Mengisi Waktu Senggang Tanpa Main Handphone

0

Untuk kamu yang masih sekolah atau sudah bekerja, akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk bersantai di rumah, apalagi saat akhir bulan. Ingin liburan, tapi penghasilan bulan lalu sudah tiba-tiba amblas atau memang kamu belum berpenghasilan. Akhirnya, kamu hanya bisa tidur-tiduran di kasur sambil scroll instagram.

Padahal, selain boros kuota, instagram dapat membuat liburanmu terasa semakin sengsara karena sementara kamu tidak melakukan apa-apa, teman-teman kamu sedang minum es kelapa muda di Bali atau sedang minum kopi sambil menunggu waktu keberangkatan guna pergi ke Australia.

Eits, tapi nggak perlu pergi jauh-jauh untuk berlibur, kamu juga bisa kok menghasbiskan akhir pekan atau waktu senggang kamu tanpa biaya yang banyak dan pastinya bukan hanya seharian bermain handphone. Apa saja? Yuk simak!

1. Berkumpul bersama keluarga

Jika kamu tinggal bersama keluarga, waktu senggang ini bisa kamu manfaatkan untuk berkumpul dengan mereka sambil bercengkerama. Hal yang kamu anggap biasa ini, sebenarnya wajib kamu syukuri karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama dengan yang kamu punya.

Di saat ini pula, kamu bisa mengasah kemampuan untuk memasak masakan yang menjadi favorit di keluarga. Belajar dari resep andalan mama ataupun mencoba resep baru yang bisa kamu temukan di youtube sebelumnya.

2. Membaca

Jika selama ini kamu kerap membeli buku namun belum sempat kamu baca karena terlalu sibuk, inilah saat yang tepat untuk kamu membacanya. Selain bisa menghindarkan kamu dari kebosanan karena pikiran kamu bisa kemana-mana tanpa beranjak saat membaca buku fiksi, kamu juga memiliki pilihan berupa buku non-fiksi yang dapat menambah pengetahuan kamu.

Karena memiliki alur yang cenderung berbeda dengan buku fiksi, untuk yang satu ini, tentu kamu harus memilih topik yang kamu suka dan sering membuat penasaran agar tidak bosan di tengah jalan.

3. Menulis

Selain untuk mengisi waktu senggang, menulis juga ampuh untuk melepaskan rasa stres kamu lho. Jika kamu ingin berkeluh kesah tanpa dibaca orang lain, menulis adalah alternatif yang dapat kamu lakukan. Kegiatan ini juga akan lebih bermanfaat jika dilakukan secara manual lho.

Dikutip dari hellosehat.com ternyata menulis tangan dapat mengasah kemampuan motorik hasil dari gerakan singular seluruh tubuh yang unik. Nah, jangan lupa siapkan kopi juga ya agar inspirasi lebih mengalir.

4. Menggambar

Hanya memerlukan kertas, pensil, dan penghapus, kegiatan ini akan terasa menyenangkan bahkan jika kamu sebenarnya tidak terlalu berbakat. Tuangkan imajinasi yang selama ini terperangkap di hari-hari sibuk ke dalam karya seni yang akhirnya bisa kamu nikmati.

Kamu juga bisa berjalan ke taman terdekat untuk mengamati sekitar dan mengonversikannya ke dalam kertas yang sudah kamu bawa.

5. Mengisi TTS

Bukan hanya Dilan saja yang boleh mengisi teka teki silang. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang satu ini untuk mengisi waktu luang kamu tanpa membuka telepon genggam.

Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menemukannya di penjual koran. Selain berguna untuk menyelamatkan kamu dari kebosanan, mengisi teka teki silang juga bermanfaat dalam mengasah pengetahuan kamu terutama dalam bahasa.

6. Berolah raga

Kesibukan sering membuat kita lupa berolah raga. Pada saat inilah, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk berolah raga. Mulai dari latihan untuk menjaga bentuk tubuh yang bisa dilakukan di rumah hingga pergi berenang. Badan kembali bugar, kantong tetap aman.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.