Mengatasi Jerawat Pada Laki-Laki

0

Jerawat merupakan hal yang menjengkelkan. Jerawat bisa terjadi pada remaja dan dewasa. Banyak hal yang memungkinkan mengapa jerawat bisa muncul di wajah kita. Jerawat sendiri bisa muncul di wajah karena banyak hal, seperti: udara kotor, makanan yang berlemak, debu akibat polusi udara, faktor keturunan, hingga stress.
Jerawat tidak hanya menimpa perempuan saja, pria juga kerap mengalami jerawat. Ada banyak faktor, misalnya berkulit tebal, hal itu lah yang membuatnya rentan terkena jerawat.

Berbeda jenis kulit, pasti berbeda pula cara penanganannya. Untuk mengatasi jerawat, jangan pernah sekalipun untuk memencetnya. Walau terkadang tangan kamu gatal ingin memencetkan, usahakan agar tidak ada sentuhan tangan untuk memencet jerawat-mu itu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan beberapa cara berikut ini untuk membuat kulitmu bersih dan tampak lebih sehat.

1. Mencukur Bulu Rambut di Sekitar Wajah

Rambut yang menutupi wajah biasanya menjadi salah satu faktor tumbuhnya jerawat di kulit wajahmu. Namun, untuk mencukur bulu biasanya hal yang paling malas dilakukan oleh kaum laki-laki.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan:

Pertama-tama, cucilah wajah dengan air hangat dan sabun pencuci muka yang cocok dengan jenis kulitmu. Gunakan krim pencukur yang mengandung minyak tea tree untuk membantu meredakan peradangan agar tidak perih dan sakit sehabis mencukur.

mencukur-rambutCukurlah sesuai dengan arah tumbuhnya bulu untuk menghindari iritasi.

Setelah selesai, bersihkanlah krim pencukur yang mungkin masih tersisa. Jika kurang bersih bukan tak mungkin akan menjadi penyebab jerawat lainnya untuk tumbuh.
Jagalah selalu kebersihan kulit wajah dengan rajin bercukur. Jika jerawat cukup banyak dan berukuran besar, bercukurlah dengan sangat hati-hati dan tidak mencukurnya terlalu dekat dengan kulit. Tetap lakukan senyaman mungkin.

2. Membersihkan Wajah

man-face-wash Membersihkan kulit wajah termasuk salah satu perawatan mendasar yang harus dilakukan. Menjaga kebersihan juga sebagian dari iman. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, wajib untuk selalu membersihkan wajah. Karena jerawat bisa datang kapan saja
Gunakanlah produk pembersih yang mengandung benzoil peroksida yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan. Ada juga asam salisilat yang dapat membersihkan pori-pori secara menyeluruh.

3. Memakai Pelembap

skin-careBeberapa produk anti jerawat biasanya dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering dari biasanya. Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan pelembap sendiri.
Memilih pelembap pun tidak boleh sembarangan. Pakailah yang berlabel “oil-free”, “noncomedogenic”, “nonacnegenic” yang nantinya dapat membantu mencegah timbulnya komedo dan jerawat lain yang lebih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih pelembap yang anti alergi dan tidak mengandung wewangian.

4. Jaga Kebersihan Badan

Kata siapa jerawat hanya bisa tumbuh di bagian wajah saja? Jerawat juga bisa timbul di bagian punggung, dada, lengan, hingga ujung kaki.
Karena itu, untuk mengatasi jerawat yang mungkin akan timbul di tempat-tempat seperti itu, kamu bisa mengkonsumsi obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk mencegahnya atau saat nanti mengalaminya.

Tumbuhnya jerawat yang membandel di wajah memang menjadi hal yang tidak mengenakan. Apalagi kamu yang memiliki wajah mulus, pasti tingkat kepercayaan dirimu akan berkurang karena munculnya jerawat. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan wajahmu, jangan malas untuk mencuci muka, dan melakukan tips-tips lainnya supaya mukamu tetap kinclong dan bersih.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.