Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone

0

Kebanyakan smartphone saat ini memiliki layar resolusi tinggi, prosesor yang kuat, banyak memori untuk melakukan tugas secara bersama (multitask) dan digunakan untuk menangani tugas-tugas yang sangat kompleks. Tugas ini mengkonsumsi banyak daya karena penggunaan yang intensif, sehingga kebanyakan orang harus bergantung pada power bank untuk cadangan baterai.
Dewasa ini, smartphone dilengkapi dengan baterai lithium-ion dan lithium-polymer yang dapat diisi ulang dengan cepat, namun disisi lain, jenis baterai ini tidak memiliki jaminan umur panjang. Pada akhirnya, pengguna sering mengganti baterai atau bahkan perangkat itu sendiri.
Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone dan lama penggunaan dari baterai.

Jangan Gunakan Smartphone pada Area Suhu Tinggi

meningkatkan daya tahan baterai smartphone hindari area panasMenggunakan smartphone pada suhu tinggi akan meningkatkan beban kerja baterai. Menurut penelitian, faktor proses pengisian ulang, suhu tinggi dan usia akan menurunkan kinerja baterai dari waktu ke waktu. Menjaga perangkat dalam lingkungan yang dingin akan meningkatkan siklus hidup baterai. Selain itu, hindari paparan debu untuk menjaga ventilasi tidak tersumbat. Ventilasi yang baik akan menjaga smartphone anda tetap dingin, sehingga dapat meningkatkan daya tahan baterai smartphone anda.

Matikan Pelacakan Lokasi

meningkatkan daya tahan baterai smartphone matikan pencarian lokasiAplikasi seperti Facebook dan Instagram akan menguras baterai smartphone karena terus melacak lokasi pengguna menggunakan GPS. Matikan pelacakan lokasi untuk aplikasi yang dirasa tidak memerlukan pelacakan.
Untuk sebagian besar perangkat Android, masuk ke Settings > Location, kemudian geser tombol kearah Off untuk menonaktifkan lokasi pelacakan seluruhnya. Fungsi untuk mengatur hak akses lokasi tingkat aplikasi hanya dapat ditemui pada Android v.6.0 (Marshmallow).
Pada iOS 9, masuk ke Settings > Privacy > Location Services dan mematikan pada aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Turunkan Kecerahan Layar

meningkatkan daya tahan baterai smartphone turunkan kecerahan layarPada sebagian besar perangkat smartphone, pengaturan kecerahan layar (brightness) sngat mudah diakses. Anda juga dapat menerapkan trik peredupan layar melalui aplikasi pihak ketiga seperti Lux, yang menempatkan sebuah grafis buram untuk mengurangi kecerahan warna layar.
Namun demikian, software penghemat daya pada smartphone hanya efektif pada layar OLED, sementara pada layar LCD, cara menghemat daya adalah dengan menurunkan kecerahan layar.
Mengurangi lama waktu tampilan saat smartphone tidak digunakan, juga merupakan salah satu trik meningkatkan daya tahan baterai smartphone

Pengisian Ulang Sebagian Kapasitas (Partial Charging)

meningkatkan daya tahan baterai smartphone partial chargeAlih-alih menghabiskan kapasitas baterai dari 100% turun sampai nol, menjaga penggunaan baterai pada batas 70% kapasitasnya, dapat meningkatkan jumlah siklus pengisian ulang sampai dua kali lipat.
Mulailah isi ulang baterai smartphone anda pada kapasitas baterai 30% dan berhentilah mengisi ulang baterai pada saat kapasitas mencapai 70%. Trik ini akan meningkatkan daya tahan baterai smartphone dari sisi umur baterai. Tentu saja, trik ini berguna saat dalam kondisi di dalam ruang. Untuk penggunaan luar ruang, dimana tidak selalu tersedia colokan listrik, selalu isi ulang baterai smartphone anda dalam kondisi penuh.

Gunakan Mode Rendah Daya

meningkatkan daya tahan baterai smartphone mode rendah dayaDalam hal ini,tidak semua ponsel Android di lengkapi dengan mode penghemat baterai, tetapi jika Anda menggunakan Android 5.0 atau yang lebih baru,fitur ini biasanya sudah tersedia. Fitur ini secara otomatis akan hidup di saat kapasitas baterai mencapai 15% dan secara otomatis pula menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang, pelacakan lokasi dan aktivitas lain yang melakukan sinkronisasi via internet, untuk menghemat baterai.
Dengan Android 6.0 (Marshmallow), terdapat fitur baru yang disebut Doze, dimana akan membuat smartphone dalam mode deep-sleep ketika tak terpakai untuk waktu yang lama.
Dengan iOS 9, iPhone memiliki mode rendah daya yang mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, mematikan efek visual dan menutup download otomatis. Untuk mengaktifkan fitur ini, masuk ke menu Settings > Battery.

Lakukan Pembaruan Aplikasi Sewaktu Isi Ulang Baterai

meningkatkan daya tahan baterai smartphone update seawaktu isi ulangSetiap penggunaan prosesor atau terkoneksi internet secara intensif, smartphone cenderung mengkonsumsi banyak daya prosesor. Untuk alasan ini, waktu yang tepat untuk melalukan pembaruan aplikasi adalah terkoneksi melalui Wi-Fi, atau ketika baterai sedang di isi ulang. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan daya tahan baterai smartphone.

Gunakan Aplikasi Tanpa Iklan (Berbayar ataupun Gratis)

meningkatkan daya tahan baterai smartphone aplikasi tanpa iklanSuatu penelitian menyebutkan bahwa aplikasi dalam smartphone yang di dalamnya terdapat iklan, akan mengurangi masa pakai baterai rata-rata antara dua sampai tiga jam. Logikanya adalah, kode program dari iklan akan menggunakan sumber daya dari prosesor dan secara kontinu akan mengambil data dari internet. Hal ini tentu saja akan menghabiskan kapasitas baterai. Oleh karena itu, pemilihan aplikasi tanpa iklan akan secara sistematis meningkatkan daya tahan baterai smartphone.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.