Mempersiapkan Anak Pertama Kali Masuk ke Sekolah

0

Anak-anak yang akan memasuki sekolah di hari pertama biasanya merasa gelisah dan stres. Maklum saja, selalu ada rasa takut ketika menghadapi tempat baru atau lingkungan baru yang belum dikenal. Anda pasti juga pernah mengalami hal ini ketika baru pertama kali masuk ke kantor baru atau presentasi di depan orang yang tidak Anda kenal, kan? Nah, seperti itulah gambaran perasaan si kecil yang akan masuk ke sekolah pertama kali. Gugup, takut, gelisah semua bercampur menjadi satu.

Orang tua sebaiknya mendampingi si kecil yang akan masuk ke sekolah di hari pertama. Pendampingan orang tua ini akan mengurangi rasa cemas anak hingga 80%. Anak-anak yang sering berpisah dengan orang tua biasanya merasakan kecemasan yang lebih tinggi ketimbang anak-anak yang diasuh oleh full time mom di rumah. Nah, kira-kira agar anak tak lagi cemas masuk ke sekolah di hari pertama, butuh persiapan apa saja ya di rumah? Cek daftar berikut yuk…

Funifi-chores-kids-back-to-school-1-blBeri gambaran tentang lingkungan sekolah

Tak kenal maka tak sayang. Seperti itulah peribahasa yang bisa menggambarkan kondisi kejiwaan anak saat akan masuk ke sekolah di hari pertama. Lingkungan baru, teman sekolah baru, guru-guru yang tidak mereka kenal, semuanya tampak asing. Sebelum masuk ke sekolah, cobalah untuk menceritakan seperti apa lingkungan di sekolah. Ajak anak untuk berdiskusi tentang apa yang harus mereka lakukan dan beritahu bahwa mereka tak perlu cemas untuk datang ke sekolah karena Anda akan menemani mereka.

Ajak anak datang ke sekolah sebelumnya

Akan lebih bagus apabila Anda mengajak anak datang langsung untuk melihat-lihat gedung di sekolah baru. Hal ini akan mengenalkan mereka pada lingkungan baru. Mereka jadi lebih nyaman untuk datang ke sekolah. Setidaknya mereka sudah pernah datang ke sana sebelumnya, jadi tidak terlalu asing lagi untuk datang kedua kali.

school-stuffAjak berbelanja peralatan sekolah

Libatkan anak untuk menyiapkan peralatan sekolah. Hal ini akan membuat mereka lebih antusias dan bersemangat untuk memakainya di hari pertama sekolah. Sepatu, seragam, buku, tas, peralatan tulis semuanya masih baru. Anak-anak pasti sangat menyukai peralatan yang baru saja dibeli dan tak sabar untuk segera memakainya di sekolah.

Kenalkan pada guru

Bahkan akan lebih baik lagi jika Anda mengenalkan anak pada guru barunya. Jika Anda juga tidak mengenal gurunya, tak masalah untuk berkunjung ke rumah guru agar anak tidak terlalu asing dengan pembimbing di sekolah baru. Lambat laun anak akan terbiasa dengan lingkungan sekolahnya dan kecemasan akan hilang dengan sendirinya. Semoga artikelnya berguna untuk Anda dan si kecil ya. (terasluar-detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.