Konsumsi 5 Makanan ini untuk Menaikkan Jumlah Trombosit

https://www.google.co.id/search?q=angkak&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=vqw3X7nxvbCMsM%253A%252C4krmI0hkI6RuqM%252C_&usg=___6zsLYuWWq0SRR2iQRTEql_u0xg%3D&sa=X&ved=0ahUKEwjetr6P2MXaAhWGpo8KHXwNDCIQ_h0IxAEwDQ#imgrc=STTJwwdZCUaP6M:
0

Darah manusia terdiri dari beberapa bagian. Sel darah merah atau eritrosit, sel darah putih atau leukosit, dan keping darah atau trombosit. Masing-masing bagian ini harus mencapai jumlah normal agar tidak terjadi gangguan pada darah yang kemudian menyebabkan gangguan kesehatan tubuh seseorang. Jumlah normal untuk trombosit adalah antara 150.000 hingga 250.000 keping. Jika jumlah kurang dari itu, maka seseorang akan mengalami keadaan dimana badan menjadi sangat lemah dan bisa terjadi pendarahan yang susah reda karena fungsi trombosit adalah untuk memebekukakan darah ketika terjadi luka. Meskipun sering dikaitkan dengan penyakit demam berdarah, penyebab dari berkurangnya trombosit ini ada dua hal yaitu terjadinya kerusakan trombosit di peredaran darah atau berkurangnya produksi trombosit di sumsum tulang belakang. Untuk menaikkan jumlah trombosit dalam tubuh manusia ada beberapa hal yang dapat dilakukan, salah satunya adalah transfusi trombosit. Akan tetapi, sebelum harus melakukan transfusi, ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan jumlah trombosit secara alami.

1. Jambu biji

Buah yang satu ini sangat mudah didapatkan, bahkan anda bisa menanam sendiri di perkarangan rumah. Banyak manfaat yang bisa didapat dari buah ini karena kandungannya. Salah satunya adalah untuk menaikkan jumlah trombosit. Kandungan vitamin C dalam buah ini sangat banyak yaitu 228 mg pada setiap 100 gramnya. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ada pula zat aktif bernama trombinol yang dapat menghasilkan trombosit secara lebih banyak.

2. Sari kurma

Glukosa yang dihasilkan dari buah kurma dapat mengembalikan energi. Buah tradisional dari Arab ini kerap dijadikan rekomendasi menu saat seseorang sedang berpuasa maupun mengalami sakit. Khasiat dari sari buah kurma ini bermacam-macam. Di antaranya adalah memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan stamina, mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) dan tentunya menaikkan jumlah trombosit pada seseorang. Kemasan botol sari kurma mudah didapatkan salah satunya di apotek.

3. Daun ubi jalar

Meskipun belum diuji secara medis akan manfaatnya, namun sudah banyak orang yang membuktikan khasiat dari daun ubi jalar untuk menaikkan jumlah trombosit. Menurut beberapa pengalaman, setelah mengonsumsi daun yang satu ini, penderita trombositopenia akan mengalami kenaikkan trombosit secara signifikan, ditambah, meskipun belum teruji secara klinis, dokter menyatakan bahwa mengonsumsi daun ini tidak menyebabkan efek samping. Bahkan, banyak kandungan seperti B6 yang tiga kali lebih banyak dari ubi jalar, dan vitamin C lima kali lebih banyak. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Rebus daun ubi jalar dan minum air hasil rebusan tersebut.

4. Angkak

Angkak adalah beras putih jenis tertentu yang difermentasi menggunakan ragi. Hasilnya menjadi beras berwarna merah. Selain digunakan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh, salah satu manfaat yang sudah diketahui masyarakat di penjuru dunia adalah manfaatnya dalam menaikkan trombosit dan mengobati demam berdarah. Untuk mengonsumsinya, angkak dapat direndam dengan air matang dan diminum air hasil rendaman tersebut. Selain itu, ada berbagai macam bentuk dari produk berbahan angkak yang lebih praktis. Beberapa di antaranya adalah pil, dan sirup murni sari angkak maupun yang sudah dicampur dengan sari kurma. Produk tersebut dapat dijumpai di apotek-apotek.

5. Buah Bit

Buah berwarna ungu ini memiliki struktur daging buah seperti ubi jalar. Untuk mengonsumsi, buah ini dapat dibuat jus atau dapat juga direbus seperti ubi. Namun, dianjurkan untuk dibuat jus karena tanpa melewati proses perebusan yang memungkinkan hilangnya beberapa kandungan buah tersebut.

Itulah beberapa bahan makanan yang dapat dikonsumsi untuk menaikkan trombosit. Selian itu, mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup juga merupakan salah satu upaya untuk menaikkan trombosit dan menjaga kesehatan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.