Pilihan Kolam untuk Lahan Minimalis

0

Untuk mengisi lahan terbuka di area rumah minimalis, bukan hanya bisa ditanami tumbuhan saja. Perpaduan antara taman dan kolam, atau pilihan kolam saja bisa menjadi alternatif pengisi lahan kosong. Bukan hanya berfungsi sebagai penurun temperatur lingkungan rumah, namun kolam yang diberikan tanaman air juga bermanfaat memberikan udara segar ke dalam rumah. Namun untuk lahan minimalis tentu saja dalam mendesain kolam harus cermat karena luas lahan yang sempit.
Berikut adalah jenis kolam yang bisa dipertimbangkan untuk lahan rumah minimalis.

kolam-ikanKolam Ikan

Kolam ikan sebagai penghias sebuah rumah tentu saja memiliki desain yang berbeda dengan kolam ikan sebagai produksi perikanan. Segi estetika pembuatan harus sangat diperhatikan. Kolam ikan yang saat ini masih digemari biasanya berbentuk bujursangkar, persegi panjang atau lingkaran. Sementara kolam ikan dengan model dinding pembatas menyerupai bebatuan masih dapat ditemui dan bisa menjadi alternatif. Untuk hunian model minimalis, sebaiknya bentuk kolam tidak terlalu rumit atau terlalu banyak lengkungan, karena akan menghilangkan karakter sebagai yang menenangkan.
Sedangkan untuk pemilihan ikan, alternatif nya adalah ikan koi, ikan mas, ikan wakin, ikan komet dan ikan maskoki. Ikan-ikan jenis ini mempunyai warna punggung yang menarik, sehingga bisa memperindah kolam.

kolam-tamanTaman Air

Taman air bisa menjadi salah satu pilihan ketika ingin menikmati kesejukan suasana kolam disertai warna-warni tumbuhan. Tentu saja yang diutamakan pada jenis ini adalah berbagai macam tanaman air. Keunikan dari taman air ini adalah, keleluasaan dalam pemilihan luas taman air. Anda bisa membuat taman air mulai dari seukuran kolam sampai taman air dari bekas potongan drum pun bisa anda manfaatkan.
Untuk pembuatan taman air minimalis, kuncinya adalah pada pemilihan tempat taman air akan dibuat dan jenis tanaman serta ikan yang menghuni taman air tersebut.

Buat kolam sesuai luas lahan dan selera, bentuk alami atau simetris. Jika lahan yang tersedia sangat terbatas, berkreasilah menggunakan pot besar dari tanah liat, bekas potongan drum, bekas tandon air, atau apapun benda yang sekiranya dapat menampung air dalam jumlah cukup. Beri hiasan atau ornamen agar tampak lebih menarik

Pilih tanaman yang khusus hidup di air, seperti tanaman lotus, teratai, lili air, bambu air atau jenis paku air. Kombinasikan tanaman tersebut sesuai dengan selera dan lahan taman air anda.

kolam-pantulan

Kolam Pantul (Reflecting Pond)

Kolam pantul biasanya dibuat sebagai fungsi estetis sebuah bangunan atau rumah. Air di kolam pantul yang membentuk suatu bentang, di gunakan untuk merefleksikan bentuk bangunan, sehingga tampak lebih besar dan megah. Selain itu kolam pantul juga berfungsi menurunkan suhu lingkungan di sekitar.
Kolam pantul biasannya dibuat di depan rumah dengan kedalaman antara 30-40 cm. Dinding dan dasar kolam dilapisi dengan warna hitam. dapat pula diberikan keramik hitam agar efek pematulan semakin baik.
Kolam sebaiknya di berikan ikan seminimal mungkin, hanya untuk menghindari tumbuhnya jentik nyamuk. Letakkan ornamen taman atau tanaman seperlunya saja di sekitar kolam, untuk lebih memunculkan efek pemantulan yang sempurna.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.