Liburan Dengan Budget Backpacker

0

Berpergian dengan biaya yang terbatas tentunya harus dipersiapkan dan direncanakan dengan matang. Berikut ini ada beberapa pertimbangan budgeting yang bisa Anda terapkan dalam melakukan perjalanan ala backpacker.

Hemat dan Rajin Menabung

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya backpaker-nabungAnda melakukan persiapan seperti menghemat pengeluaran dan juga rajin menyisihkan uang saku untuk menabung. Hal ini akan membantu Anda untuk mengumpulkan banyak bekal di perjalanan Anda nantinya.

Biaya Transportasi

Hal pertama yang paling mudah dihitung adalah biaya transportasi ketika melakukan keberangkatan dari rumah sampai ke tempat tujuan, dan kembali lagi ke rumah. Pandai-pandailah dalam mencari harga promosi tiket pesawat atau kereta api, searching di internet dan lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari.

 

Biaya Penginapan

Berapa lama Anda akan melakukan perjalanan, berarti harus dibarengi pula dengan perhitungan biaya penginapan. Cari informasi mengenai hostel atau tempat penginapan yang paling murah. Tapi, perhatikan juga lokasinya, jangan sampai letaknya terlalu jauh dari pusat wisata atau tidak terjangkau dari transportasi umum.

backpaker-makan-makanBiaya Makan

Biaya makan memang sangat tergantung pada jenis makanan dan tempat makannya, namun Anda bisa menghitung secara garis besar berdasarkan tempat tujuan dan biaya makan Anda sehari-hari. Kalau bisa, cari tempat makan yang sekiranya terjangkau dan juga sudah ada harganya. Anda juga bisa membawa bekal, misalnya roti atau panganan lainnya untuk jaga-jaga jika merasa lapar saat di perjalanan.

Siapkan Biaya Tak Terduga

backpaker-protection

Biaya tak terduga biasanya meliputi transportasi sel ama berada di tujuan wisata, tiket masuk tempat wisata, tip, jajan dan biaya tak terduga lainnya. Sebisa mungkin Anda harus mencari informasi mengenai biaya-biaya ini sebelum berangkat, sehingga mempermudahkan Anda dalam mengatur anggaran. Untuk biaya tak terduga, silakan disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda sendiri. Semakin besar, makin baik karena sifatnya untuk keperluan darurat ketika di perjalanan nanti.

Nah, untuk menekan biaya selama perjalanan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Pandai Menekan Pengeluaran

Penekanan biaya bisa dilakukan dengan membeli makanan dari supermarket atau street food, menaiki transportasi umum yang murah, atau kalau perlu berjalan kaki bila jaraknya tidak begitu jauh. Merancang rute wisata yang saling berdekatan agar bisa sekali jalan. Biasakan untuk mencuci baju sendiri di tempat penginapan, jangan memakai  jasa laundry yang mereka sediakan. Namun, alangkah lebih baik lagi jika Anda bisa menginap di rumah-rumah warga, jadi bisa menghemat biaya untuk penginapan. Oleh karena itu, rajinlah bertanya dan berinteraksi. Siapa tahu ada warga sekitar yang rela untuk menampung Anda di tempat tinggalnya.

backpaker-souvenirPikir Dua kali Sebelum Belanja Souvenir

Ketika sedang berpergian, Anda tidak harus selalu membeli souvenir dari tempat yang Anda singgahi. Disamping dapat memperbesar pengeluaran, hal tersebut akan memakan tempat di ransel sehingga membuat barang bawaanmu menjadi lebih berat ketika dalam perjalanan pulang nanti. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencicipi makanan khas dari tempat yang Anda kunjungi.

Jadi Freelancer

Salah satu sumber pendanaan yang sangat membantu adalah jika Anda bisa mencari pekerjaan di tempat tujuan Anda, seperti bekerja di hostel, cafe, atau semacamnya. backpaker-freelancerAtau Anda juga bisa melakukan pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk tetap bisa melakukannya secara mobile, seperti seperti menjadi travel writing atau programming. Sedikit pemasukan yang Anda dapatkan tentu akan sangat berguna untuk menambah biaya perjalanan Anda selama di sana.

Penjelasan diatas adalah hal-hal kecil yang bisa Anda lakukan ketika akan berpergian ke suatu tempat. Juga, ada tambahan catatan mengenai bagaimana menambah biaya pemasukan ketika sedang berada di tempat tujuan. Langkah-langkah tersebut semoga bisa Anda jadikan acuan ketika hendak melakukan suatu perjalanan ke mana pun. Rasanya masih banyak cara-cara lainnya yang bisa Anda lakukan. Semoga penjelasan diatas bisa mewakili.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.