Lakukan 11 Cara Ini kepada Anak Rewel

0

Semua orang tua pastinya menginginkan anaknya menjadi cerdas, penurut, dan baik hati. Bahkan di sisi lain dapat bertingkah  menjadi hal yang tidak wajar dan membuat diri kita menjadi naik darah karena anak yang sangat sulit untuk dimengerti orang tua. Apalagi kalau anak sudah sangat rewel pastinya orang tua bisa sangat kesal karena anak susah untuk didiamkan. Anak rewel sendiri pastinya menginginkan sesuatu hal agar dirinya bisa dituruti. Dalam hal ini tentu saja orang tua harus tanggap dan tidak bersikap kasar dalam menghadapi anak yang sedang rewel. Yuk simak berikut ini cara mengatasi anak rewel.

1. Cek Kesehatan Anak

Image : prosehat

Cara mengatasi anak rewel yang pertama adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan pada anak. Beberapa anak menjadi rewel pastinya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah masalah kesehatan pada anak. Bisa saja anak menjadi sangat rewel dikarenakan anak kekurangan makanan atau anak tidak mendapatkan banyak nutrisi makanan baik untuk tubuhnya. Maka dari itulah orang tua tidak boleh menggangap remeh dalam pemberian makanan kepada anak. Tubuh anak sendiri sangatlah sensitif. Ketika makanan tidak cocok dengan tubuh anak pastinya hal ini dapat membuat anak menjadi sakit. Bahkan makanan juga dapat membuat anak menjadi alergi yang mana hal inilah pemicu terjadinya anak menjadi rewel.

2. Perhatikan Faktor Lingkungan

Image : pondokibu

Bisa jadi anak menjadi sangat rewel karena faktor lingkungan. Apalagi bila keluarga memutuskan untuk pindah rumah sehingga keluarga harus melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru. Tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah bagi seorang anak karena juga harus ikut beradaptasi. Ketika beradaptasi pun belum tentu anak akan merasa cocok. Ketika merasa tidak cocok pastinya anak dapat memberontak sehingga anak menjadi rewel. Dalam hal ini orang tua juga harus mengawasi dengan siapa anak bermain karena hal ini dapat mempengaruhi etika anak itu sendiri. Ketika anak merasa terancam dengan lingkungan sekitar pastinya hal ini akan sangat mengancam dirinya sendiri.

3. Berikan Aturan Sejak Kecil

Image : shuttershock

Tak ada salahnya bila memberikan aturan kepada anak sejak kecil. Anak kecil sendiri nyatanya perlu dibimbing dan diajarkan sebuah aturan sejak masih bayi bukan ketika dewasa. Ketika masih bayi tentu saja segala tingkah laku serta aturan akan terekam dalam memori hingga dewasa. Hal ini juga yang akan membentuk pribadi seorang anak menjadi baik ataupun buruk. Ketika anak sedang rewel tentu saja orang tua harus berkomunikasi dengan anak agar anak menyampaikan apa yang diinginkannya dengan cara yang baik. Komunikasi antara anak dengan ibu sendiri perlu dibentuk sejak anak masih bayi agar anak dapat percaya dengan anaknya sendiri.

4. Memberikan Hukuman

Image : muslimobsession

Pada saat anak sedang rewel kita orang tua bisa saja memberikan sebuah hukuman secara dadakan agar anak menjadi diam. Tetapi sayangnya ada beberapa anak yang diberi hukuman malah menjadi semakin liar dan tidak mau berhenti. Maka dari itu, hukuman yang diberikan tidak boleh membuat hati anak menjadi terluka ataupun menyakiti hatinya. Beberapa anak dapat merasakan yang namanya sakit pada tubuhnya namun banyak anak yang jarang bilang kepada orang tua sehingga anak menangis ataupun rewel. Oleh karena itu, hukuman sendiri juga perlu diberikan secara matang karena hal ini akan mempengaruhi pada motorik daya ingatnya hingga dewasa nanti sehingga anak dapat melawan bila sudah dewasa.

5. Melatih Kemandirian

Image : zielusiana

Ketika masih bayi pastinya orang tua selalu membantu anak dalam segala hal kebutuhannya. Anak sendiri dapat menjadi ketergantungan kepada orang tua bahkan membuat anak menjadi tidak pede bila tidak dibantu ataupun tidak ditemani oleh orang tua. Nyatanya ketika bayi, ibu dapat melatih kemandirian anak agar anak menjadi pede. Ketika tidak pede anak dapat menjadi rewel agar dirinya terus dibantu. Hal ini tentu saja bukanlah hal yang baik bagi seorang anak. Maka dari itu, cobalah berikan tanggung jawab sekecil apapun kepada anak dan biarkan anak untuk mandiri dalam hal apapun walaupun itu terlihat mudah bagi orang tua.

6. Berbicara dari hati ke hati

Image : shutterstock

Salah satu hal yang paling penting ketika anak sedang rewel adalah kita sebagai orang tua harus berbicara dari hati ke hati. Ketika sedang rewel pastinya hal yang disampaikan oleh anak akan terdengar tidak sangat jelas karena suara tangisannya. Maka dari itu, hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua adalah bertanya kepada anak dengan nada yang tidak terlalu keras dan menyuruh diam anak agar orang tua mengerti. Jangan pernah selalu menuruti keinginan anak ketika sedang rewel karena hal ini akan memicu anak menjadi sangat manja dan menjadi kebiasaan hingga dewasa nanti.

7. Sabar

Image : shutterstock

Salah satu hal yang perlu dipunya oleh orang tua ketika menghadapi anak rewel adalah sabar. Pada saat anak sedang menangis sangat keras terkadang  hal ini akan membuat jengkel dan kesal orang tua karena dapat menggangu lingkungan sekitar. Khususnya saat tangisan anak terdengar kemana-mana bahkan menangis sangat lama tentu saja hal ini dapat menjadi bahan pembicaraan tetangga bila kita sebagai orang tua tidak dapat mengurus anak dengan baik. Menghadapi anak yang rewel tentu bukan hal yang mudah apalagi bila orang tua salah mengambil tindakan anak dapat melawan orang tua bahkan tidak mempercayai orang tua lagi.

8. Alihkan Perhatian

Image : shutterstock

Cara lain untuk mengatasi anak rewel adalah dengan cara mengalihkan perhatian anak kepada benda yang disukai. Ketika anak sedang rewel cobalah untuk mengajak anak berjalan-jalan sambil memperkenalkan benda-benda yang ada di sekitarnya. Mengalihkan perhatian anak berfungsi agar anak melupakan dengan hal yang diinginkannya. Mengalihkan perhatian anak sendiri tentu bukanlah hal yang mudah apalagi bila anak sangat keras kepala. Maka dari itu, orang tua perlu memberikan ketegasan agar anak mengerti. Bila perlu sediakan benda-benda kesayangan sang anak ketika sedang rewel agar cepat berhenti dan melupakan hal yang ia mau. Ketika anak sudah tenang jelaskan dengan baik-baik agar anak menjadi lebih mengerti dengan keadaan.

9. Pelukan

Image : shutterstock

Bagi siapa pun pastinya akan sangat senang bila diberikan sebuah pelukan oleh orang yang disayang. Nah, sama halnya ketika anak sedang rewel maka ibu ataupun ayah dapat memberikan pelukan hangat kepada anak agar anak menjadi diam dan tenang. Cobalah berbisik ke telinga anak dengan kata-kata pujian agar anak semakin tenang. Kemudian ajaklah anak berjalan-jalan ke sekitar agar anak tidak semakin stress. Setelah itu, ajak anak berbicara mengapa dirinya menangis. Pelukan sendiri juga sangat bagus untuk kesehatan anak karena dapat menambah rasa kepercayaan anak kepada orang tua. Maka dari itu, orang tua harus sering-sering memberikan pelukan kepada anak.

10. Ajak Jalan-Jalan

Image : kaskus

Salah satu solusi yang dapat dilakukan agar anak diam ketika sedang nangis adalah mengajaknya jalan-jalan agar mendapatkan udara segar. Bisa jadi anak merasa stress di dalam rumah dan menginginkan untuk bertemu dengan teman-temannya untuk bermain. Anak sendiri juga butuh bertemu dengan teman sepentarannya agar anak bisa bersosialiasi dengan baik. Bersosialiasasi sendiri juga memancing anak untuk pintar dalam berbicara. Namun akan berbeda bila anak jarang berbicara pastinya anak tidak akan jelas dalam menuturkan sebuah kata. Ketika anak berjalan-jalan dan bertemu dengan temannya terkadang hal ini dapat membuat hati anak sangat senang dan gembira.

11. Mendiamkan Begitu Saja

Cara mengatasi anak rewel yang terakhir adalah dengan cara mendiamkannya begitu saja. Sebagai orang tua, mendiamkan anak saat rewel pastinya adalah hal yang terlihat kejam dan terkesan cuek. Namun bila selalu menuruti keinginan anak saat menangis pastinya hal ini juga tidak baik. Anak sendiri dapat berhenti menangis dengan sendirinya bila sudah merasa lelah. Tetapi bila anak menangis terlalu lama bahkan hingga berjam-jam tentu saja bukanlah hal yang wajar dan orang tua harus mengambil tindakan agar anak diam.

Tentunya masih banyak cara yang dapat kita lakukan terhadap  anak rewel, dan selalu ingat bahwa setiap anak adalah special dan belum tentu cara yang kami sebutkan berlaku untuk anak anda. Jika anda punya cara efektif dalam menghadapi anak anda rewel, berbagi yuk dengan pembaca yang lain di kolom komentar.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.