Tips Cerdas Atasi Anak Susah Makan

0

Setiap orang tua pasti pernah mengalami masa-masa di mana anak sulit sekali diminta makan. Jangankan diminta makan nasi atau lauk, sesuap saja sangat sulit lantaran si kecil justru menutup rapat-rapat kedua mulutnya dengan tangan. Wah, kalau sudah begini, orang tua dilarang emosi ya. Kekerasan atau emosi tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada malah anak jadi makin trauma dan mogok makan.

Jangan khawatir, ketika anak suka pilih-pilih makanan dan sepertinya nafsu makan menurun, ada beberapa trik cerdas yang bisa Anda coba. Mudah-mudahan tips berikut ini bisa mengatasi masalah anak-anak yang susah makan ya:

Kreasikan Makanan

fun-with-foodBisa dikatakan, Anda ingin membuat anak jatuh cinta dulu dengan makanan. Ini dimulai dari pandangan mata. So, kreasikan makanan dengan aneka warna-warni sayuran seperti tomat merah, paprika kuning, wortel oranye dan sebagainya. Warna yang menarik ternyata juga bisa meningkatkan selera makan. Kemudian, buat makanan ke dalam cetakan-cetakan lucu, misalnya nasi dicetak berbentuk boneka atau membentuk nasi goreng seperti wajah orang tersenyum, dan sebagainya.

Serunya Makan Pakai Tangan Sendiri

Kalau biasanya orang tua harus menyuapi si kecil, lalu ia menjadi sulit makan, bisa jadi ini karena ia ingin mencoba makan dengan tangannya sendiri. Belikan saja anak peralatan makan yang lucu dan menarik seperti piring, mangkuk, gelas, dan sendok plastik yang memiliki gambar kartun. Acara makan pasti akan menjadi hal yang menyenangkan bagi si kecil.

kids-cookingResep-resep Baru

Anak-anak yang sulit makan juga bisa dipengaruhi karena faktor kebosanan dengan jenis makanan yang sama dari hari ke hari. Anda harus pandai menyiasati menu. Tidak harus mahal, bahkan dari bahan yang sama masih bisa diolah dengan cara berbeda, misalnya jika anak senang telur. Buat saja hari ini telur rebus, telur puyuh, perkedel, mie dan sebagainya. Anda juga bisa mencampurkan aneka makanan dengan sayuran agar si kecil juga mendapat serat yang sehat dari sayuran.

Diajak Bermain Agar Ia Cepat Lapar

kids-playingTeknik berikutnya adalah teknik yang sangat dasar. Anak yang susah makan, sebaiknya diajak makan ketika ia memang benar-benar lapar. Tidak mengapa jika si kecil mungkin hanya makan dua kali dalam satu hari, atau makan hanya beberapa suap. Ketika ia lapar, maka mereka cenderung akan menyantap makanan apa saja yang disajikan orang tua.

Ternyata tidak begitu sulit mengatasi masalah anak yang susah makan. Ingat ya, tidak perlu marah-marah dan bertindak kasar pada anak ketika mereka tak mau makan. Coba saja tips-tips di atas agar si kecil kembali lahap makan. (terasluar-detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.