Pusing Belajar Bahasa Inggris? 15 Cara Ini Cocok Untuk Kamu Para Pemula!

0

Mulai dari sekolah dasar nyatanya kita sudah diajarkan untuk belajar bahasa inggris. Namun sayangnya hal ini belum cukup bagi kita. Belajar bahasa inggris sendiri ternyata sangatlah sulit karena kita orang Indonesia tidak menggunakannya setiap hari. Untuk itu bahasa inggris perlu dipelajari kembali. Dalam menguasai bahasa inggris sendiri tentu saja memiliki strategi.  Berikut ini cara mudah belajar bahasa inggris.

1. Mendengarkan Musik

Image : klimg.com

Cara mudah belajar bahasa inggris yang pertama adalah dengan cara kita mendengarkan musik berbahasa inggris setiap hari. Ketika kita mendengarkan musik pastinya kita akan mendapatkan kosa kata baru yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Setelah itu tulis kosa kata baru tersebut kemudian cari di dalam sebuah kamus untuk mengetahui artinya.

2. Menonton Film

Image : brilio.net

Pastinya semua orang menyukai dengan yang namanya menonton film. Menonton film sendiri sangat bagus untuk kesehatan jiwa. Ketika seseorang menonton film pastinya jiwa seseorang dapat menjadi sedih ataupun senang berdasarkan dari jalannya cerita. Dengan menonton film bahasa inggris kamu dapat memperlancar bahasa inggrismu menjadi baik dan melatih pendengaranmu menjadi lebih baik. Tetapi jangan pernah menonton film dengan terjemahan Indonesia karena hal ini hanya akan membuat dirimu fokus terhadap terjemahan bukan pada bahasa inggrisnya.

3. Bermain Games

Image : squline.com

Ketika otak sedang jenuh terkadang kita memilih untuk bermain games agar otak menjadi segar kembali. Bermain games sendiri ternyata juga dapat membuat kita mengingat suatu hal apalagi bila kita belajar bahasa inggris dengan cara bermain games. Ada beberapa games yang dibuat untuk pelajaran bahasa inggris. Dengan bermain games tentu kita akan menjadi mudah dalam belajar bahasa inggris. Selain itu, kita tidak akan bosan untuk bermain games.

4. Membaca Buku Cerita

Image : alicdn.com

Bila kamu jenuh dengan cara belajar bahasa inggris yang terlalu formal maka kamu dapat mencoba dengan cara membaca buku cerita versi bahasa inggris. Pilihlah buku cerita yang sangat menarik agar dirimu tidak merasa jenuh. Membaca buku cerita juga menjadikan dirimu pintar dalam merangkai sebuah kata. Rajin-rajinlah untuk membuka kamus jika kamu tidak mengerti arti pada sebuah kata di dalam buku cerita. Hal inilah yang akan memperkaya wawasanmu khususnya kosa kata bahasa inggris.

5. Berpikir dalam Bahasa Inggris

Image : inggrisku.net

Bila sekarang ini kamu selalu berpikir dalam bahasa Indonesia maka cobalah untuk mengubah mindset tersebut. Cobalah untuk berpikir dalam bahasa inggris yang mana hal ini akan mengubah otakmu untuk terus berpikir dalam bahasa inggris. Pastinya hal ini akan sulit kamu lakukan karena kamu belum terbiasa. Namun ketika kamu terbiasa maka dirimu akan termudahkan dalam berbicara bahasa inggris.

6. Bicara dalam Bahasa Inggris

Image : englishcafe.co.id

Pastinya bila kita ingin lancar dalam berbahasa inggris tentu kita harus berbicara dalam bahasa inggris. Tanpa hal itu tentu kita tidak akan mengetahui seberapa jauh tingkat bahasa inggris kita. Ketika kamu ada kesempatan untuk berbicara dalam bahasa inggris maka gunakanlah kesempatan itu dengan sebaiknya. Jangan pernah merasa takut ketika sedang berbicara dalam bahasa inggris karena kita masih dalam tahap belajar. Oleh karena itu, rajinlah untuk mempraktekkan bahasa inggris dengan siapa saja agar kamu menjadi terbiasa.

7. Fokus Untuk Lancar Bahasa Inggris bukan Grammar

Image : Tribunnews.com

Terkadang hal yang membuat seseorang menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan bahasa inggris yaitu karena terhalang oleh grammar. Padahal ketika kita sudah belajar mengenai grammar tentu saja hal ini lumrah jika kita bisa salah dalam berbicara ataupun menulis. Untuk itu fokuslah agar bisa lancar berbahasa inggris. Lupakan grammar terlebih dahulu agar dirimu berani untuk mencoba .

8. Mencoba Kata-kata yang Sulit

Image : brilio.net

Dalam bahasa inggris sendiri pastinya kita akan menemui beberapa kata yang sulit untuk diucapkan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengucapkan kata-kata yang sulit agar lidahmu menjadi semakin luwes. Catatlah kata-kata yang sulit tersebut dalam bukumu agar kamu dapat melatihnya kapanpun dan dimanapun berada.

9. Dengar & Ulangi

Image : metodemaster-bahasainggris.blogspot.com

Cara mudah belajar bahasa inggris lainnya yaitu dengan cara mendengar orang asing berbicara bahasa inggris dari TV, Radio ataupun Youtube. Kemudian kamu ulangi lagi apa yang mereka telah  ucapkan. Hal ini sama saja jika kamu menirunya. Selain itu perhatikan gaya bicara mereka seperti apa. Setelah itu putuskan mau seperti  apa gayamu ketika berbicara bahasa inggris nanti.

10. Baca Kosa Kata Setiap Hari

Image : tips-trik-tutorial.com

Ketika seseorang sulit untuk berbicara bahasa inggris pastinya hal ini dikarenakan kosa kata yang kurang pada diri kita sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita butuh untuk membaca kosa kata setiap hari. Bila perlu hafalkan kosa kata tersebut di otak agar mempermudah kita saat berbicara bahasa inggris. Hal ini tentu bukanlah perkara mudah. Namun ketika terbiasa pastinya hal ini akan menguntungkan dirimu sendiri. Cobalah untuk menulis dan menghafalkan kosa kata sebanyak 5 kata setiap harinya. Dengan begitu kosa katamu akan semakin banyak bahkan membuat kamu menjadi semakin pede untuk berbicara bahasa inggris.

11. Menulis dengan Bahasa Inggris

Salah satu hal yang dapat melatih daya pikir otak adalah dengan cara kita menulis dalam bahasa inggris. Dengan menulis kita dapat mengetahui seberapa besar otak mengirimkan kepintarannya dalam sebuah tulisan. Lupakan grammar terlebih dahulu agar membuatmu semakin mudah untuk menulis. Setelah menulis cobalah baca apa yang telah kamu tulis. Latihlah otakmu untuk menulis setiap harinya  dengan begitu kamu akan mengetahui tingkat bahasa inggrismu. Jangan lupa untuk mendiamkan tulisan selama beberapa hari dan lakukanlah pengeditan hingga kamu dapat menyadari berapa besar kesalahan pada bahasa inggrismu.

12. Jadikan Bahasa Inggris adalah Sebuah Kebiasaan

Ketika kita sudah membiasakan suatu hal pastinya hal ini akan tertanam pada diri kita sendiri. Salah satunya dengan membiasakan diri kita berbicara bahasa inggris setiap harinya. Ketika kita sudah terbiasa berbicara bahasa inggris pastinya hal ini akan membuat diri kita semakin mudah. Kebiasaan tersebut pastinya akan sulit dijalani namun lambat laun akan menjadi sebuah hal yang biasa bagi kita sendiri. Cobalah untuk membuat agenda atau pengingat pada handphonemu agar kamu dapat melatih bahasa inggris serta tidak lupa dengan hal tersebut.

13. Berlatih

Salah satu kesuksesan untuk menjadi seorang yang ahli tentu kita harus berlatih dan berlatih. Tanpa sebuah latihan pastinya kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Cobalah berlatih dengan orang yang sudah mahir berbahasa inggris ataupun berbicara kepada native speaker. Setelah itu, tanyakan apa kesalahan yang ada pada dirimu sendiri ketika sedang berlatih. Jauhkan rasa takut yang ada pada dirimu sendiri. Dengan begitu kamu tidak akan merasa tersalahkan jika bahasa inggrismu pas pasan ataupun jelek.

14. Berteman dengan Orang yang Ahli

Salah satu cara untuk membuat dirimu menjadi bisa berbahasa inggris adalah kita harus berteman dengan orang yang bisa berbahasa inggris. Bila perlu kita berteman dengan native speaker. Tanyakan kepada mereka bagaimana mereka bisa berbahasa inggris. Bila perlu minta tips dan trik agar bisa berbahasa inggris dengan cepat. Selain itu, rajinlah berkomunikasi dengan mereka agar bahasa inggrismu semakin terasah dan kamu semakin pede untuk berbicara bahasa inggris.

15. Tinggal di Negara yang menggunakan Bahasa Inggris

Cara mudah belajar bahasa Inggris yang terakhir adalah dengan cara kita tinggal di Negara yang menggunakan bahasa inggris. Pastinya hal ini akan memaksa diri kita untuk berkomunikasi dalam bahasa inggris setiap harinya. Bila kita tidak memaksa diri kita sendiri tentu saja hal ini akan membuat sulit diri kita untuk berinteraksi dengan lingkungan sendiri. Keberanianlah adalah kunci keberhasilan kita untuk memperlancar bahasa inggris ketika berada di negeri orang.

Berbicara bahasa inggris tentu saja bukanlah suatu hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan. Tentu saja perlu waktu yang panjang serta kerja keras yang tinggi. Namun ketika kita dapat menguasainya dengan baik tentu saja ini merupakan sebuah prestasi yang baik untuk diri kita sendiri. Maka dari itulah janganlah pernah berkata belum bisa bila kita belum pernah mencoba untuk menjadi yang lebih baik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.