Resep Mudah Membuat Susu Kedelai Lezat Kaya Nutrisi

4

Hayo, siapa yang suka susu kedelai? Tidak hanya anak-anak, orang dewasa sebenarnya juga masih memerlukan susu untuk dikonsumsi secara rutin. Berbeda dengan susu sapi yang kaya lemak dan protein hewani, susu kedelai lebih rendah lemak dan mengandung protein nabati yang ampuh untuk mengurangi berbagai risiko penyakit. Sebut saja mampu mengurangi risiko penyakit diabetes, sakit jantung serta membuat Anda kenyang dalam waktu yang lama sehingga lebih mudah mengendalikan nafsu makan bagi pelaku diet.

Susu kedelai yang rendah gula umumnya menjadi pilihan yang bijak dan sehat jika Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan atau menjaga gula darah yang stabil. Akan tetapi, sekarang mulai banyak pedagang susu kedelai yang mencampurkan gula langsung sehingga kita tidak bisa mengetahui takaran gula yang sesuai. Nah, akan lebih baik jika Anda membuat sendiri susu kedelai di rumah. Selain lebih hemat bujet, tentunya susu kedelai buatan sendiri akan jauh lebih sehat dan higienis karena Anda sendiri yang menentukan jumlah gula dan kedelainya.

Tak perlu bingung, membuat susu kedelai di rumah tidaklah sulit kok. Enggak percaya? Silakan ikuti resep mudah membuat susu kedelai berikut ini (dijamin berhasil dan enak, kak):

Cara Membuat Susu Kedelai Lezat dan Kaya Nutrisi

  1. Pertama cuci kacang kedelai hingga bersih.
  2. Setelah itu, rendam kacang kedelai ini di dalam wadah berisi air lalu biarkan hingga satu malam agar kacang kedelai lebih cepat empuk.
  3. Keesokan hari, kupas kulit ari yang membungkus kacang kedelai hingga bersih.
  4. Sekarang, siapkan blender, dan masukkan 1 gelas kacang kedelai dengan 3 gelas air.
  5. Haluskan selama kurang lebih 1-2 menit atau hingga kacang kedelai seperti susu.
  6. Jika sudah matikan blender, lalu saring susu kedelai.
  7. Rebus susu kedelai hingga mendidih agar lebih steril, tambahkan sedikit garam, vanili serta daun pandan.
  8. Aduk perlahan, susu kedelai sudah siap disajikan.

Seperti susu kedelai umumnya yang bisa dijumpai di pasaran, Anda bisa menambahkan perasa makanan alami seperti daun pandan, vanila, cokelat, stroberi atau jeruk sesuai keinginan. Tambahkan perasa ini satu tetes saja agar tidak mempengaruhi kandungan nutrisinya.

Susu kedelai kini siap diminum secara teratur. Dengan mengonsumsi susu kedelai secara rutin, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan kesehatan seperti menurunkan kolesterol, menjaga berat badan ideal, menguatkan tulang serta meningkatkan imunitas. Selamat menikmati susu kedelai. (terasluar-Detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

4 Comments
  1. […] Demikian cara mudah membuat menu ubi daging cincang yang penuh gizi untuk hari anda yang penuh kesibukan. Jangan lupa juga untuk rutin mengkonsumsi Susu Kedelai yang Baik untuk Kesehatan Anda. […]

  2. Andi Saiful says

    susu kedelai itu lebih enak daripada susu sapi ya?atau gimana..

  3. Andi Saiful says

    Susu kedelai sama susu sapi lebih enakan mana min???

    1. admin says

      Saya masih prefer susu sapi tapi susu kedelai bisa jadi alternative bagi yang alergi laktosa dan terkadang saya juga mengkonsumsi susu kedelai karena manfaatnya namun tidak setiap hari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.