Kamu Peminum Kopi? Ini Dia Manfaat Kopi yang Harus Kamu Ketahui

0

Minum kopi memang memiliki sensasi sendiri, apalagi jika sudah kecanduan dan tak bisa terlewatkan. Namun, ada juga yang tidak suka kopi, alasannya karena kandungan kafein didalam kopi tidak baik untuk kesehatan.

Selain kafein didalam kopi bisa memacu peredaran darah, kopi juga mengandung protein asam chiorogen, pembangkit chlor, yang merangsang keluarnya asam chlorida dalam lambung. Namun dalam konsentrasi yang peka, kafein murni yang terdapat didalam kopi bisa menjadi racun.

Tapi, tahukah kamu, kalau dibalik kandungan kafein dalam secangkir kopi, ternyata bisa juga memiliki manfaat yang lain loh. Nah, mau tahu apa saja khasiat dari kopi ini? Ini dia penjelasannya.

1. Menghilangkan Bau Mulut Karena Makanan

Kalau kamu termasuk penyuka petai atau jengkol. Kopi bisa jadi penawar bau mulut karena makanan tersebut loh. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu mengunyah sedikit bubuk kopi selama beberapa menit. Setelah mengunyah kopi tersebut, bisa dilanjutkan dengan minum air putih dingin. Baunya perlahan akan hilang karena kopi yang kamu kunyah itu.

2. Menghaluskan dan Melembutkan Kulit

Kulit tangan terasa kasar dan tidak enak diraba? Jangan didiamkan begitu saja. Kamu bisa melakukan perawatan sendiri di rumah, tanpa perlu ke salon. Cukup mengambil 1 sendok makan bubuk kopi dan diberi sedikit air panas. Balurkan kopi ke kulit tangan atau kaki, tunggu sampai kopi tersebut agak kering, dan bersihkan sisa kopi yang masih menempel dengan handuk kecil. Di salon-salon, kopi juga kerap dipakai untuk lulur atau masker karena salah satu manfaat kopi adalah bisa menyegarkan kulit.

manfaat-kopi-dan-stress

3. Meredakan Stress

Rupanya menghirup aroma kopi bisa berfungsi sebagai relaksasi. Jika pikiranmu sedang kusut dan tak tenang, cobalah hirup aroma kopi secara perlahan. Tak hanya itu, minum kopi juga bisa meredakan rasa kantuk yang melanda.

4. Mencegah Diabetes

Bagi peminum kopi, biasanya mengkonsumsi 3-4 gelas sehari. Dengan porsi seperti itu, bukan tidak mungkin akan menurunkan risiko terkena diabetes. Kandungan asam klorogenik yang ada didalam kopi dapat membantu mencegah resistensi insulin yang merupakan tanda adanya penyakit diabetes tersebut. Kopi juga bisa mencegah terjadinya penyakit ya!

5. Mencegah Batu Empedu

Batu empedu tumbuh ketika lendir yang ada di dalam kantong empedu memerangkap kristat-kristat kolesterol. Nah, xantine yang ada di dalam kandungan kopi tersebut akan membantu mengurangi lendir serta risiko penyimpanannya. Minumlah dua gelas kopi atau lebih untuk mengurangi proses terjadinya batu empedu.

6. Melindungi Gigi

Kandungan kafein dalam kopi mempunyai kemampuan anti bakteri dan anti lengket, sehingga bisa  menjaga bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan gigi. Dengan minum segelas kopi per hari akan mencegah risiko kanker mulut juga.

7. Mencegah Penyakit Saraf

Peminum kopi cenderung tidak akan mengembangkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Kandung antioksidan yang terdapat didalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson.

Ternyata banyak juga ya manfaat kopi bagi kesehatan tubuh kita. Setelah mengetahui khasiat kopi ini, kamu gak akan takut lagi untuk kopi. Semoga bermanfaat ya!

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.