Mengatasi Kebotakan Rambut

0

Rambut merupakan satu kesatuan dengan kulit dan kuku, hal ini disebabkan kesamaan dari unsur pembentuknya, yaitu zat kerotin. Kondisi rambut merupakan indikator kesehatan bagi pemiliknya, disebabkan karena sel akar rambut merupakan sel yang paling sensitif. Sehingga jika ada gangguan pada sel, rambut langsung mengalami kerontokan. Hal seperti kekurangan nutrisi ataupun kekurangan vitamin merupakan sebagian dari gangguan pada sel tubuh.

Bila Anda memiliki tubuh yang sehat, hal tersebut dapat merupakan salah satu jaminan rambut anda menjadi sehat. Daya dukung nutrisi makanan tentunya sangat dibutuhkan sel akar rambut. Pemberian nutrisi yang sesuai untuk tubuh akan menjadi sarana mengatasi kebotakan rambut.

Seperti diketahui, vitamin dan zat yang dibutuhkan rambut seperti vitamin A,vitamin C,vitamin E,ioudium ,zinc,tembaga dan zat besi, banyak terdapat pada makanan sehari-hari. Makanan yang sehat memang tidak dapat menghentikan 100% kerontokan rambut, tetapi paling tidak, bisa menahan proses kerontokan tersebut.

Untuk mengatasi kebotakan rambut, inilah zat serta vitamin yang dibutuhkan, serta jenis konsumsi makanan untuk mendapatkan zat dan vitamin tersebut.

mengatasi kebotakan rambut protein zat besi

Protein

Rambut merupakan lapisan protein, oleh karena itulah aneka protein penting untuk kesehatan rambut. Selain itu, protein berguna juga sebagai penguat helai rambut. Rambut rontok merupakan ciri pokok kekurangan protein pada tubuh.
Dimana Mendapat Asupan Protein
Roti gandum, ikan, susu kedelai, keju rendah lemak adalah beberapa sumber protein yang baik. Telur juga bisa Anda tambahkan dalam jumlah terbatas untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Zat Tembaga

Zat tembaga cukup efektif mengatasi kerontokan rambut. Selain itu, zat tembaga juga diperlukan sebagai pigmen rambut agar berwarna alami.
Dimana Mendapat Asupan Zat Tembaga
Makanan dari kacang-kacangan, sayuran segar, daging serta aneka jenis kerang laut/sungai konsumsi.

Zat Besi

Zat besi yang terkandung dalam darah memiliki dampak langsung terhadap kerontokan rambut. Defisiensi zat besi membuat rambut mudah rontok selain itu juga membuat badan anda menjadi lemas. Helai rambut yang sehat juga dipengaruhi jumlah zat besi yang sesuai ditubuh.
Dimana Mendapat Asupan Zat Besi
Zat besi didapat dari makanan dari sereal, daging, telur atau kacang polong atau kacang kedelai serta aneka ikan.

mengatasi kebotakan rambut vitamin b vit c

Zat Seng (Zinc)

Zat seng berguna untuk mencegah kerontokan rambut dan menjaga agar rambut tidak kering.
Dimana Mendapat Asupan Zat Seng (Zinc)
Aneka kerang konsumsi, kepiting, daging sapi atau kambing, kacang tanah atau kedelai merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung zat seng.

Vitamin B

Vitamin B berfungsi sebagai penjaga elastisitas rambut. Selain itu juga berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dalam pertumbuhan rambut.
Dimana Mendapat Asupan Vitamin B
Untuk vitamin B-6, Anda bisa dapatkan pada jenis makanan sereal gandum, kentang, pisang, daging tanpa lemak serta ikan salmon. Sementara untuk vitamin B-12, bisa didapat pada aneka seafood, ikan air tawar, keju dan susu kedelai.

Vitamin C

Kegunaan vitamin C adalah untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, meremajakan sel serta sebagai antioksidan. Selain itu juga berperan dalam memperlancar sirkulasi darah dalam pertumbuhan rambut.
Dimana Mendapat Asupan Vitamin C
Vitamin C sangat umum terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, jambu, strawberi atau anggur. Penggemar masakan pedas juga diuntungkan karena cabai juga salah satu sayuran yang tinggi kadar vitamin C.

Menjaga kesehatan dengan cara diet seimbang dan olahraga teratur, tentu saja baik untuk menjaga kesehatan rambut ataupun mengatasi kebotakan rambut yang mungkin terjadi. Selain itu, makan makanan bergizi juga dapat menghindarkan Anda dari serangan flu (Baca: Aneka Makanan Pencegah Flu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.