Pertama Kali Liburan ke Luar Negeri? Perhatikan Dulu Tipsnya

0

Liburan akhir tahun akan segera tiba. Apakah kamu sudah memiliki rencana? Jika iya, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sedari sekarang, mulai dari membeli tiket perjalanan, menyewa penginapan, mencari informasi tentang lokasi destinasi tujuan yang akan didatangi, sampai urusan oleh-oleh.

Liburan ke luar negeri sangat berbeda dengan liburan di negeri sendiri. Nah, bagi kamu yang akan liburan pertama kalinya ke luar negeri, ada . Kenapa bisa begitu?

Kehidupan dan kebiasaan di negara orang lain seringkali berbeda dengan di negeri sendiri. Selain ada aturan-aturan yang harus disesuaikan, juga diminta untuk menyiapkan beberapa hal sebagai antisipasi jika membutuhkan bantuan.

1. Vaksinasi

Apabila kamu akan bepergian ke lokasi-lokasi eksotis, seperti negara-negara di Afrika atau Amerika, pastikan untuk konsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum berangkat mengenai vaksin yang kemungkinan kamu butuhkan.

Perlu kamu ketahui, ada beberapa penyakit yang mungkin tak akanditemukan di Indonesia, tapi ada di negara-negara yang akan kamu kunjungi nantinya. Jangan lupa untuk mengecek juga perusahaan asuransi kamu untuk mengetahui berbagai informasi soal kebijakan kesehatan di luar negeri apabila berada dalam keadaan darurat.

passport-indonesia2. Membawa Salinan Paspor

Untuk mengantisipasi bila paspor kamu hilang, pastikan bahwa kamu masih bisa kembali ke Indonesia dan dapat membuktikan kewarganegaraan-mu.

3. Simpan Alamat Kedutaan Besar Indonesia

Cari alamat dan nomor telepon kedutaan besar Indonesia di negara tujuanmu berlibur. Apabila ada masalah di negera tersebut, kamu tidak akam kesulitan untuk menghubungi pemerintah di negara tujuan kamu tersebut.

4. Uang

Sebelum pergi ke luar negeri, cek terlebih dahulu konversi moneter, sehingga nantinya kamu bisa memastikan berapa banyak uang yang harus dibawa secara cash dan berapa yang harus kamu siapkan di rekening bank.

5. Sediakan Banyak Uang Cash

Kamu harus memastikan untuk menyediakan uang cash ketika naik bus atau kereta, karena tidak di setiap tempat bisa menggunakan kartu kredit. Jangan lupa untuk menyiapkan juga biaya untuk keluar dan masuk negara tujuanmu nantinya. Biaya ini pastinya tidak termasuk dalam harga tiket penerbangan.

6. Beli Tiket Online

Untuk menghemat waktu dan biaya, sebaiknya kamu membeli tiket yang dijual secara online jauh-jauh hari sebelumya. Biasanya tiket yang dijual seperti ini merupakan tiket promo, yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya. Tidak ada salahnya kan untuk menghemat biaya perjalanan.

7. Siapkan Buku Panduan

Jangan lupa untuk menyiapkan buku panduan negara yang akan kamu tuju. Buku panduan biasanya memuat peta, lokasi wisata yang bisa dikunjungi, informasi kendaraan yang akan membawamu ke lokasi-lokasi yang akan dituju, restoran dan menu yang tersedia, dan bank atau ATM yang tersedia.

universal-travel-adapter8. Plug Charger

Jangan lupa untuk membawa plug charger. Kamu tentunya harus mempertimbangkan bahwa setiap negara memiliki ukuran plugs atau colokan dan tegangan yang berbeda. Cari tahu informasinya terlebih dahulu, agar plug yang kamu bawa tidak salah. Sehingga kamu bisa bebas untuk mengisi baterai handphone kamu selama berada di negara tersebut. Atau, jika kamu punya dana lebih bisa membeli universal travel adapter sehingga tidak perlu repot membawa beberapa tipe plug charger.

9. Packing yang Benar

Bawalah beberapa pakaian yang bisa dimuat hanya dalam satu tas. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi apabila terjadi kehilangan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, sebaiknya siapkan juga pakaian di dalam tas yang bisa kamu bawa setiap saat.

10. Siapkan Makanan Ringan

Bawalah makanan ringan dan letakkan di tas yang bisa selalu kamu bawa. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menghemat budget dan tak kesulitan untuk menikmatinya ketika lapar melanda secara mendadak.

blog-luggage1-1024x77411. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Pastikanlah kamu membawa barang seperlunya dan tidak berlebihan. Kamu mau liburan, bukan untuk tinggal di negara tersebut. Dengan cara ini kamu juga tidak akan dikenakan biaya tambahan bagasi di pesawat.

Semoga dengan adanya tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam mempersiapkan segala hal untuk berpergian ke luar negeri untuk pertama kalinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.