Mengapa Gadget Membuat Anak Susah Tidur Nyenyak? Begini penjelasannya

0

Di era modern dan serba digital ini tak sedikit orang tua yang membebaskan anaknya untuk bermain gadget. Dengan banyaknya gadget canggih, dijadikannya alat hiburan untuk sang anak bermain. Tentu ada manfaat positif dan negatif membekali sang anak dengan gadget yang katanya kekinian. Manfaat positifnya, anak bisa mengetahui perkembangan terkini dan langsung bisa mempelajari secara langsung dari layar gadget. Namun, ternyata hal negatifnya adalah sang anak menjadi susah untuk tidur. Secara tidak langsung, bermain gadget dapat mengganggu kualitas tidur si anak sendiri.
Menurut penelitian, penggunaan gadget, entah itu ponsel pintar atau tablet yang dilakukan sesaat sebelum tidur dapat mengakibatkan waktu tidur di malam hari menjadi terganggu. Selain itu, rasa kantuk juga akan melanda keesokan harinya dikarenakan sang anak bermain gadget sampai larut malam.

Jauhkan Gadget Sebelum Waktu Tidur

Rupanya anak-anak yang bermain ponsel ketika malam hari, apalagi sesaat sebelum waktu tidur memiliki potensi beristirahat kurang dari waktu normal sembilan jam. Sedangkan bagi anak-anak yang tidak bermain ponsel saat malam hari, ia memiliki kecenderungan untuk dapat tidur nyenyak dan beristirahat dalam waktu yang normal. Oleh karena itu, anak yang bermain ponsel pada malam hari memiliki risiko yang lebih besar untuk mengantuk keesokan harinya.

Jangan biasakan menaruh gadget di tempat tidur dan lokasi yang sangat dekat dengan kasur, apalagi dekat kasur sang ajak. Karena tidur si anak akan menjadi terganggu walaupun posisi ponsel dalam keadaan mati dan tidak menyala. Dan ternyata tingkat gangguan yang akan dialami adalah sama seperti ketika ponsel sedang dimainkan. Anda tentu tidak mau kan sang anak tidur dengan perasaan resah dan mengganggu kualitas tidurnya?

Banyak dari peneliti yang mengungkapkan bahwa sifat media sosial dan pesan instan melalui aplikasi chat yang “always on” membuat anak-anak akan terus-menerus dirangsang oleh gadget mereka, meskipun ketika anak-anak sedang tidak memegangnya. Sang anak menjadi ketergantungan dan tidak bisa berada jauh-jauh dari gadgetnya.

Karena tidur adalah hal yang penting bagi manusia dan perkembangan si anak. Kurang tidur akan memberikan dampak negatif bagi pertumbuhannya. Semakin populer-nya gadget yang digunakan oleh anak-anak sebagai alat bantu sekolah pengganti buku pelajaran, masalah gangguan tidur pada anak-anak bisa menjadi semakin memburuk. Maka dari itu, orang tua harus tetap mengontrol dan mendampingi anak ketika sedang bermain gadget. Lebih baik lagi jika orang tua memberikan batas waktu penggunaan gadget setiap harinya.

Radiasi Layar Gadget dan Pengaruhnya

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa tujuh di antara 10 anak mempunyai satu gadget. Kebanyakan dari mereka menggunakannya di dekat tempat tidur, hingga sambil tiduran. Salah seorang lmuwan mengatakan, layar gadget bisa berdampak negatif terhadap tidur anak-anak dengan berbagai cara, misalnya menunda waktu tidur; merangsang kinerja otak, dan memengaruhi siklus tidur.

Gangguan tidur yang dialami pada masa anak-anak akan memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan mereka, misalnya pola makan yang buruk, kegemukan, penggunaan obat penenang, penurunan kekebalan tubuh, hingga pertumbuhan badan yang terhambat.

Sedangkan cahaya yang dikeluarkan oleh layar gadget bisa memengaruhi ritme sirkadian, yaitu jam internal yang ada di dalam tubuh yang berfungsi mengatur proses biologis tubuh manusia, misalnya suhu tubuh dan pelepasan hormon. Salah satu hormon itu, melatonin, yang mengatur ritme sirkadian tubuh.

Dampak Negatif Gadget Lainnya

Selain jam tidur yang terganggu, ketika anak bermain gadget, mereka cenderung tidak akan banyak bergerak. Penggunaan teknologi dapat membatasi gerak fisik, sehingga menghambat pertumbuhan. Ada pun anak-anak yang bermain gadget di kamar mereka cenderung akan lebih mudah terkena risiko kegemukan. Padahal 30 persen anak-anak yang mengalami obesitas akan lebih mudah berpotensi terkena diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Sebagai orang tua tentu ingin mendapatkan yang terbaik untuk sang anak bukan? Oleh karena itu, awasilah perkembangannya dalam bermain gadget. Bukan berarti harus melarang, tapi pergunakanlah gadget dengan bijaksana.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.