Semangka, Rasa Segar dan Kaya Manfaat

0

Siapa yang tidak mengenal buah bulat satu ini. Warna buahnya yang segar menggoda selalu ada di sepanjang tahun, baik musim hujan maupun kemarau, semangka banyak dijumpai baik di pasar, toko buah, supermarket bahkan di pinggir jalan. Buah tropis ini banyak di sajikan di berbagai suasana, dan juga bisa ditambahkan dalam es buah, kue, jus, dan lain-lain. Semangka mempunyai macam-macam jenis yaitu ada semangka berbiji, semangka tanpa biji, semangka kuning, semangka merah, semangka bulat, dan semangka lonjong. Artikel kita kali ini akan membahas manfaat semangka.

Sejarah Semangka

Menurut sejarah semangka berasal dari gurun Kalahari, Afrika. Kira-kira 5000 tahun yang lalu buah semangka di panen di Mesir. Kepercayaan Mesir kuno mengatakan semangka berguna untuk memberi makan roh yang telah mati sehingga buah ini disertakan dalam penguburan orang yang telah meninggal khususnya para raja.

Dijaman sekarang berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui berbagai macam khasiat buah-buahan termasuk semangka. Ternyata, di balik kesegaran dan warna terangnya yang mencolok, semangka menyimpan banyak manfaat termasuk untuk ibu hamil. Semangka tercatat sebagai buah yang kaya mineral dan vitamin.

kandungan air pada semangka

Kadar Air yang Tinggi

Semangka termasuk buah yang memiliki kadar air tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi orang yang bermasalah dengan buang air kecil seperti anyang–anyangan (susah kencing) dan gangguan kandung kemih. Dalam daging buah mengandung 93,4% air. Kombinasi kadar air dan kalium yang tinggi dapat merangsang keluarnya air seni lebih deras. Selain itu karena kandungan airnya yang banyak, manfaat semangka bisa sebagai penurun demam dan mencegah terjadinya sariawan. Untuk mendapatkan manfaat semangka, jangan lupa makan bagian hijau atau putihnya juga.

semangka anti kanker anti-oksidan

Anti Kanker

Selain manfaat di atas semangka ternyata juga antikanker karena buah rendah kalori ini mempunyai kandungan likopen yang tinggi. Dibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen jauh lebih ampuh dalam memerangi radikal bebas. Menurut penelitian setiap satu molekul likopen mampu menghabisi beberapa molekul radikal bebas sekaligus. Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Kandungan likopen yang tinggi dalam semangka bisa terlihat dari warna merahnya yang menyala. Oleh karena itu para ahli gizi menyarankan mengkonsumsi semangka merah daripada yang berwarna kuning.

Semangka bisa dikonsumsi sehari-hari terutama di musim kemarau. Selain membantu dalam mensuplai kebutuhan cairan dalam tubuh juga dapat menyusutkan risiko berbagai macam kanker seperti kanker mulut rahim, kanker pencernaan, kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, dan kanker anus.

semangka anti penuaan dini

Pencegah Penuaan Dini

Bagi lansia manfaat semangka juga bagus karena menyegarkan kulit sehingga terlihat awet muda dan tidak mudah kendur.Selain itu, likopen berguna untuk membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.

semangka baik untuk kehamilan dan janin

Merangsang Pertumbuhan Janin

Khususnya bagi ibu hamil semangka juga sangat bagus untuk dikonsumsi. Para ibu hamil yang sering mual di awal kehamilan bisa makan buah ini untuk mengurangi gejalanya. Selain itu manfaat semangka juga meringankan rasa panas pada perut, sebagai penambah cairan tubuh, pencegah kram otot pada trimester pertama, dan membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin sehingga janin terjaga kesehatannya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.