7 Penyebab Susah Tidur Pada Bayi

0

Tak sedikit para orang tua yang mengalami kesulitan dalam menidurkan bayinya. Walau mereka telah melakukan berbagai macam cara untuk membuat si bayi lekas tidur. Mulai dari menggendong-nya, menyanyikan lagu anak-anak, hingga menyusui, akan tetapi si kecil tetap saja rewel dan enggan untuk memejamkan matanya. Hal ini tentu membuat para orang tua, khususnya Ibu menjadi cemas. Terlebih lagi sang Ibu juga membutuhkan waktu untuk beristirahat.

Bayi yang baru berumur 0-4 bulan membutuhkan waktu tidur yang panjang dan lama, yaitu dari 16-20 jam setiap harinya. Apabila bayi kurang tidur tentu akan merangsang perkembangan pada otak-nya. Waktu tidur yang cukup pada bayi akan berdampak pada pertumbuhan-nya nanti. Nah, jika bayi kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan-nya. Bayi bisa mudah sakit karena daya tahan tubuh-nya menjadi menurun akibat kurang tidur. Ini dia beberapa penyebab bayi menjadi susah tidur yang bisa orang tua ketahui:

Bayi Merasa Lapar

Lapar pada bayi adalah salah satu faktor yang menyebabkannya menjadi susah tidur, entah saat di siang hari atau pun malam hari. Oleh karena itu, cobalah untuk menyusuinya saat ia susah ditidurkan. Apabila bayi sudah mendapatkan MPASI, Anda juga bisa memberikannya makan terlebih dahulu agar ia tidak merasa lapar dan susah memejamkan matanya. Alangkah baiknya, memberikan makan pada bayi 1 – 2 jam sebelum waktu tidur.

Popok Basah dan Kotor

Tak jarang ada orang tua yang lupa untuk mengecek popok bayinya ketika akan tidur. Popok yang basah atau terkena kotoran dapat menjadi penyebab si kecil menjadi susah tidur, sehingga ia menjadi tidak nyaman dan rewel. Karena itu, seringlah mengecek popok si kecil dan kemudian menggantinya apabila sudah terkena kotoran dan basah, baik di siang hari ataupun malam hari. Dengan memakai popok yang bersih, tentunya si kecil akan merasa jauh lebih nyaman dan nyenyak ketika tertidur.

Memakai Baju yang Tidak Nyaman

Kenakanlah pakaian yang nyaman ketika si kecil akan beristirahat. Karena itu, Anda bisa memilihkan baju yang memiliki bahan yang lembut, nyaman, dan tidak membuat si kecil panas dan kegerahan. Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran baju si kecil, pakaikanlah baju yang pas, tidak terlalu sempit atau tidak kedodoran, agar si kecil bisa bebas bergerak ke sana-sini.

Kesehatannya Terganggu

Salah satu faktor yang menyebabkan bayi susah tidur adalah kesehatannya. Cobalah cek apakah kesehatannya baik-baik saja atau mengalami sedikit sakit, seperti pilek, batuk, panas, dan lain-lain. Jangan lupa untuk selalu menyediakan termometer untuk mengecek suhu tubuh pada si kecil.

Tempat Beristirahat yang Tidak Nyaman

Kamar si kecil yang tidak nyaman dapat membuatnya enggan untuk memejamkan mata. Pastikan suhu di dalam kamarnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, para orang tua harus memperhatikan ventilasi udara di ruangan tempat si kecil beristirahat. Apabila malam hari, usahakan jangan menyalakan lampu yang terlalu terang, karena biasanya bayi tidak nyaman dengan penerangan yang mencolok.  Ada baiknya menggu nakan lamu yang redupa agar bayi nyaman ketika tidur.

Tubuhnya Tidak Segar

Apabila tubuh bayi berkeringat, ia akan menjadi susah tidur. Alangkah baiknya untuk selalu memandikan si kecil dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk memberikannya minyak telon, bedak, juga body lotion, biarkan si kecil tetap harum. Dengan itu, tubuhnya akan terasa segar dan si kecil pun dapat tidur dengan nyenyak. Jika bayi telah melakukan aktivitas yang membuatnya menjadi lengket dan berkeringat, seka atau laplah tubuhnya sebelum tidur, agar ia tetap nyaman ketika beristirahat nanti.



Tidak Mengajak si Kecil Bermain

Memang tidak  ada salahnya untuk mengajak si kecil bermain ketika ia akan beristirahat. Tapi, hal ini dapat membuatnya lelah dan ia menjadi susah untuk tidur. Ada baiknya untuk tidak mengajaknya bermain bila si kecil sudah kelihatan ngantuk. Biarkan ia tidur dan menikmanti waktu istirahatnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.