Pilihan Menu Sarapan Sehat

0

Menjadi anak kos biasanya membuat kamu menghiraukan sarapan. Padahal, dengan sarapan badan kamu akan lebih bugar dan tidak akan lemas saat melakukan aktivitas di kampus atau lingkungan kerja kamu. Oleh karena itu, kamu bisa membuat menu sarapan sehat sendiri. Berikut ini alternatif menu sarapan sehat yang bisa kamu buat dengan mudah di kosanmu.

1. Sandwich

Apakah kamu termasuk penikmat sandwich? Membuat sandwich cukup mudah. Jika kamu tidak memiliki peralatan yang memadai di kamar kos kamu, yang perlu kamu siapkan adalah roti tawar beserta isian untuk sandwich, seperti keju slice, tomat, juga selada. Membuatnya pun gampang, tidak perlu dipanggang di kompor. Jadi, sebelum berangkat kuliah kamu bisa membuatnya atau sembari dibekal untuk cemilan siang hari nanti.

2. Oatmeal

oatmeal-sarapan-pagiOatmeal mudah didapatkan di mana saja. Sediakanlah oatmeal di kamar kos kamu, saat pagi hari kamu bisa membuat kreasi oatmeal untuk sarapan. Jika oatmeal saja terasa kurang menarik, tambahkan buah-buahan di dalamnya. Kamu bisa mengkombinasikannya dengan pisang, buah naga, jeruk, atau strawberry. Cukup menyeduhnya dengan air panas, kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Perjalanan ke kampus pun tidak akan bermodalkan perut kosong.

3. Roti Kukus

Jika kamu memiliki magic com, kamu dapat menggunakannya untuk membuat roti kukus. Dengan bermodalkan roti tawar dan selai, kamu sudah bisa menikmati roti kukus yang nikmat untuk dimakan saat sarapan. Menu ini juga sangat mudah untuk dibuat setiap saat, tidak hanya untuk menu sarapan saja. Kamu juga bisa membuatnya ketika mendadak perutmu lapar saat malam hari

 

4. Sup

Sup-Ayam-Sarapan-pagiKalau kamu termasuk pecinta sayur, kamu bisa membuat sayur sop dengan menggunakan magic com yang kamu miliki di kosanmu. Lebih bagus lagi kalau di kosanmu disediakan kompor. Membuatnya memang sedikit membutuhkan waktu lebih, karena itu kamu bisa bangun lebih pagi untuk menyiapkannya. Kamu bisa membeli satu bungkus bahan sop di supermarket atau tukang sayur yang biasa lewat di daerah kosanmu. Dari pada membeli makanan di luar, lebih baik membuatnya sendiri selama caranya tidak sulit.

5. Singkong Rebus

Kalau kamu tidak suka menyantap nasi saat sarapan, kamu bisa membuat singkong rebus sebagai pengganti karbohidrat yang juga terkandung dalam nasi. Membuatnya hanya tinggal direbus saja. Kamu pun bisa menambahkannya dengan parutan kelapa atau parutan keju untuk membuat rasanya menjadi lebih variatif. Selain singkong, kamu juga bisa menggunakan ubi. Pilih saja apa yang kamu sukai.

6. Salad

salad-sarapan-pagiJika kamu merupakan seorang vegetarian, salad bisa jadi menu sarapan yang pas buat kamu. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, kamu sudah bisa membuatnya sendiri di kosanmu. Salad adalah menu paling simple untuk dibuat. Namun, bagi yang bukan vegetarian juga masih tetap bisa membuat dan menikmatinya.

7. Telur Rebus

Kamu termasuk orang yang tidak suka membuat menu sarapan yang ribet? Telur rebus mungkin bisa jadi salah satu alternatif untukmu. Telur mengandung protein yang tinggi, sehingga baik untuk penambah energi. Makanlah beberapa butir, setidaknya cukup untuk cadangan energi sampai waktu makan siang nanti.

8. Omelette

omeletteJika kamu termasuk pecinta telur dan senang menkreasikan makanan, kamu bisa membuat omelette sendiri. Dengan bahan-bahan yang tersedia, kamu sudah bisa menyantap omelette buatan tanganmu. Mungkin rasanya seadanya, tapi setidaknya kamu akan lebih puas karena bisa memakan hasil buatan tanganmu sendiri. Budget untuk membeli omelette di luar pun bisa kamu gunakan untuk keperluan lainnya.

Dengan membuat makanan untuk menu sarapanmu sendiri, kamu juga bisa menghemat uang jajan atau jatah bulanan yang sudah kamu persiapkan karena tidak membeli makanan di luar. Hidup sehat itu harus dimulai dari diri sendiri. Karena, jika bukan kita yang memulainya, siapa lagi?

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.