Resep Bawang Goreng Renyah dan Enak

0

Di dalam menu-menu tradisional Indonesia, kehadiran bawang goreng adalah suatu keharusan. Terutama jika bersantap ditemani nasi hangat. Seperti masakan tanah air yang sangat lekat dengan bumbu bawang merah dan bawang putih. Maka bawang goreng akan memberikan citarasa istimewa pada setiap masakan. Aroma bawang goreng yang khas begitu memanjakan indera penciuman.

Siapa saja yang sebelumnya berkurang nafsu makan, akan jadi lahap makan jika mencium aroma bawang goreng yang sedap dan harum. Penasaran, bagaimana resep membuat bawang goreng yang renyah dan sedap? Kami sudah merangkum tips-tips dari berbagai sumber untuk Anda. Selamat membaca…

potongan_bawang_gorengPemilihan Bawang

Bawang goreng akan terasa lebih nikmat dan menarik mata, jika potongannya rapi, halus dan tipis. Usahakan untuk memilih bawang merah yang berukuran sedang dan segar.

Rajang Tipis

Bawang goreng harus diiris tipis agar mendapatkan tekstur yang renyah. Oleh karena itu, beli saja alat pemotong bawang merah yang praktis sehingga Anda dapat memotong bawang merah atau bawang putih dengan ukuran tipis yang sama dalam waktu singkat.

bawang-goreng-in-basket

Beri Tepung

Bawang goreng yang memiliki tekstur renyah membutuhkan sedikit resep tambahan. Yaitu taburan tepung. Benar, tepung yang ditambahkan di atas irisan tipis bawang akan membuat bawang goreng menjadi lebih krispi dan garing. Jangan lupa, tambahkan pula sedikit garam untuk menambah cita rasa.

Kestabilan Api

Hindari memakai api besar ketika menggoreng bawang, jika tidak bawang goreng akan mudah gosong dan berasa pahit. Lebih baik goreng dengan api sedang atau api kecil secara perlahan, segera angkat jika bawang goreng sudah berubah warna menjadi keemasan.

Cara Penyimpanan Bawang Goreng

Satu hal yang tak kalah penting adalah penyimpanan bawang goreng. Bawang goreng yang baru saja digoreng tentu masih memiliki tekstur yang krispi dan garing. Namun, jika Anda kurang hati-hati saat menyimpannya, bawang goreng akan mudah berbau apek dan menjadi lembek atau kurang krispi. Pastikan bahwa bawang goreng benar-benar kering dari minyak sebelum disimpan. Angin-anginkan sebentar hingga suhu bawang goreng menjadi dingin. Bersihkan toples atau wadah tertutup. Bila perlu jemur di bawah sinar matahari langsung untuk menghindari toples berbau apek. Bila dirasa sudah bersih, sekarang simpan bawang goreng yang sudah ditaruh dalam plastik ke dalam toples dan tutup rapat-rapat.

Dengan cara itu, bawang goreng akan tetap renyah dan enak meski disimpan berhari-hari. Coba tipsnya ya. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.