Resep Telur Mata Sapi Bulat dan Cantik Seperti Bikinan Chef

0

Membuat telur mata sapi kelihatannya sangat mudah. Cukup memecahkan telur lalu jatuhkan di atas penggorengan. Bolak-balik hingga kedua sisi matang, angkat dan telur mata sapi sudah siap disantap. Namun, coba lihat hasilnya. Terkadang telur mata sapi penampilannya kurang menarik, kuning telur tidak berada pas di tengah, tidak bisa bulat dan berwarna kuning cantik, atau bahkan telur kurang matang di bagian kuning telurnya. Wah, sungguh jauh jika dibandingkan dengan telur mata sapi bikinan para chef handal.

Tapi, jangan mudah menyerah. Kendati, Anda bukanlah seorang chef pro, membuat telur mata sapi yang bulat, dengan kuning telur yang cantik dan matang tidak begitu sulit. Hanya membutuhkan sedikit trik dan keahlian menggoreng. Seperti apa ya langkah-langkah membuat telur mata sapi yang bulat dan tampilannya menarik bak bikinan para chef? Ini dia langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

Langkah membuat telur mata sapi yang bulat dan menarik:eggs-break

1. Panaskan minyak sayur di atas penggorengan
2. Pastikan suhu minyak sudah panas dengan cara memasukkan sendok dari kayu ke dalam minyak panas, jika sudah muncul gelembung-gelembung kecil berarti minyak sudah cukup panas untuk menggoreng.
3. Pecahkan telur, kemudian secara perlahan buka dan jatuhkan di atas minyak dengan kondisi kuning telur tetap utuh dan tidak pecah.
4. Sekarang, mulai teknik menggoreng dengan api kecil.
5. Agar telur matang dengan kuning telur yang bulat dan cantik, jangan dibalik. Melainkan, cipratkan sedikit air ke dalam minyak, kemudian tutuplah wajan tersebut. Uap air yang panas akan membuat kuning telur matang tanpa harus dibalik sehingga mempertahankan tampilan yang bulat dan cantik.
6. Masak hingga tepian telur menjadi kecoklatan dan renyah, lalu angkat.
7. Telur sudah jadi.

telur mata sapiSatu tips tambahan, apabila menginginkan kuning telur setengah matang, maka proses menggoreng di atas bisa dihentikan ketika kuning telur warnanya setengah oranye. Sebaliknya, Anda bisa menyiramkan minyak panas ke tengah kuning telur untuk mempercepat pematangan kuning telur. Anda bisa memamerkan keahlian membuat telur mata sapi yang bulat dan menarik ini pada anak-anak atau pasangan sebagai pelengkap mie atau nasi goreng. Jangan ragu untuk mencoba mempraktikkan tips di atas ya. (terasluar-Detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.