Pusing Hadapi Atasan yang Egois? Lakukan 5 Cara Ini Untuk Menghadapinya!

0

Ketika kita memutuskan bekerja untuk orang lain tentunya kita harus tunduk dengan peraturan yang dibuat oleh Perusahaan. Selain itu pula, kita akan mempunyai seorang atasan yang akan selalu mengawasi pekerjaan agar segera tuntas dan tidak berantakan.

Tapi, apa jadinya bila atasan kita ini ternyata sangat egois? Tentunya hal ini sangat menyebalkan bahkan bisa dibilang kesabaran kita sangat dilatih dalam masalah ini. Untuk menghadapi atasan yang egois tentunya kita harus berkepala dingin agar tidak terjadi sebuah perselisihan.

Maka dari itulah, yuk simak cara untuk menghadapi atasan yang egois di bawah ini:

1. Aktif dan Inisiatif

Image: http://www.vemine.com

Memiliki seorang atasan yang egois tentunya tidak diinginkan oleh semua pekerja. Namun dalam hal kesempatan ini, kita hanya perlu bersikap aktif dalam lingkungan kerja. Segala hal pekerjaan yang kita kerjakan harus segera diinformasikan secara berkala kepada atasan tanpa perlu menunggu atasan memintanya. Hal ini tentunya dapat menghindari diri kita dari kemarahan atasan yang terkadang membuat bingung sendiri.

Terkadang kurangnya mendapatkan informasi dari pekerja, atasan menjadi marah yang mana hal inilah yang memicu atasan menjadi egois. Selain itu, lakukan banyak kegiatan yang mana dapat membuat prestasi kita di kantor menjadi meningkat sehingga kita tidak dipandang sebelah mata oleh bos.

2. Abaikan Saja

Image: www.bicaraperempuan.com

Salah satu cara untuk menghadapi atasan yang egois yaitu dengan cara kita mengabaikannya. Setiap manusia pastinya pernah melakukan sebuah kesalahan apalagi seorang atasan. Apabila kita selalu memikirkan apa yang dikatakan oleh atasan tentunya hal ini dapat mengganggu kinerja kerja dan tidak fokus. Malahan hal ini juga akan mempengaruhi prestasi kerja menjadi semakin buruk.

Akan tetapi, bila kita tidak memikirkannya pastinya pikiran kita akan mudah bertindak dalam bekerja. Pikiran jernih dan sehat nyatanya sangat dibutuhkan ketika bekerja. Maka dari itulah, jangan pernah diambil hati bila atasan sudah marah karena hal yang dibicarakan oleh atasan belum tentu benar.

Baca Juga: Cara Mengurangi Kecanduan Pada Ponsel

3. Bersikap Tenang

Image: https://www.maxmanroe.com

Dalam hal situasi seperti ini yang kita butuhkan adalah bersikap tenang. Seburuk-buruknya kondisi kita dengan atasan yang kita hanya perlu lakukan adalah bersikap tenang. Jangan pernah menunjukkan rasa benci ataupun marah di depan atasan yang mana hal ini dapat membuat citra kita menjadi buruk di kantor. Anggap saja atasan sedang menguji kesabaran kita agar lebih kuat lagi untuk menghadapi persaingan kerja yang sangat keras.

Apabila tindakan kita kepada atasan terlihat sangat arogan tentunya hal ini dapat membuat reputasi kita semakin buruk bahkan bisa jadi kita dikeluarkan oleh Perusahaan karena sebuah kesalahan sepele. Maka dari itulah, pikirkan kembali sebelum bertindak.

4. Profesional

Image: http://ptaknusantara.blogspot.com/

Hal yang perlu kita lakukan ketika mempunyai seorang atasan yang egois adalah bersikap profesional di dalam lingkungan kerja. Tanamkan dalam diri kita bahwa bila sedang bekerja kita harus bersikap profesional dengan siapapun khususnya dengan atasan walaupun kita sangat membencinya.

Pastikan bila sikap dan perilaku kita terlihat normal bila di depan atasan. Selain itu, jangan pernah membawa permasalahan pribadi kita dengan atasan di dalam kerja yang mana hal ini dapat membuat reputasi kerja kita terlihat buruk di semua orang. Namun bicarakan permasalahan pribadi ketika sudah di luar kantor yang mana hal tersebut tidak ada kaitannya dengan pekerjaan kantor.

5. Tidak Bergosip

Image: https://www.tommcifle.com

Cara menghadapi atasan yang egois terakhir adalah dengan cara kita tidak mengosipkannya. Terkadang apabila kita sudah kesal dan merasa jengkel dengan atasan rasanya kita ingin sekali mengosipkannya dengan teman kerja. Padahal hal ini tentunya sangat tidak bagus untuk dilakukan. Bisa jadi hal ini malah mendatangkan sebuah masalah kepada diri kita sendiri apalagi kalau kita sudah salah bicara. Tentunya dalam hal ini yang dipertaruhkan adalah reputasi kerja kita di Perusahaan. Hingga akhirnya kita mendapatkan julukan  sebagai tukang gosip.

Nah, itulah beberapa cara untuk menghadapi atasan yang egois. Semoga hal ini membantumu yaa!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.