Pekerjaan Sampingan untuk Kamu yang Masih Kuliah

0

Menjadi anak kuliah terkesan lebih santai karena jam yang tidak sepadat saat masih sekolah dulu. Meskipun demikian, tugas-tugas yang diberikan tentu jumlahnya berkali-kali lipat dibanding ketika masih SMA. Untuk sebagian mahasiswa mengerjakan sesuatu disamping kegiatan kuliah menjadi sebuah tantangan sekaligus keharusan. Tidak ingin menyia-nyiakan waktu saat masih kuliah, atau karena memang karena himpitan ekonomi membuat mahasiswa lebih memilih mengerjakan pekerjaan sampingan.  Untuk kamu yang ingin bekerja part time, namun bingung pekerjaan apa saja yang bisa diambil dan mana yang cocok untuk kamu, yuk simak beberapa pertimbangan  di bawah ini!

1. Part-time Waiter

Pekerjaan apa saja bisa kamu ambil sekarang ini asal tidak gengsi. Salah satu pekerjaan sampingan yang populer di kalangan mahasiswa adalah menjadi waiter. Dengan  sistem pekerjaan yang biasanya dibagi ke dalam beberapa shift, kamu bisa memilih waktu yang cocok tanpa harus mengorbankan kuliah. Pilih lokasi yang dekat dengan kampus apabila kamu tidak membawa kendaraan pribadi. Sebenarnya jika membawa kendaraan pribadi pun, ini akan mengehemat pengeluaran kamu untuk membeli bensin.

2. Guru Les

Sebagai seorang akademisi, tidak ada salahnya jika kamu ingin membagi ilmu yang kamu punya ditambah kamu juga bisa mendapatkan  penghasilan dari sana. Jika kamu berpikir harus kuliah di jurusan pendidikan agar bisa menjadi seorang guru, buang jauh-jauh pemikiran ini. Asal kamu memiliki pengetahuan yang mumpuni, dari jurusan apa saja kamu bisa mengambil pekerjaan sampingan ini. Ada beberapa lembaga yang merekrut guru les sampingan terutama yang masih kuliah. Jika tidak ingin bersusah-susah mencari murid, lembaga ini akan membantu mencarikannya untukmu. Akan tetapi, biasanya ada potongan setiap kamu menerima pembayaran untuk lembaga ini. Jika kamu ingin menerima penghasilan secara penuh, lebih baik kamu mencari link atau channel sendiri untuk mencari murid. Pertimbangkan juga jarak antara rumah atau kos ke rumah anak yang akan bimbingan. Jika jaraknya terlalu jauh, kalian bisa memutuskan untuk bertemu dan belajar di suatu tempat yang nyaman.

3. Penulis atau Wartawan Lepas

Mempunyai hobi menulis tapi hanya berhenti di catatan saja? Mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan untuk ‘menjual’ tulisan-tulisan tersebut. Selain mendapatkan penghasilan tentu berbagi menjadi kepuasan tersendiri yang akan kamu dapatkan. Dimulai dari membuat blog, mengirim tulisan-tulisan ke sana dan membaginya ke sosial media akan menjadi permulaan yang bagus. Jika kamu cukup percaya diri, kamu bisa mencoba mendaftar menjadi penulis lepas di berbagai platform. Menjadi wartawan lepas juga pilihan yang lain jika kamu lebih suka menulis dari hasil liputan. Dengan keuntungan seperti bertemu orang-orang penting untuk diwawancarai, pekerjaan sampingan ini layak kamu pertimbangkan.

4. Menjadi Pembawa Acara

Jika kamu merasa memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dan public speaking yang bagus, pekerjaan ini wajib masuk ke daftar pekerjaan sampingan yang harus dicoba. Dimulai dari acara kecil di kegiatan kampus, jika link yang dimiliki sudah banyak dan seiring terasahnya kemampuan berbicara, panggung besar pun dapat kamu nikmati. Keuntungan yang lain adalah kamu dapat bertemu dengan bintang tamu-bintang tamu di acara-acara yang kamu bawakan. Siapa tau bisa ketularan rejeki dan menjadi dikenal. Tapi ingat, jika ingin selalu dipakai tentu kamu harus memiliki ciri khas dan membawakan acara dengan tidak membosankan.

Mengingat tugas-tugas kuliah yang tidak boleh lupa dikerjakan, beberapa pekerjaan di atas tidak akan menjadi beban jika yang dikerjakan adalah sesuatu yang disenangi. Akan tetapi jika terpaksa melakukan sesuatu yang tidak begitu disenangi, cobalah untuk ikhlas karena pasti apa yang sudah dikerjakan pasti pengalaman dan kenalan juga akan bertambah. Daripada menjadi mahasiswa yang kuliah-pulang-kuliah-pulang, ‘kan?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.