Piknik Asyik Tanpa Gejala Mabuk

0

Jalan-jalan atau berkunjung ke tempat sanak saudara merupakan moment yang mengasyikan. Berkunjung ke tempat-tempat yang baru tentu saja akan menjadi pengalaman yang berharga demikian juga berjumpa dengan orang-orang yang disayangi Tapi saat-saat membahagiakan ini terasa terganggu bila dalam perjalanan kedatangan tamu tak diundang yang bernama mabuk perjalanan. Acara piknik, mudik, atau jalan-jalan yang seharusnya ceria justru menjadi menyiksa. Nah, sebenranya apa sih mabuk perjalanan itu?

Secara medis mabuk perjalanan terjadi karena tidak sinkronnya informasi mengenai pergerakan tubuh yang sampai ke otak. Penyebab utama dari mabuk perjalanan ini adalah perputaran dan goncangan. Dalam beberapa kasus faktor psikologis dapat menyebabkan seseorang terkena mabuk perjalanan ini. Gejala mabuk perjalanan sangat bervariasi, tiap orang berbeda-beda, ada yang pusing, mual, sakit kepala, sesak nafas dan lain-lain. Lalu bagaimana cara kita agar terhindar dari mabuk perjalanan ini, caranya:

membaca buku mabuk kendaraan piknik

Hindari Membaca Buku

Membaca buku memang hal yang baik tapi ketika berada dalam mobil hindari kegiatan yang satu ini karena bisa membuat pusing-pusing. Hal ini disebabkan karena kondisi buku yang dibaca tidak stabil, sehingga membuat mata harus mengikuti gerakan tulisan yang bergerak-gerak. Ini membuat otak bekerja keras dan berakibat menjadi pusing.

jendela samping mabuk kendaraan piknik

Hindari Mengamati dari Kaca Samping

Melihat-lihat pemandangan dari samping kadang-kadang asyik juga tapi bagi orang-orang tertentu bisa berakibat pening dan mual-mual.

Buka Jendela Agar Udara Bersirkulasi

Hal ini sangat berguna jika ada penumpang yang merokok. Nah ini nih yang bikin kita langsung gak tahan, ada orang merokok. Apalagi kalau kaca kendaraan tertutup semua. Keadaan yang pengap akibat sirkulasi udara membuat syaraf menjadi tegang dan akhirnya mual dan pusing.

makan cemilan bukan karbohidrat mabuk kendaraan piknik

Hindari Perjalanan dengan Perut Kosong

Usahakan dalam memulai suatu kegiatan sarapan dulu jangan biarkan perut kosong. Perut kosong membuat kita lemas dan tidak tahan kondisi apalagi perjalanannya jauh.

Hindari Makanan Karbohidrat dan Lemak Tinggi

Karbohidrat dan makanan berlemak membuat perut bekerja keras dan terasa penuh. Bila ingin makan makanlah camilan atau snack akan lebih aman, karena membuat perut tidak perlu bekerja terlalu keras.

minum obat mabuk kendaraan piknik

Minum Obat Anti Mabuk Sesuai Ketentuan

Nah, kalau sudah tahu gejala dan penanganannya mabuk perjalanan anda tidak perlu cemas lagi. Perjalanan yang menyenangkan pun bukan hanya sekedar impian but jadi kenyataan. Kalau kondisi memang tidak fit lebih baik tunda perjalanannya daripada mabuk perjalanan. Akibatnya kan lebih parah. Semoga perjalanan anda menyenangkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.