Melatih Anak Berpuasa Sejak Dini

0

Bulan ramadan kerap dijadikan moment untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, terlebih lagi meningkatkan kualitas ibadah kita. Selain itu, bagi yang memiliki anak, bulan penuh berkah ini juga biasanya dijadikan ajang untuk melatih anak ikut berpuasa. Walau sang anak belum terlalu mengerti apa itu puasa, tapi sebagai orang tua tidak ada salahnya untuk mengenalkan puasa sejak dini kepada anak-anak di rumah.

Seorang anak memang tidak diwajibkan untuk ikut berpuasa. Namun, orang tua juga perlu mendampinginya untuk melatih mereka ikut berpuasa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengajak anak ikut berpuasa. Simak penjelasannya berikut ini:

anak-tahan-nafsu-makan

  1. Ajarkan Untuk Tidak Melakukan Aktivitas Makan dan Minum

Beri tahu sang anak untuk tidak makan dan minum pada hari itu. Dan diperbolehkan untuk makan dan minum saat suara adzan magrib terdengar. Pada awalnya, sang anak mungkin akan banyak bertanya dan kebingungan. Setelahnya ia akan terbiasa untuk melakukan hal tersebut, walaupun butuh waktu.

2. Ajarkan Berpuasa Setengah Hari

Jika sang anak aqak rewel, ajak ia untuk berpuasa selama setengah hari terlebih dahulu. Misalkan, berpuasa sampai adzan dzuhur. Lalu, melanjutkannya lagi sampai terdengar suara adzan berikutnya.

3. Berikan Makanan yang Disukai

Hasrat sang anak untuk berpuasa mungkin akan bertambah jika ia mengetahui akan mendapatkan makanan favoritnya. Masaklah makanan kesukaannya, agar sang anak makin semangat untuk berpuasa.

mengajari anak berpuasa4. Jelaskan Manfaat Berpuasa

Biasanya, anak berusia dini lebih mudah untuk menyerap informasi yang disampaikan oleh orang tua. Dengan menjelaskan manfaat berpuasa dan keutamaannya, akan sangat berguna dalam membentuk karakter dan kepribadiannya sejak dini.

5. Kesehatan Sang Anak

Sebelum mengajak anak berpuasa, pastikan sang anak dalam keadaan sehat. Agar tidak menangangu kegiatan dalam berpuasa nantinya.

6. Tidak Melakukan Kegiatan Berlebihan

Ketika sang anak berpuasa, ajak dia untuk melakukan kegiatan yang santai dan bermanfaat. Hindari kegiatan-kegiatan yang bisa membuatnya lelah dan berkeringat.

didik-anak-beribadah7. Mengisi Waktu Dengan Ngabuburit

Menjelang waktu berbuka puasa, ajak sang anak untuk jalan-jalan keluar rumah. Misalkan, mencari hidangan untuk berbuka puasa, jalan-jalandi sekitaran taman, atau sekadar ngobrol-ngobrol mengelilingi lingkungan rumah.

8. Ciptakan Suasana yang Mendukung

Peran orang tua sangat diperlukan untuk membangun mental sang anak agar mau berpuasa. Yakinkan dia bahwa dengan berpuasa akan memiliki banyak manfaat, selain melaksanakan kewajiban kita kepada Sang Pencipta. Buatlah suasana yang kompak dengan seisi rumah. Agar sang anak nyaman dalam melakukan kegiatan berpuasa.

Semoga penjelasan di atas bisa berguna bagi para orang tua yang akan mengajak sang anak untuk berpuasa.

Save

Save

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.