Ini Rahasia Makan Banyak Tapi tetap Langsing

0

Menjadi sehat dan bentuk tubuh tetap terjaga adalah idaman setiap orang. Dengan cara yang sangat mudah, hal ini dapat dicapai. Makan makanan bergizi tinggi serta di imbangi dengan olahraga. Ya, semudah itu!. Kali ini, akan kita bahas aneka jenis makanan yang membuat gaya hidup anda menjadi lebih sehat. Makan banyak tetap langsing bukan lagi hanya mimpi.

Makanan yang dimasuk dalam tubuh seharusnya mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjaga tubuh anda tetap sehat dan berenergi. Anda dapat memilih aneka jenis makanan, baik yang dibutuhkan tubuh anda maupun yang sekedar anda inginkan. Tapi ingatlah, bahwa makanan tersebut seharusnya membuat tubuh anda berenergi, memuaskan keinginan makan dan membuat anda terasa sehat tanpa membuat anda merasa kembung atau merasa tidak nyaman di perut.

Asupan Karbohidrat Kompleks

makan banyak langsing sehatKarbohidrat tetap harus ada dalam menu kita. Pilihlah jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Dalam ilmu gizi, karbohidrat kompleks akan diubah tubuh menjadi energi secara perlahan. Energi yang datang berangsur-angsur akan lebih mudah diproses oleh tubuh, karena kebanyakan dari kita tidak memerlukan tenaga dalam jumlah besar sekaligus. Disisi lain, karbohidrat sederhana biasanya memiliki kadar glikemik (glycemic index) yang tinggi. Glikemik tinggi akan menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Hal ini membuat kita cepat lapar dan lelah.

Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Makanan ini biasanya ditandai dengan adanya warna putih, seperti nasi, kentang atau roti putih. Gula dan berbagai jenis biskuit dan roti olahan juga termasuk makanan yang memiliki kandungan karbohidrat sederhana.
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti ubi jalar, gandum, wortel, kacang-kacangan serta buah-buahan berwarna merah. Dengan asupan karbohidrat kompleks 230 – 300 gram per hari, akan membuat tubuh anda merasa nyaman melakukan aktifitas.

Kebutuhan Serat Makanan

makan-langsing-ok2Serat yang terdapat pada makanan akan membantu proses pencernaan kita. Selain itu, serat pada makanan akan mebuat kita merasa lebih kenyang. untuk jenis makanan berserat ini, anda bisa mengkonsumsi sebanyak yang di inginkan. Pada saat kebutuhan serat sudah terpenuhi, reseptor pada sistem pencernaan akan mengirim hormon leptin ke otak. Pada saat itulah anda akan merasa kenyang tanpa merasa berat di perut. Dan rasa kenyang ini akan bertahan cukup lama.
Konsumsi serat yang dianjurkan adalah 30 gram serat makanan tiap hari. Makanan berserat dapat anda temukan pada berbagai sayur dan buah konsumsi, gandum dan jenis kacang-kacangan. Jadi mau makan banyak tetap langsing? Konsumsilah banyak makanan berserat.

Protein sebagai Zat Pembangun

makan banyak langsing sehatProtein berfungsi sebagai zat untuk pembentukan tulang dan otot. Seperti yang kita ketahui, seiring berjalannya waktu, otot dan tulang akan mengalami kerusakan. Protein inilah yang membangun kembali otot dan tulang kita. Sehingga bila kita mengkonsumsi zat protein yag berkualitas, tubuh kita akan tumbuh dengan baik. Contoh penggunaan protein secara ekstrim bisa dilihat dari para atlit binaraga. Untuk menaikkan massa otot, para atlit binaraga mengkonsumsi berbagai macam protein berkualitas tinggi secara teratur. Tentu disertai olah gerak yang sesuai.

Dalam program diet, protein juga memiliki 2 fungsi utama.
1. Semakin banyak massa otot yang terbentuk dari pengolahan protein, maka akan semakin banyak kalori dalam tubuh yang digunakan. Kebutuhan kalori yang banyak tentu akan menggunakan lemak sebagai bahan bakarnya.
2. Protein akan memicu rasa kenyang lebih cepat dengan mengirimkan sinyal rasa kenyang dari sistem pencernaan menuju otak.

Asupan protein bisa anda dapatkan dari aneka daging konsumsi (ikan, ayam, sapi), kacang almond, keju, telur, susu atau yogurt. Konsumsi protein harus menyesuaikan kondisi setiap orang dan jenis asupan protein.

Gunakan Lemak Baik

makan banyak langsing sehatLemak dalam tubuh banyak memiliki fungsi, misal sebagai pembentuk asam-lemak esensial, melarutkan enis vitamin tertentu dalam tubuh dan sumber energi dalam tubuh. Dalam ilmu kesehatan, lemak yang baik adalah jenis lemak tak-jenuh (unsaturated).
Adapun jenis lemak baik ini ada dalam beberapa jenis makanan seperti minyak sayur, aneka jenis ikan berlemak omega-3 (salmon, makarel, lele atau trout), biji-bijian semacam flax atau walnut atau olahan peternakan seperti yogurt atau keju.

Jadi, tunggu apalagi. Kombinasikan menu makanan harian anda sesuai dengan petunjuk diatas. Dan nikmatilah makan banyak tetap langsing dan tentu saja sehat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.