Tanaman Hias Ini Selain Mempercantik, Ternyata Juga Memiliki Manfaat

0

Memiliki hunian yang hijau akan membuat jiwa terasa lebih tentram. Selain memanjakan mata, memiliki tumbuhan hijau di rumah juga memiliki berbagai manfaat jika anda cerdas dalam  memilih tumbuhan untuk ditanam. Beberapa tanaman hias yang di bawah ini mungkin akan membantu anda dalam mempertimbangkan pemilihan tumbuhan untuk rumah anda. Yuk simak!

Lidah Mertua

Lidah Mertua - Sansevieria
https://www.jamuin.com

Tanaman hias yang satu ini dapat ditanam di luar rumah membentuk gerombolan sejajar tanpa pot maupun ditaruh sebagai hiasan dalam rumah menggunakan pot. Bentuknya yang memanjang ke atas, tidak terlalu makan tempat, dan berwarna hijau dengan tepian kuning membuat tanaman ini menambah nilai estetika di dalam rumah. Namun, selain dapat memperindah ruang tamu, tanaman ini memiliki manfaat lainnya lho.

 

Lidah Mertua terkenal sebagai tanaman penyerap polusi paling banyak. Cocok untuk hunian yang berlokasi di pinggir jalan raya maupun di ruang yang memiliki anggota keluarga yang merokok.  Polusi yang diserap akan diubah menjadi oksigen yang bermanfaat untuk ruangan. Tanaman ini juga tepat ditempatkan di ruangan dengan barang-barang elektronik seperti di ruang keluarga dimana terletak televisi atau di ruang kerja dengan computer karena lidah mertua juga dapat menyerap radiasi.

Kaktus

kaktus mini
https://www.dekoruma.com

Sering membuka instagram dan menemukan orang-orang berjualan kaktus di pot-pot lucu? Sekarang mungkin kamu akan mempertimbangkan untuk membelinya, karena tanaman yang satu ini selain menambah segar suasana ruangan, ia juga memiliki berbagai manfaat. Tanaman hias ini akan cocok ditaruh di kamar, karena ternyata kaktus dapat membuat tidur seseorang menjadi lebih berkualitas. Hal ini disebabkan karena kaktus dapat menghasilkan oksigen yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan menyerap polusi dan radiasi.

Kaktus juga dapat membuat seseorang lebih konsentrasi dan mengurangi stress. Tentu saja karena pikiran akan lebih tenang setelah melihat tanaman ini dan kemampuannya menyegarkan udara di ruangan.

Lidah Buaya

aloe vera
https://beritagar.id

Tanaman hias ini sering ditemukan di halaman rumah. Akan tetapi, lidah buaya sebenarnya akan terlihat bagus ditaruh di dalam rumah lho. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, tanaman ini memiliki berbagai macam khasiat untuk kecantikan. Mulai dari melembabkan kulit kering hingga untuk perawatan rambut.

Tanaman hias ini juga bisa digunakan sebagai bahan dasar makanan yang tentunya juga memiliki berbagai macam kandungan baik untuk tubuh. Terakhir, lidah buaya ternyata juga dapat membersihkan udara dari formalin dan benzene yang biasanya terkandung dalam produk pembersih dan juga cat.

Spider Plant

Spider Plants (Chlorophytum)
https://www.thespruce.com

Spider plant adalah tanaman berdaun tipis dan panjang. Biasa ditanam di luar rumah sebagai tanaman hias. Namun, tanaman ini juga cocok ditaruh di pot gantung sebagai penghias ruangan. Seperti tanaman-tanaman sebelumnya, spider plant cocok untuk ditaruh di ruangan karena selain dapat memperindah, tanaman ini juga dapat membersihkan udara dengan menyerap 90% racun di udara hanya selama dua hari saja.

Berbeda dengan tanaman hias gantung seperti bunga Anggrek yang memiliki perawatan yang sedikit ribet, spider plant memiliki perawatan yang cukup mudah. Akan tetapi, anda sebaiknya menaruh tanaman ini di luar ruangan ketika hari sudah gelap karena sifatnya yang menyerap oksigen saat malam hari.

Sirih Gading

Taro VineTanaman hias ini merupakan salah satu jenis tumbuhan sirih. Habitat asli sirih gading adalah di pohon, dan tembok. Meskipun sifatnya yang merambat, tanaman ini akan cocok ditaruh di dalam rumah sebagai tanaman penyerap racun. Perawatan tanaman ini sangat mudah, bisa ditaruh dengan media air maupun tanah dalam pot gantung dan ia akan tumbuh secara cepat dengan sendirinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.