Sering Lupa? 15 Cara Ini Bisa Membantumu Dalam Menghafal

0

Ketika kita sedang belajar pastinya otak akan menerima banyak sekali asupan pengetahuan yang begitu banyak. Namun sayangnya tidak semua pengetahuan tersebut dapat tersimpan dengan baik. Bahkan baru beberapa menit pun kita bisa lupa dengan apa yang kita pelajari. Maka dari itu, otak sendiri perlu dilatih agar bisa mengingat dengan baik. Salah satunya adalah dengan cara menghafal. Berikut ini cara mudah menghafal agar tidak mudah lupa.

1. Tulis Ulang Pelajaran Kembali

Cara mudah menghafal yang pertama adalah dengan cara kamu menulis ulang pelajaran kembali dengan tulisan tangan. Hal yang sudah kamu pelajari sebelumnya sebaiknya kamu tulis ulang kembali. Selain membuat otakmu menjadi ingat kembali. Hal ini juga membuatmu belajar sebanyak 2 kali. Ketika sedang menulis mungkin saja kamu akan lelah namun hasilnya kamu dapat mengingat pelajaran dengan baik.

2. Buat Kata Kunci

Otak manusia pastinya akan sulit untuk mengingat jika terlalu panjang. Untuk itu pula maka kamu harus membuat kata kunci yang mana akan memudahkanmu untuk mengingat. Sebuah kata kunci pastinya akan berkaitan dengan pelajaranmu. Selain itu, gunakan kata kunci yang mudah dimengerti agar kamu dapat mengingat kembali materi dengan baik.

3. Membaca Ulang Kembali

Salah satu cara yang mudah dilakukan untuk mudah menghafal adalah dengan cara kita membaca ulang kembali materi. Bacalah materi kembali di tempat yang sunyi sehingga kamu dapat berkonsentrasi. Waktu yang tepat untuk membaca adalah ketika pagi hari setelah bangun tidur atapun sebelum tidur. Membaca ulang membuat otakmu berpikir kembali dengan baik.

4. Belajar Kelompok

Bila kamu sulit untuk belajar sendiri maka kamu dapat mencoba belajar secara kelompok. Dengan belajar secara kelompok dan belajar secara mandiri pastinya mempunyai kesan yang berbeda. Ketika belajar kelompok pastinya kita bisa berdiskusi dengan yang lainnya. Namun berbeda bila kita belajar sendiri tentunya kita memecahkan masalah secara sendiri. Belajar kelompok juga bermanfaat yang mana dapat mempermudah untuk menghafal.

5. Tidur yang Cukup

Tidur pun juga merupakan waktu penting agar kamu mudah menghafal. Di saat kamu memiliki waktu tidur yang cukup pastinya otak akan bekerja dengan baik. Namun bila kita tidak mempunyai waktu tidur yang cukup dan otak dipaksa untuk berpikir pastinya hasilnya tidak maksimal. Otak sendiri juga butuh istirahat dengan cara tidur. Setelah bangun tidur barulah kamu dapat belajar dengan baik.

6. Minta Temanmu Untuk Memberikan Pertanyaan

Cara lain untuk kamu agar mudah menghafal adalah dengan cara meminta teman untuk memberikan pertanyaan kepada dirimu dari catatanmu sendiri. Pastinya hal ini akan membuat otak menjadi bekerja karena berpikir kembali. Hal yang perlu dilakukan adalah kamu harus giat belajar agar bisa mengingat materi dengan baik.

7. Membuat Ruang Belajar Menjadi Nyaman

Faktor penting yang dapat mempermudah kamu untuk menghafal adalah dengan membuat ruang belajar kamu menjadi nyaman. Ketika ruang belajar nyaman pastinya hal ini membuat dirimu nyaman untuk berpikir. Selain itu, dengan ruang belajar yang nyaman pula kamu dapat berkonsentrasi dengan baik untuk berpikir.

8. Rekam Materi dalam Suara

Salah satu hal yang dapat mempermudah kamu untuk menghafal adalah dengan cara merekam materi dalam audio. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah tentu kamu harus merekam suaramu terlebih dahulu. Setelah itu kamu dapat mendengarkan suaramu di mana pun dan kapanpun tanpa perlu membuka buku kembali.

9. Membuat Sebuah Cerita

menghafal-dengan-menulis-ceritaBila kamu sulit mengingat dengan suatu hal yang panjang maka membuat sebuah cerita dapat menjadi solusi untuk kamu mudah menghafal. Buatlah sebuah cerita yang merangkai antara satu materi dengan materi lain. Pastinya dengan hal ini dapat mempermudah untuk kamu mengingat. Selain itu, gunakan bahasa dan cerita yang sederhana agar kamu mudah mengerti.

10. Hafalkan Sedikit Demi Sedikit

Otak kita ternyata tidak bisa menampung materi dengan banyak. Oleh karena itu saat menghafal ada baiknya bila kita menghafal sedikit demi sedikit. Latihlah otak untuk menghafal setiap hari agar otak tidak kewalahan mengingat materi yang ada. Bila perlu buat jadwal agar tidak lupa ketika menghafal.

11. Makan Makanan yang Bergizi

Makanan yang kita makan ternyata juga mempengaruhi otak kita untuk berpikir. Hindari msg yang mana membuat otak kita menjadi tidak sehat. Selain itu, perbanyak sayur-sayuran serta buah-buahan. Bila perlu minum susu setiap harinya.

12. Mengajarkan Kepada Orang Lain

menghafal-dengan-mengajarkan-kembali-ke-orang-lainCara mudah menghafal yang sangat terpuji bila kita lakukan adalah kita mengajari orang lain. Mengajari orang lain tentunya kita menuangkan ilmu yang ada pada otak kita sendiri. Selain itu, ilmu yang kita ajarkan kepada orang lain akan terus tersimpan karena kita perlu mengisi kembali dengan cara mempelajari materi kembali sebelum mengajar.

13. Meringkas Materi

Sebuah materi yang padat dapat kamu ringkas menjadi semakin pendek. Hal ini akan mempermudah kamu mempelajarinya bahkan mempermudah kamu untuk menghafal. Meringkas materi sama saja kamu mencatat hal-hal yang penting. Ringkaslah bagian-bagian yang penting dan buanglah bagian materi yang tidak terlalu penting.

14. Menghafal dengan Membaca Keras

Ada beberapa orang yang memiliki gaya belajar yang khas. Contohnya saja ketika  menghafal harus membaca dengan keras. Membaca dengan keras sendiri nyatanya diperbolehkan. Membaca keras sendiri membuat alam  bawah sadar ikut bekerja agar menghafal. Namun ketika membaca keras kamu perlu memperhatikan lingkungan sekitar apakah sangat menganggu atau tidak. Bila perlu carilah tempat yang sunyi agar tidak menganggu orang lain.

15. Menjadikan Materi Pelajaran Sebagai Game

Cara mudah menghafal adalah dengan menjadikan materi sebagai game. Ada beberapa materi atau pelajaran yang disusun seperti sebuah game. Hal ini dikarenakan agar membuat kita mudah mengerti. Beberapa anak pun bahkan menyukai materi bila disusun dalam sebuah game.

Menghafal sendiri tentu saja bukanlah perkara yang  mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan sebuah konsentrasi yang tinggi pastinya dalam berpikir. Maka dari itu, lupakan segala hal permasalahan yang ada, dengan begitu kamu akan mudah mengingat.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.