Pengaruh Pola Asuh yang Buruk Bagi Pergaulan Anak

0

Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua di rumah akan memiliki dampak pada tingkah dan polah sang anak ketika berada di luar rumah. Jika para orang tua menerapkan pola asuh yang baik, sang anak juga akan bersikap baik. Begitupun sebaliknya, apabila orang tua menerapkan pola asuh yang buruk saat di rumah, perkembangan sang anak juga tidak akan jauh dari pola orang tuanya. Oleh karena itu, mari kita mengenal sikap-sikap orang tua yang kurang baik ini, dan tidak menerapkannya dalam mendidik buah hati kita.

1. Terlalu Memanjakan Anak

memanjakan-anakTipe orang tua seperti ini biasanya selalu memberikan yang diinginkan oleh sang anak. Terkadang, sebagai orang tua perlu memanjakan anak sesekali, agar ia merasa benar-benar dicintai. Namun, memanjakan anak secara berlebihan juga tidak baik, karena akan menimbulkan efek negatif bagi sang anak sendiri. Sang anak akan menjadi mudah ketergantungan kepada orang tuanya dalam berbagai situasi dan kondisi. Jika kebiasaan ini dibiarkan terlalu lama, nantinya akan bermasalah pada pergaulan si anak.

2. Terlalu Menguasai Anak

Orang tua yang memiliki sifat otoriter biasanya tidak mau mendengarkan anaknya ketika sedang mengobrol, berdiskusi, atau saat meminta sesuatu. Orang tua seperti ini kerap lebih suka mengatur dan merasa merekalah yang paling benar di antara anaknya sendiri. Karena itu, orang tua tersebut menginginkan sang anak untuk selalu menuruti apa yang diinginkan oleh orang tua. Anak ynag dididik oleh tipe orang tua seperti ini cenderung akan memiliki sifat yang pemberontak ketika berada di luar rumah, akan tetapi ketika berada di rumah, ia terlihat seperti anak yang penurut.

3. Terlalu Protektif

terlalu-protektif-terhadap-anak

Orang tua adalah pelindung nomor satu bagi anaknya. Namun, jangan jadi tipe orang tua yang terlalu melindungi sang anak, karena akan berdampak buruk bagi perkembangan kepribadiannya, contohnya: terlalu membatasi pergaulan, terlalu membatasi waktu bermain anak. Hal tersebut akan menyebabkan anak menjadi kurang percaya diri atau minder saat berada di luar rumah, karena terlalu banyak dibatasi dalam bergaul oleh orang tua. Sang anak cenderung akan menutup diri dari pergaulan, karena sudah dibiasakan seperti itu oleh orang tua. Sebagai orang tua yang baik, perlakukanlah anak sewajarnya, biarkan ia bebas bergaul dengan lingkungannya, awasilah dari jauh agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Terlalu Sibuk

Orang tua terkadang terlalu giat bekerja, sehingga waktunya sangat sibuk dan jarang berinteraksi dengan sang anak. Tidak jarang pula seorang anak memiliki kedua orang tua yang sama-sama bekerja. Jika orang tua terlalu sibuk bekerja, sang anak cenderung akan haus kasih sayang, karena tidak mendapatkan kasih sayang sepenuhnya dari orang tuanya. Dampaknya, sang anak akan mudah percaya dengan orang lain, mencari perhatian orang lain, juga bersikap kekanak-kanakan. Hal ini akan jadi sesuatu yang berbahaya ketika usianya mulai menginjak masa remaja kelak. Oleh karena itu, bagi waktu yang tepat antara pekerjaan dan keluarga, terlebih untuk tumbuh kembang sang anak agar selalu merasa dicintai oleh orang tuanya.

5. Terlalu Memberi Kebebasanterlalu -bebas-terhadap-anak

Sebagai orang tua terkadang perlu memberikan kebebasan kepada anak, karena hal ini bisa memacu anak untuk lebih memiliki kreasi dan kreatifitas. Tapi, jika orang tua terlalu cuek dan kurang perhatian juga akan memberikan efek negatif pada tumbuh kembang sang anak. Berikanlah kebebasan sewajarnya kepada sang anak, orang tua juga tetap perlu memperhatikan hal-hal kecil hingga besar yang tejadi kepada sang anak tersebut.

Tentunya ada sisi positif dan negatif akan pola dan perilaku yang diajarkan oleh orang tua di rumah bagi anaknya. Sebagai orang tua, tentu kita lah yang paling tahu dan mengerti bagaimana memperlakukan sang anak. Akan selalu ada banyak hal lainnya yang bisa kita terapkan kepada sang anak untuk menjadikannya pribadi yang mandiri, yang pintar bersosialisasi, serta penuh cinta.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.