasal dari negara lain. Jika produk itu berbahasa asing dan tidak ada bahasa Indonesianya sebaiknya jangan dibeli karena kita tidak tahu apa saja yang terkandung didalamnya.
Pastikan juga ada label dari BPOM, untuk menunjukkan bahwa krim tersebut sudah terdaftar di Indonesia. Label dari BPOM Indonesia juga merupakan indikator dari krim pemutih yang aman.

Konsultasi Dokter

Ada baiknya konsultasi ke dokter sebelum memakai krim pemutih wajah. Dalam hal ini, dokter akan memeriksa bagiamana kondisi kulit wajah, apakah tergolong jenis kulit yang tahan memakai krim pemutih atau tidak. Jika kulit termasuk yang tidak tahan, sebaiknya tidak memakai pemutih karena akan membuat kulit menjadi rusak.

Proses Pemutihan yang Sangat Cepat

Kita wajib curiga jika dalam waktu singkat kulit menjadi putih karena produk pemutih yang dipakai. Misalnya, baru semingggu menggunakan produk itu, kulit sudah tampak putih. Biasanya, produk seperti ini mengandung merkuri.

Efek Iritasi pada Kulit

iritasi-kulitPerlu juga waspada jika krim pemutih membuat kulit wajah menjadi merah atau iritasi akibat kulit tidak tahan dengan bahan aktif yang terkandung dalam krim pemutih itu. Dampak lain dari pemutih yang mengandung merkuri adalah wajah menjadi bengkak dan kulit kasar. Krim pemutih yang aman biasanya mempunyai proses pemutihan yang bertahap atau tidak instan.

Selain memakai krim pemutih yang aman, kita bisa merawat kulit wajah dengan alami seperti dengan cara banyak minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Selain itu bisa memakai masker buah dan produk herbal yang tidak mengandung unsur kimia berbahaya. Dengan cara ini, kulit wajah akan tampak sehat dan segar. Tidak semua wajah membutuhkan pemutih. Pemutih hanya dibutuhkan oleh mereka yang memiliki kulit wajah kusam, atau banyak flek hitam/coklat.

Save

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.