Rambut Gatal karena Kutu Rambut? Lakukan 10 Cara ini untuk Menghilangkannya

0

Kutu rambut adalah binatang kecil yang hidup di rambut. Kutu rambut sendiri membuat kepala menjadi gatal bahkan dapat menularkan kepada seseorang apabila rambut kita bersentuhan dengan rambut orang lain. Maka dari itulah, tak heran bila anak kecil dapat dengan mudahnya mendapatkan kutu rambut karena anak kecil senang sekali bermain dengan rambut teman-temannya yang mana pada rambut tersebut ada kutu rambut dan menjadi tertular. Untuk menghilangkan kutu rambut tentunya butuh perjuangan karena kamu harus membasmi biang kutu rambut agar tidak bertelur lagi. Berikut ini cara menghilangkan kutu rambut.

1. Sisir Kutu

cara menghilangkan kutu dengan alami
Image: https://www.fajarindonesia.my.id/

Cara menghilangkan kutu rambut pertama adalah dengan menggunakan sisir kutu. Sisir kutu ini memiliki kerapatan sisir yang sangat rapat. Hal ini akan berguna untuk menarik kutu rambut serta telurnya. Sisir kutu sendiri berbeda dengan sisir yang biasa kita gunakan sehari-hari  karena jika sisir yang biasa kita gunakan memiliki jarak yang lebih lebar.

Biasanya orang-orang memanggil sisir kutu dengan sebutan sisir serit. Ketika sisir serit sudah digunakan, hal ini tidak bisa mengenai semua kutu di rambut secara langsung karena kamu harus menyisir hingga berkali-kali. Selain itu, biasanya kutu dan telur kutu yang didapatkan dari sisir masih dalam keadaan hidup sehingga kamu harus mematikannya sendiri.

2. Cuka

Image: http://kumalart006.blogspot.com

Cara menghilangkan kutu rambut kedua adalah dengan menggunakan cuka. Cuka adalah barang wajib yang perlu ada di dapur kamu karena manfaatnya yang sangat berguna untuk berbagai hal. Cuka sendiri memiliki bau yang khas. Untuk menghilangkan kutu rambut dengan cuka, kamu hanya perlu mencampurkan air cuka dengan air lalu siramkan pada rambut secara rata.

3. Obat Kumur

Image: https://www.listerine.co.id

Cara menghilangkan kutu rambut ketiga adalah dengan menggunakan obat kumur seperti listerine. Obat kumur itu sendiri pastinya memiliki kandungan alkohol sehingga diperlukan kehatian-hatian bila ingin menggunakannya. Bila rambut kamu tidak mempunyai rasa sensitif terhadap alkohol maka obat kumur dapat digunakan. Akan tetapi, jika rambut kamu sensitif maka ada baiknya tidak menggunakan bahan ini. Pastikan sebelum menggunakan obat kumur  pada rambutmu, cuci terlebih dahulu rambut hingga bersih lalu siramkan obat kumur pada rambut.

Ketika obat kumur tersiram pada rambut tentunya akan terasa panas pada rambut karena efek dari kandungan alkohol. Maka dari itulah, jangan sampai terkena mata. Diamkan selama dua jam dan cuci rambut kembali dengan sampo hingga bersih.

4. Bawang Merah

Image: shopify.com

Cara menghilangkan kutu rambut  keempat adalah dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah bisa dibilang adalah rempah-rempah yang sangat luar biasa manfaatnya untuk tubuh manusia.  Walaupun ketika kita memotong bawang merah, hal ini memicu kita untuk menangis karena rasa perih dari bawang merah tersebut.

Selain itu, bawang merah dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut yang ada di rambut kita dengan cara kamu harus menghaluskan bawang merah terlebih dahulu. Setelah itu oleskan pada rambut. Biarkan selama 30 menit dan bersihkan rambut.

5. Jeruk Nipis

Image: https://resepkoki.id

Cara menghilangkan kutu rambut kelima adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis bila kita rasakan mempunyai rasa asam di lidah. Maka dari itulah, beberapa orang menikmati jeruk nipis dengan cara ditambahkan gula bila ingin diminum.

Bila ingin menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis, kamu hanya perlu mengambil air jeruk nipis. Lalu campurkan air jeruk nipis dengan lidah buaya dan usapkan di kepala secara rata. Diamkan campuran tersebut di rambut selama dua jam dan jangan lupa untuk bersihkan rambut kembali.

6. Minyak Zaitun

Image: https://indonesia.findwiki.co

Cara menghilangkan kutu rambut keenam adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Sekarang ini banyak sekali jenis minyak zaitun yang disajikan dalam botol di supermarket. Dalam hal ini, kamu harus bijak dan pintar untuk memilih jenis minyak zaitun sesuai kebutuhanmu apakah untuk memasak atau untuk perawatan tubuh.

Minyak zaitun pun juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut yang sangat menyusahkan di rambut kita sendiri. Caranya kamu hanya perlu memilih minyak zaitun untuk memasak, lalu sebelum mandi oleskan minyak zaitun pada rambut selama satu jam. Lakukan hal tersebut secara teratur agar kutu rambut cepat hilang.

7. Beras

Image: http://agroindonesia.co.id

Cara menghilangkan kutu rambut ketujuh adalah dengan menggunakan beras. Bisa dibilang beras adalah bahan pokok yang kita makan setiap hari. Beras sendiri memiliki jenis dan kualitas yang berbeda. Bila kamu menginginkan nasi yang enak, wangi dan bagus ketika sudah dimasak tentunya kamu harus membeli beras dengan kualitas yang bagus. Akan tetapi, jika kamu ingin diet maka pilihlah beras merah.

Selain untuk dikonsumsi setiap hari, beras juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu rambut di rambut. Caranya dengan merendam beras selama seharian, lalu cuci rambut terlebih dahulu kemudian siramkan air beras pada rambut dengan hati-hati. Biarkan air beras menempel pada rambut selama satu jam dan akhiri dengan mencuci rambut kembali.

8. Obat Peditox

Image: https://www.penjualan.co

Cara menghilangkan kutu rambut kedelapan adalah dengan menggunakan obat peditox. Peditox sendiri bisa dibilang adalah obat yang sangat terkenal untuk membasmi kutu rambut. Untuk mendapatkan peditox sangatlah mudah khususnya di apotik. Cara untuk menggunakan peditox sendiri nyatanya sangatlah mudah, kamu hanya perlu menyiramkan pada rambut. Akan tetapi, sebelumnya rambut harus dalam keadaan bersih terlebih dahulu.

9. Mayonaise

Image: http://arsipshare.blogspot.com

Cara menghilangkan kutu rambut kesembilan adalah dengan menggunakan mayonaise. Mayonaise sendiri biasanya disajikan sebagai cocolan ataupun sambal untuk berbagai jenis makanan agar makanan menjadi semakin enak dan berasa. Selain itu, mayonaise juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut yang sangat menyebalkan. Kamu hanya perlu mengoleskan mayonaise pada rambut, setelah itu diamkan selama 6 jam dan cuci rambut hingga bersih.

10. Bawang Putih

Image: https://www.apasajaada.com

Cara menghilangkan kutu rambut kesepuluh adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih biasanya diolah menjadi bumbu dan dimasak oleh kita. Jarang sekali orang memakan bawang putih dalam keadaan mentah karena bawang putih akan terasa pedas di lidah. Selain diolah untuk bumbu makanan, bawang putih juga dapat membasmi kutu rambut. Kamu hanya perlu menghaluskan bawang putih terlebih dahulu, lalu campurkan dengan air jeruk nipis. Usapkan bahan tersebut pada rambut secara merata selama satu jam.

Menghilangkan kutu rambut di rambut tentunya sangat susah dan dibutuhkan konsisten oleh kita agar kutu rambut benar-benar pergi dari rambut. Kutu rambut sendiri tidak boleh dianggap remeh karena hal ini dapat membuat malu diri kita di depan orang lain.

Selain itu pula, kutu rambut pun juga dapat menularkan kepada orang lain. Maka dari itulah, kamu perlu rajin untuk menghilangkan kutu rambut dengan bahan-bahan di atas. Di samping itu pula, kita juga perlu bersabar karena menghilangkan kutu rambut membutuhkan proses yang lama bila kita ingin bebas dari kutu rambut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.