Tip Jitu Tangkal Berita Palsu. Apa Saja?

0

Maraknya penyebaran berita hoaks di media sosial membuat kita harus berhati-hati dalam memilah dan memilih berita yang beredar di internet, khususnya di media sosial yang lebih rawan terdapat berita hoax.

Terlebih lagi, saat ini sudah memasuki masa kampanye, dimana para tim sukses pasangan calon masing-masing, hingga bakal calon anggota legislatif menyuarakan aspirasi mereka kepada masyarakat luas. Kampanye nya pun beragam, mulai dari konten visual yang berupa pamflet, baliho, poster, hingga berupa video yang dikemas dengan begitu menarik untuk menarik minat calon pemilihnya.

Oleh karena itu, untuk mendapati informasi yang akurat dan terpercaya kita harus melakukan beberapa hal agar terhindar dari berita hoax yang disebarkan oleh penyebar berita. Berikut ini tip yang bisa kamu lakukan untuk menangkalnya:

1. Jangan Percaya Dengan Judul yang Bombastis

Berita palsu kerap memiliki judul yang bombastis yang identik dengan huruf kapital dan tanda seru. Jika judulnya tampak mengejutkan dan kurang dipercaya, jangan mudah percaya dengan isinya ya. Bersikaplah lebih skeptis dan teliti lagi akan kebenaran dari berita tersebut.

2. Hati-Hati Terhadap URL Palsu

Penyebar hoax biasanya memberikan URL palsu yang sengaja dibuat semirip mungkin dengan sumber aslinya. Oleh karena itu, banyak situs berita palsu yang berterbaran yang dimana mereka berpura-pura menjadi sumber berita terpercaya dengan mengubah alamat URL nya.

Nah, untuk mengecek keasliannya, pengguna internet hanya perlu membuka situs tersebut dan membandingkan URL dengan sumber lain yang sudah bisa dipastikan dan terpercaya.

3. Selidiki Sumber

Sebelum membaca satu berita, sebaiknya pastikan lebih dulu apakah sumber tersebut akurat atau tidak. Jika berita berasal dari organisasi yang tidak dikenal, alangkah baiknya untuk membaca lagi dengan teliti mengenai seluk beluk situs tersebut.

4. Cek Keaslian Foto

Berita palsu sering kali memuat gambar atau video yang sudah dimanipulasi. Jika TemanBaik ragu dengan keaslian foto tersebut, telusurilah foto tersebut melalui Google Images untuk mencari tahu sumber asalnya.

5. Bandingkan dengan Sumber Lain

Untuk mengetahui berita tersebut valid atau tidak, bandingkanlah dengan sumber dari situs berita ternama lainnya. Jika tidak ada sumber lain yang melaporkan berita yang sama, bisa dipastikan bahwa berita tersebut adalah berita palsu.

Melaporkan Berita Hoax

Beragam konten negatif tentang hoax hingga ujaran kebencian bisa dengan mudah ditemukan di linimasa. Sebagai pengguna internet, kita mungkin sering merasa terganggu dengan adanya konten-konten tersebut yang tidak enak dibaca dan dikonsumsi sehari-hari.

Nah, ternyata ada cara untuk mencegah berita negatif atau hoax agar tidak tersebar luas. Pengguna internet bisa melaporkan berita hoax melalui sarana yang tersedia di masing-masing platform, mulai dari media sosial hingga situs pelaporan khusus.

Untuk kalian yang menggunakan media sosial Facebook, kamu bisa menggunakan fitur Report Status dan kategorikan informasi hoax tersebut sebagai ujaran kebencian, kekerasan, kata kasar, gangguan atau kategori lainnya yang sesuai. Jika ada banyak aduan dari pengguna internet lainnya, biasanya Facebook akan langsung menghapus status tersebut.

Jika kamu menemukan konten negatif di Google, TemanBaik bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila berita tersebut mengandung informasi palsu.

Sedangkan untuk pengguna Twitter, media sosial ini memiliki fitur Report Tweet untuk melaporkan twit yang berbau negatif, demikian juga dengan Instagram yang mempunyai fitur serupa.

Di samping itu, para pengguna internet lainnya juga dapat mengadukan konten negatif ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat [email protected]

Ada pula situs data.turnbackhoax.id yang dapat menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax juga sekaligus berfungsi sebagai database yang berisi referensi berita hoax dari berbagai sumber.

Berikut salah satu video dari viva.co.id mengenai, bagaimana melaportkan berita hoax. Jika ada saran ataupun uneg-uneg bisa ditulis langsung di kolom komentar dibawah ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.