Memilih Menu Diet Sehat

0

Diet dilakukan tidak hanya dengan mengurangi porsi makan yang tadinya banyak menjadi sedikit, yang tadinya makan tiga kali menjadi sekali. Ini dia menu-menu makanan diet yang bisa ditiru. Simak ulasan di bawah ini ya.

 

1. Menu Sarapan

Untuk sarapan pagi, Anda bisa mengkonsumsi kuning telur ataupun keju yang biasa digunakan dalam campuran omelet dengan sayur-mayur, seperti brokoli, sawi, wortel ataupun jamur. Sayur-sayuran memiliki kalori yang rendah namun cukup mengenyangkan hingga siang hari. Selain itu, sayur-sayuran juga memberi aroma serta cita rasa yang khas. Bagi yang terbiasa mengkonsumsi roti ataupun sereal saat pagi, kini bisa menguranginya dan menggantinya dengan buah-buahan segar, seperti apel, pisang ataupun jeruk.

2. Menu Makan Siang

roti-buah-dan-kacangKalau program diet Anda ingin sukses, menu makan siang juga harus dikontrol. Apabila saat makan siang terbiasa untuk mengkonsumsi makanan-makanan berat yang tergolong tinggi kalori dan karbohidrat, seperti nasi, bihun, mie dan lain sebagainya, kini harus mengurangi ataupun menggantikannya. Sayur-sayuran atau buah-buahan segar bisa jadi pilihannya. bisa juga mengganti nasi dengan kacang-kacangan atau polong-polongan yang rendah kalori. Meskipun dengan perbandingan porsi yang sama dengan nasi, akan tetapi menu tersebut jauh lebih rendah kalori dibandingkan makanan yang biasa kamu konsumsi setiap hari saat makan siang.

3. Menu Makan Malam

saladKebutuhan kalori saat beraktifitas di siang dan malam hari tentu berbeda. Hindari makanan yang mengandung lemak serta kalori yang tinggi sebab tubuh akan kesulitan untuk merubah kalori menjadi energi, hasilnya adalah penumpukan lemak. Oleh karena itu, menu diet sehat di malam hari anda bisa mengkonsumsi protein yang berasal dari ikan yang banyak mengandung omega-3 agar asupan gizi anda tercukupi. Omega-3 juga sangat baik untuk perbaikan sel-sel tubuh serta perkembangan otak. Sebagai kombinasinya, kamu juga bisa menambahnya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan, namun tentu saja dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Jika masih bingung makanan apa aja  yang bagus dikonsumsi saat diet, berikut ini daftar makanan yang cocok untuk dimakan saat diet.

1. Gandum (Oat)

oat-gandumGandum utuh adalah makanan sehat dan kaya serat. Serat padat inilah akan membuat Anda merasa kenyang, yang juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak. Salah satu olahan gandum adalah roti gandum. Roti gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi, vitamin, mineral, zat besi, dan antioksidan yang bisa membantu mengatasi radikal bebas. Roti gandum dapat membantu kandungan serat yang tinggi yang membantu memperlancar pencernaan.

2. Ikan Salmon

ikan-salmonSalmon mempunyai kandungan protein serta asam amino omega 3 tinggi. Disamping itu ikan ini rendah kolesterol dan menjadi pilihan yang penting juga dalam program diet sehat.

3. Alpukat

Banyak orang takut mengkonsumsi buah ini karena kandungan lemaknya sangat tinggi. Padahal sebenarnya alpukat sangat baik untuk kesehatan. Lemak yang dikandung adalah lemak tak jenuh, Asan Oleat, yang bermanfaat membantu tubuh merasa kenyang sehingga sangat baik untuk diet sehat.

4. Beras Merah

beras-merahJenis beras ini memiliki harga yang lebih mahal dari beras putih biasanya. Tetapi kelebihan berah merah adalah kandungan serat yang lebih banyak, sumber karbohidrat yang sehat yang dapat membantu metabolisme dan membakar lemak.

5.Pear dan Apel

Pear dan apel sangat bagus untuk mengganti cemilan sehat saat diet. Karena dalam apel atau pear terdapat nutrisi yang bagus untuk sumber tenaga.

6. Telur

Sarapan dengan telur yang sarat dengan protein yang akan mengurangi nafsu makan. Satu hasil studi menyatakan bahwa, wanita gemuk yang sarapan telur dapat kehilangan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi telur.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.