Perhatikan Hal-Hal ini Saat Memilih Kos!

Demi Keamanan, Kenyamanan, dan Terpenuhinya Kebutuhan

0

Salah satu alternatif tempat tinggal untuk kamu yang baru saja pindah dan harus tinggal selama beberapa waktu di luar kota atau bahkan luar pulau adalah kos. Kamar-kamar dengan berbagai ukuran dan fasilitas akan kamu temukan sebagai pilihan. Range harganya pun bermacam-macam, mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Begitupun dengan piilihan waktu, ada kos harian, bulanan, per tiga bulan, bahkan per tahun. Dengan banyaknya pilihan ini, mungkin kamu akan bingung, memilih kos yang cocok dengan kamu. Tips di bawah ini akan membantu kamu dalam menentukan pilihan. Yuk cek!

1. Berapa Lama Kamu Akan Tinggal

Untuk memilih kos yang pertama harus kamu sesuaikan adalah memeprhitungkan berapa lama kamu akan tinggal di kota tersebut. Jika tujuannya adalah untuk kuliah tentu memilih kos yang tahunan adalah pertimbangan yang tepat, namun jika kamu hanya tinggal beberapa hari untuk urusan pekerjaan atau belum bersungguh-sungguh ingin menentukan untuk tinggal di kos, baiknya memilih kos yang harian, jika hampir sebulan, sebaiknya bulanan sekalian. Biasanya kos tahunan bukan menjadi prioritas pilihan untuk mereka yang mudah merasa tidak nyaman yang cenderung akan memilih kos bulanan, sehingga ketika merasa terganggu, tidak perlu menunggu lama untuk berpindah.

2. Fasilitas Apa Yang Diberikan Dan Apa Yang dibutuhkan

Ada beberapa fasilitas dalam kamar kos yang ditawarkan. Di antaranya ada yang menyediakan bed dan lemari, namun ada juga yang hanya menyediakan kamar kosongan. Ada pula yang di kamarnya disediakan AC, ada yang menyediakan kipas angin. Tentu saja dengan fasilitas yang disediakan, harganya akan berbeda. Selain berupa benda, ada juga fasilitas berupa laundry, ini cocok untuk anda yang memiliki banyak kesibukan. Ada pula kamar mandi dalam, yang maksudnya adalah kamar mandi tersebut berada di dalam setiap kamar sehingga ketika akan mandi kamu tidak perlu mengantre. Bahkan beberapa ada yang memiliki fasilitas seperti dapur dan televisi. Semua dapat kamu sesuaikan denga budget dan kebutuhan kamu. Perhatikan juga parkiran di kosan ini, jika kamu membawa kendaraan sendiri tentu kamu perlu memarkirkannya di tempat yang aman dan kalau bisa tidak berdesakan sehingga harus rebutan dengan penghuni kos lain.

3. Jam Malam, Sesuaikan Dengan Kegiatan

Ini adalah hal lain yang juga harus kamu tanyakan saat akan memutuskan menghuni suatu kos. Jika kegiatan kamu lebih banyak di malam hari seperti saat bekerja di shift malam atau memang harus pulang malam karena kegiatan tertentu seperti mengkikuti kegiatan kampus atau bekerja paruh waktu setelah kuliah, kamu perlu kos yang tidak memiliki jam malam yang biasanya akan memberimu kunci cadangan untuk membuka pagar depan. Namun, jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah pulabg malam, tentu jam malam bukanlah masalah.

4. Lingkungan kos, apakah nyaman dan aman?

Selain mengecek kos itu sendiri, kamu juga harus mempertimbangkan lingkungan kos tersebut. Apakah kos ini terlalu berisik, apakah kos ini aman, dan apakah kos ini dekat dengan tempat-tempat strategis seperti tempat makan, tempat laundry jika tidak termasuk fasilitas kos, dll. Kamu juga perlu mempertimbangkan jarak antara kos dengan tempat kamu akan kuliah atau bekerja. Jika masih terlalu jauh apakah kamu membawa kendaraan sendiri, jika tidak alat transportasi apa yang akan kamu gunakan, apakah dekat dengan bus stop, jalan yang dilewati angkot atau adakah ojek online yang mangkal di dekat kos tersebut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.