Minder karena Bau Mulut, Yuk Atasi dengan Cara Ini!

0

Mulut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk berkomunikasi dalam sehari-hari. Tanpa mulut, seseorang tidak akan tahu mengenai keinginan dari setiap individu. Mulut sendiri mempunyai banyak kelebihan dengan adanya gigi yang dapat merasakan berbagai aneka rasa bahkan merobek ataupun mengunyah makanan hingga hancur. Gigi dan mulut nyatanya diperlukan sebuah perawatan agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkan bau mulut, berikut ini ulasannya.

1. Sikat Gigi Secara Rutin

Salah satu hal yang wajib dilakukan untuk menghindari bau mulut yaitu menggosok gigi secara rutin. Menggosok gigi sendiri harus dilakukan pada saat setelah makan, bangun pagi dan sebelum tidur. Bila tidak menggosok gigi maka kuman yang ditinggalkan oleh makanan akan terus menumpuk pada gigi yang mana akan menyebabkan bau yang tidak sedap bahkan berujung membuat gigi menjadi berlubang. Tentu saja hal ini akan membuat gigi kita tidak menjadi nyaman bahkan membuat gigi menjadi sakit. Selain itu pula, pastikan bila kita menggosok gigi dengan benar agar kotoran menghilang dari gigi.

2. Obat Kumur

Image : bukalapak.com

Sekarang ini marak sekali dengan beredar beraneka jenis obat kumur. Obat kumur diperlukan untuk membuat nyakin bahwa gigi sudah tergosok dengan bersih. Obat kumur sudah menjadi konsumsi yang wajib digunakan setelah mencuci gigi. Obat kumur sangat berguna untuk membantu menghilangkan kotoran-kotoran yang ada pada gigi. Bila kamu baru pertama kali menggunakan obat kumur tentu saja hal ini akan terasa aneh pada mulut. Namun seterusnya obat kumur akan menjadi hal yang biasa untuk kamu gunakan setiap harinya.

3. Air Garam

Image : brilio.net

Air garam adalah barang wajib yang harus dipunya di dalam dapur. Air garam digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari untuk penambah rasa makanan, kecantikan bahkan untuk pengobatan. Salah satunya untuk menghilangkan bau mulut.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan air hangat
  • Lalu siapkan 1 sendok garam
  • Campurkan garam dan air hangat
  • Lalu berkumur

4. Menghindari Merokok

Merokok sendiri sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat kita. Merokok menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihilangkan. Namun sayangnya, merokok adalah salah satu penyebab bau mulut. Seseorang yang merokok pastinya memiliki bau khas yang sangat menyengat pada mulutnya bahkan tidak sedap. Tentu saja hal ini akan membuat sebal untuk orang yang diajak berbicara. Maka dari itu bila kamu ingin mempunyai bau mulut yang wangi, hindari merokok. Bila perlu stop merokok secara dini. Selain mulut menjadi wangi, tentu saja hal ini membuat sehat badan.

5. Memakan Permen Karet

Image : hellosehat.com

Permen karet mempunyai bau khas yang sangat wangi, serta  rasanya yang sangat  manis. Permen karet sendiri dipercaya dapat menghilangkan bau mulut khususnya wanginya yang sangat harum saat mengunyah. Permen karet dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada gigi. Oleh karena itu, persiapkan selalu permen karet di dalam tasmu bila merasa bau mulut. Konsumsilah permen karet setiap hari agar terhindar dari bau mulut.

6. Benang Gigi

Image : beritagar.id

Menggosok gigi bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Namun sayangnya saat kita menggosok gigi nyatanya tidak semua kotoran dapat terjangkau secara keseluruhan. Oleh karena itulah, benang gigi sangat diperlukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Hal inilah dapat mengurangi bau mulut. Bila perlu, siapkan benang gigi di dalam tas bila merasa kotoran menyangkut pada sela-sela gigi setelah makan.

7. Menambal Gigi Berlubang

Gigi berlubang disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah jarangnya menggosok gigi. Di samping itu, gigi yang berlubang menimbulkan berbagai penyakit bahkan menjadi sarangnya tempat kuman untuk berkembang biak. Dari sinilah penyebab bau mulut itu muncul. Untuk mengobatinya maka diperlukan penambalan gigi.

8. Daun Sirih

Daun sirih biasanya digunakan oleh orang tua khususnya kakek dan nenek sebagai kunyahan karena dipercaya dapat membuat gigi menjadi sehat dan kuat. Daun sirih telah dipercaya dalam dunia kesehatan karena khasiatnya yang sudah terbukti.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan 10 lembar daun sirih
  • Lalu rebus daun sirih
  • Gunakan air daun sirih dengan berkumur
  • Gunakan 2x sehari

9. Menghindari Minuman Alkohol

Bila kita berada di sekitar orang yang meminum alkohol pastinya bau yang dihasilkan akan memiliki bau yang khas. Selain itu, alkohol sendiri tidak baik dikonsumsi karena efeknya yang dapat membuat seseorang menjadi mabuk. Untuk itu, agar menghindari bau mulut ada baiknya bila kita menjauhi alkohol.

10. Ketumbar

Image : masterchef-cook.blogspot.co.i

Ketumbar yang menjadi langganan bagi ibu-ibu di dapur ini ternyata memiliki banyak manfaat. Selain sebagai perasa masakan, ketumbar juga sering digunakan dalam dunia kesehatan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Salah satunya adalah menghilangkan bau mulut.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan 1 sendok ketumbar dan 1 potong jahe
  • Haluskan ketumbar dan kupas jahe
  • Rebus ketumbar dan jahe
  • Saring ketumbar dan jahe
  • Diminum

11. Mengobati Sariawan

Sariawan biasanya terjadi pada semua orang. Penyakit sariawan disebabkan karena kebersihan mulut yang tidak bersih. Di samping itu, sariawan membuat kita tidak selera untuk makan. Sariawan sendiri dapat hilang dengan cepat bahkan ada yang hinggap selama sebulan. Sariawan itu sendiri membuat bau mulut. Oleh karena itu hal yang pertama dilakukan adalah menyembuhkan sariawan agar kuman tidak menyebabkan bau mulut.

12. Teh Hijau

Image : depokpos.com

Teh hijau adalah favorit bagi kaum wanita khususnya dalam menghilangkan lemak pada tubuh. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat membunuh kuman pada mulut. Sekarang itu, teh hijau sudah dikategorikan sebagai minuman yang wajib untuk diminum khususnya untuk membuat tenang otak. Oleh karena itu, minumlah setiap hari teh hijau.

13. Lemon

lemon-dan-khasiatnyaLemon memiliki bahan antibakteri yang dapat membunuh kuman apalagi lemon telah dipercaya untuk berbagai pengobatan. Lemon memiliki kandungan zat asam sehingga diperlukan tambahan seperti gula agar rasa yang dihasilkan menjadi manis.

Cara Penggunaan :

  • Siapkan 1 buah lemon
  • Peras airnya
  • Diminum

14. Apel

Buah yang berwarna merah ini sangat disukai bagi setiap orang. Selain karena rasanya yang sangat enak, apel memiliki kandungan enzim. Bahkan aroma dari apel itu sendiri memiliki bau yang khas. Namun sayangnya apel sendiri bisa dibilang tergolong buah yang sangat mahal. Maka tak heran bila apel jarang dikonsumsi setiap hari. Tetapi, bila apel dikonsumsi setiap hari tentu saja hal ini akan membuat mulut menjadi wangi.

15. Minum Air Putih

Setiap manusia pastinya membutuhkan air untuk bertahan hidup. Air dibutuhkan untuk menopang kinerja tubuh. Bila tubuh tidak mendapatkan banyak air maka tubuh akan merasa tidak enak bahkan sakit. Minum air sendiri juga berpengaruh pada kesehatan mulut. Minumlah air sebanyak 1 liter agar kesehatan mulut terjaga dan terhindar dari bau mulut. Selain tubuh menjadi sehat dan wangi, hal ini juga akan mempengaruhi proses kerja tubuh menjadi lebih baik dan melawan penyakit.

16. Konsultasi Ke Dokter

Bila kita sudah berusaha di rumah untuk menghilangkan bau mulut namun bau tidak kunjung hilang maka salah satu jalan terakhir adalah ke dokter. Dokter sendiri akan memeriksa kesehatan gigi dan mulut untuk melakukan tindak lanjut. Bila perlu, lakukan pemeriksaan ke dokter selama 6 bulan sekali. Hal ini guna untuk mencegah gigi berlubang ataupun penyakit yang ditimbulkan oleh gigi itu sendiri.

Merawat gigi itu sendiri tentu saja bukan perkala yang mudah. Bila gigi tidak digosok selama sehari saja pastinya hal ini merupakan petaka bagi kita sendiri. Bahkan membuat gigi kita mendapatkan penyakit. Ketika gigi sakit tentu saja hal ini menganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan gigi setiap hari guna menghilangkan bau mulut. Disaat aroma mulut menjadi wangi tentu saja hal ini membuat diri kita menjadi tenang. Disatu sisi membuat pede kita menjadi 100 persen. Jadi, masih mau minder karena bau mulut ?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.