Resep Buat Telur Asin Sederhana di Rumah

0

Dari segi cita rasa dan waktu simpan, telur asin memegang urutan teratas kategori makanan oleh-oleh khas Indonesia. Telur bebek yang diasinkan ini memiliki rasa yang gurih dan lembut seperti mentega. Di samping itu, telur bebek juga memiliki kandungan gizi yang melimpah. Ada protein, kalsium, DHA serta rendah kolesterol.

Untuk membuat telur asin di rumah, tidak membutuhkan banyak bahan baku dan persiapan. Apa saja yang diperlukan untuk membuat telur asin di rumah? Inilah ulasan yang wajib Anda simak…

Persiapan bahan-bahan:

  • Telur bebek 10 butir
  • ½ kg garam
  • Satu setengah liter air
  • Wadah plastik atau toples plastik yang bisa ditutup serapat mungkin

 Langkah untuk membuat telur asin:

  1. Pastikan untuk memilih telur asin yang masih segar dan kondisinya bagus. Untuk memeriksanya sangat mudah, cukup rendam telur apabila telur tenggelam berarti masih dalam kondisi yang bagus.
  2. Cuci telur bebek dengan hati-hati memakai spons kasar untuk membersihkan dari sisa kotoran yang menempel sekaligus memudahkan pori-pori cangkang kulit telur terbuka. Hal ini penting untuk proses penggaraman.
  3. Apabila dirasa sudah bersih, susun telur di dalam toples dengan teratur. Sisihkan.
  4. Larutkan garam dan air.
  5. Kemudian masukkan larutan garam ini ke dalam wadah toples hingga merendam telur.
  6. Agar kondisi telur senantiasa tenggelam, gunakan plastik yang diisi air untuk menekan tapi tidak menghancurkan telur.
  7. Kemudian, tutup toples serapat mungkin.
  8. Biarkan telur selama minimal 2 minggu. Untuk hasil terbaik, sebaiknya telur direndam dalam jangka waktu sekitar 3 minggu.
  9. Setelah 3 minggu, telur bisa diambil dan dicuci sampai bersih. Lalu dikukus hingga matang selama satu jam.
  10. Telur asin sudah siap untuk disantap. Akan lebih enak jika anda suguhkan bersama rawon daging.

Demikianlah langkah demi langkah membuat telur asin di rumah yang sangat sederhana tapi efektif untuk membuat telur berasa asin. Tidak sulit, kan? Semoga menambah inspirasi Anda untuk segera mempraktikkan telur asin di rumah ya. Selamat mencoba tips membuat telur asin.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.