Media Tanam yang Kreatif dan Ramah Lingkungan

source: brilio.net
0

Semakin ke sini luas tanah lapang yang tersedia semakin sedikit. Karena alas an itu pula jumlah tanaman jadi semakin berkurang karena terbatasnya media untuk menanam. Namun, ada pula banyak cara untuk tetap menanam tumbuh-tumbuhan, salah satu yang paling diminati adalah menanam tanaman hias, yang mana selain bisa digunakan sebagai sumber oksigen, dapat pula digunakan sebagai penghias ruangan.

Banyak masyarakat di perkotaan memilih untuk menanam tanaman mereka menggunakan sistem vertical garden, yaitu menanam tanaman secara vertikal. Banyak pula yang memilih menanam tanaman hias berukuran kecil maupun sedang untuk diletakkan di dalam rumah. Jika biasanya hanya ditanam di media pot yang begitu-begitu saja, bebarapa media alternatif ini dapat kamu pertimbangkan untuk mempercantik rumah kamu. Apa aja? Ini dia!

1. Sepatu bekas

source: pxhere.com

Jika kamu memiliki banyak sepatu bekas di rak yang sudah tidak terpakai dan berencana membuangnya sebaiknya kamu pertimbangkan lagi karena sepatu ini bisa kamu gunakan sebagai media tanam yang akan terlihat sangat kreatif.

2. Tas

source: mitalom.com

Pilih tas yang bebentuk kotak atau bulat dengan satu resleting di atasnya atau bisa juga memilih tottebag dengan ukuran yang sesuai dengan tanaman yang akan kamu tanam. Jika tidak memiliki tas bekas tapi tetap ingin menggunakan agar ruangan terasa berbeda, kamu bisa membeli tottebag dengan harga yang terjangkau. Pilih juga yang memiliki motif lucu agar enak dilihat.

3. Cangkir bekas

source:popeti.com

Memiliki cangkir yang sudah tidak kamu gunakan? Kamu bisa memanfaatkan cangkir ini sebagai media tanam yang unik. Tumbuhan kecil seperti kaktus bisa kamu pilih untuk ditanam. Media tanam cangkir ini bisa kamu taruh di dekat jendela atau di meja kecil ruang  tamu kamu agar lebih cantik dan segar.

4. Botol Sirup Bekas

source: qlapa.com

Jika botol plastic sering digunakan sebagai media tanam dengan sistem hidroponik, botol sirup bekas bisa kamu pilih jika ingin menanam tanaman yang memiliki batang ramping dan hidup di tanah. Jangan lupa hilangkan kertas yang menempel di botol dengan menyelupkannya di air selama beberapa saat dan menyikatnya hingga bersih agar botol semakin bening. Atau jika kamu ingin lebih kreatif, kamu bisa mengecat dan mengkreasikannya.

5. Kulit Jeruk Bali

source: siangpalas.com

Ingat ya, kulit jeruk yang dipakai adalah kulit jeruk Bali bukan kulit jeruk yang lain karena jenis jeruk Bali ini memiliki bentuk yang relatif lebih besar dibanding jenis jeruk yang lain. Selain bisa digunakan sebagai bahan mobil-mobilan untuk anak-anak, kulit jeruk Bali juga bisa digunakan sebagai media untuk menanam tanaman hias. Meskipun memiliki ukuran paling besar di antara jenis jeruk yang lain, tanaman yang kamu pilih harus yang berukuran sesuai ya, alias jangan terlalu besar.

6. Kardus Bekas Tempat Telur

source: percobaansainssederhana.blospot.com

Sering membeli telur di super market? Jika selama ini kardus yang kamu dapatkan kamu campakkan jika telur sudah habis dan kamu buang begitu saja, sekarang kamu dapat memanfaatkannya untuk media menanam tanaman hias kamu. Kamu bisa memilih tanaman yang kecil-kecil namun berjumlah banyak agar bisa kamu tanam secara horizontal di media ini.

7. Ban bekas

source: rimma.co

Ban bekas hanya akan mengganggu pemandangan jika kamu geletakkan begitu saja di garasi atau halaman. Untuk mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat, kamu bisa mengecat ban tersebut lalu menanam tumbuhan dengan ukuran yang relatif lebih besar dari pada yng ditanam di media-media yang disebutkan sebelumya. Media ini cocok untuk diletakkan di halaman karena ukurannya yang cukup besar. Selain diletakkan begitu saja, tanaman di ban juga bisa digantung lho.

Kamu punya ide lain selain yang kami sebutkan diatas, yuk share dengan yang lain di kolom komentar dibawah ini!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.