Rahasia Herbal Ajaib Pereda Nyeri Alami

0

Rasa nyeri tentu pernah menyerang siapa pun. Nyeri sendi, sakit kepala atau nyeri otot adalah sebagian dari rasa nyeri yang mungkin pernah menimpa kita. Pengobatan yang biasa kita lakukan adalah membeli obat pereda nyeri yang biasa di jual bebas di apotik. Untuk solusi cepat, kita bisa saja menggunakan obat-obat kimia. Tetapi secara jangka panjang, kita harus berhatai-hati terhadap obat kimia.
Sebagai contoh, asetaminofen (acetaminophen) yang sering terdapat pada obat flu atau sakit kepala, ibuprofen atau diclofenac, akan menimbulkan penyakit liver dan meningkatkan resiko serangan jantung bila digunakan secara berlebih.

Sebagai alternatif, usahakan selalu menggunakan obat-obatan pereda nyeri yang alami (herbal) sebagai pengganti obat kimiawi. Obat alami cenderung mempunyai lebih sedikit efek samping terhadap tubuh. Walau demikian, herbal pereda nyeri alami tidak memiliki efek penyembuhan secara instan. Pereda nyeri alami membutuhkan waktu untuk penyembuhan. Tetapi, proses ini akan lebih efektif dalam penyembuhan rasa nyeri.

Pereda nyeri alami sangat baik untuk terapi rasa nyeri yang kronik, karena pengobatan nyeri kronik berlangsung secara berkesinmabungan. Jika digunakan obat kimia, dikhawatirkan akan terjadi efek samping yang cukup serius.
Berikut adalah alternatif obat herbal pereda nyeri yang bisa anda gunakan.

herbal pereda nyeri alami

Kunir atau Kunyit

Khasiat : Pereda nyeri sendi (osteoarthritis)
Osteoarthritis adalah gejala dimana sendi terasa nyeri akibat peradangan (inflamasi) ringan yang muncul akibat gesekan tulang penyusun sendi. Bisa terjadi akibat penyakit degeneratif sendi atau akibat dari suatu cedera.
Kunir memiliki zat yang disebut Curcumin. Zat ini sangat efektif sebagai penyembuh radang (anti-inflamasi). Penggunaan kunyit sebaiknya dengan dosis tidak terlalu banyak tetapi dilakukan secara berkelanjutan. Dosis 400-600mg kunyit, tiga kali sehari, cukup untuk menyembuhkan peradangan yang terjadi.

herbal pereda nyeri alami

Kulit kayu tanaman Willow (Salix L)

Khasiat: Pereda nyeri sakit pinggang dan berbagai rasa nyeri lain serta sakit kepala
Tanaman willow memiliki zat yang disebut salisin. ketika dicerna dalam tubuh, zat salisin berubah menjadi asam salisilat. Asam salisilat berfungsi mengurangi sakit kepala dan rasa nyeri. Juga digunakan sebagai obat penurun panas. Mirip dengan Curcumin, asam salisilat juga digunakan sebagai penyembuh radang (anti-inflamasi). Kulit kayu willow biasanya sudah tersedia dalam bentuk minyak ekstraksi. Gunakan 1-2 tetes ekstrak willow sebagai anti-inflamasi.

herbal pereda nyeri alami

Tanaman Butterbur (Petasites japonicus)

Khasiat: pereda sakit kepala migrain
Tanaman butterbur memiliki zat tumbuhan yang bernama petasin dan isopetasin yang berguna untuk penyembuhan sakit kepala migrain dan juga berfungsi sebagai zat anti-inflamasi (peradangan). Zat petasin bisa di ekstrak dari bagian daun dan akar dari butterbur. Ekstrak butterbur kebanyakan mengandung zat yang berbahaya yang disebut Pyrrolizidine Alkaloids. Zat Pyrrolizidine Alkaloids (PA) ini berbahaya bagi organ hati. Oleh karena itu, pengolahan ekstrak butterbur biasanya sudah melalui proses pemurnian dari zat tersebut. Pastikan ketika anda membeli ekstrak butterbur, pada kemasan sudah tercantum tulisan “PA-free” atau “Bebas-PA”. Dosis ekstrak butterbur adalah 50 – 75mg dua kali sehari.

herbal pereda nyeri alami

Tanaman Arnica (Arnica montana)

Khasiat : dibuat sebagai krim pereda nyeri sendi (osteoarthritis)
ekstrak tumbuhan Arnica montana yang berupa minyak esensial, biasanya dipakai sebagai bahan campuran krim pereda nyeri. Bisa juga untuk meredakan nyeri otot atau arthritis. Hindari pemakaian krim arnica pada bagian kulit dengan luka terbuka.

herbal pereda nyeri alami

Tanaman Cabai Merah (Capsicum sp)

Khasiat: Pereda nyeri sendi, rematik dan nyeri otot.
Cabai memiliki senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini merupakan pereda nyeri yang ampuh ketika dibuat sebagai obat oles (topical). Capsaicin yang di oleskan pada kulit akan mengurangi pembentukan substansi kimia dalam tubuh yang disebut sebagai substansi-P. Dimana substansi-P ini adalah senyawa yang mengirimkan sinyal rasa sakit ke otak.
Capsaicin juga berguna sebagai penyembuh pembengkakan (anti-inflamasi) dan anti-gatal pada penyakit Psoriarsis.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.