Tips Cegah Kakak Cemburu Pada Adik yang Baru Lahir

0

Duh, betapa senangnya melihat si kecil sebagai anggota termuda dalam keluarga bisa terlahir dengan sehat dan selamat. Semua orang mulai dari kakek, nenek, paman, bibi beserta suami turut sumringah dan tersenyum lebar. Tapi, tengoklah ada satu orang di rumah yang mungkin cemberut karena merasa cemburu dengan si adik bayi yang telah mencuri perhatian dan kasih sayang orang-orang di rumahnya.

Dialah sang kakak. Si sulung kerap merasa cemburu ketika adik kecilnya baru lahir seketika mencuri perhatian dan kasih sayang orang tua. Jika selama ini perhatian orang tua tercurah untuk kakak seorang, setelah kehadiran adik bayi, maka orang tua menjadi lebih berat kasih sayang kepada sang adik. Hati-hati wahai orang tua, bisa-bisa kecemburuan kakak yang dibiarkan bisa menjadi bola salju yang kian membesar dari hari ke hari dan berdampak buruk pada hubungan saudara.

Tidak perlu cemas, kecemburuan kakak pada adik bayi bisa diatasi dengan mudah asalkan Anda segera mengenali perubahan emosi kakak. Agar lebih jelas, cobalah membaca terus artikel ini sampai habis ya…

Mulai Perkenalkan Adik Ketika Dalam Kandungan

sister-and-her-mother-wombJangan biarkan kakak merasa kehadiran adik merebut kasih sayang orang tua. Peribahasa mengatakan tak kenal maka tak sayang. Jadi, sejak ibunda mengandung adik bayi, segera perkenalkan dan beritahu kakak bahwa ia akan memiliki adik. Mungkin, Anda bisa mengajaknya ketika memeriksakan diri ke dokter atau melihat foto USG adik kecil di dalam perut ibu.

Ajarkan Kasih Sayang Kepada Adik Bayi Lewat Permainan

siblings_playsDi sela-sela bermain, sisipkan pula pelajaran tentang memberikan kasih sayang pada adik bayi. Adik bayi yang masih kecil sangat lemah dan membutuhkan bantuan orang-orang di rumah. Jika kakak adalah anak perempuan, sediakan boneka dan berpura-pura mengganti popok atau menggendong. Jika kakak adalah anak lelaki, orang tua bisa mengajarkan bahwa adik bayi perlu dijaga dan dilindungi, sebagai seorang kakak lelaki maka ia harus mampu membuat adiknya aman dan tak boleh menyakitinya.

Jadikan Ia Kakak Terbaik

BoysRunningHoldingHandsCropBerikan pujian apabila kakak berhasil menjaga adik bayi dengan baik. Bila perlu, berikan ia hadiah seperti mainan atau kejutan kue favoritnya. Yakinkan pada kakak bahwa ia seharusnya senang memiliki adik karena kelak ia bisa bermain bersama dan tidak akan pernah merasa kesepian atau sendirian lagi di rumah.

Selamat merayakan buah hati yang baru saja lahir ya… (terasluar-Detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.