Tips Diet OCD

0

Kelebihan berat badan atau tidak memiliki berat badan yang proporsional dengan tinggi badan seringkali menjadi alasan seseorang untuk melakukan diet. Ada banyak metode diet yang bisa diterapkan, namun tetap kembali pada permasalahan awal, di mana diet adalah sebuah langkah penurunan berat badan yang harus dijalankan dengan disiplin ketat dan komitmen yang kuat.

Salah satu pola diet yang banyak dilakukan saat ini adalah diet OCD yang populer dengan istilah “jendela makan”. Diet ini tergolong cukup unik dan berbeda dengan jenis diet lainnya karena tidak ada pembatasan jumlah kalori pada saat jam tertentu yang dipilih sebagai jadwal makan dan tidak diperbolehkan melakukan sarapan di pagi hari.

Sulit? Barangkali iya, bagi sebagian orang. Namun diet ini terbukti dapat menurunkan berat badan secara signifikan dan mempertahankan berat badan pada posisi proporsional. Berikut ini adalah tips yang patut anda cermati bila ingin menjalani diet OCD:

Hindari Sarapan Pagi

Ini merupakan peraturan pertama yang harus anda lakukan saat menjalankan diet OCD. Anda dilarang untuk sarapan minimal 3-4 jam setelah bangun pagi.

Ikuti Aturan Makan dengan Menggunakan Jendela Makan

Yang dimaksud dengan jendela makan adalah waktu / jam makan yang bisa anda pergunakan selama satu hari. Anda tidak akan dilarang memakan apapun dan dalam jumlah berapapun selama itu berada di dalam jendela makan anda. Berikut ini adalah pembagian jendela makan:

  • Jendela Makan 8 Jam

time-to-eatDalam jendela ini anda akan memiliki waktu / jam makan bebas selama 8 jam penuh. Contohnya: dimualai dari jam 11 siang hingga jam 7 malam, dalam kurun waktu tersebut anda bebas makan dan minum. Namun di luar jam tersebut anda hanya diperbolehkan minum air putih.

 

  • Jendela makan 6 jam

Sama dengan yang di atas, anda juga dapat makan dengan bebas selama 6 jam penuh dan selanjutnya berpuasa dan hanya minum air putih saja.

  • Jendela makan 4 jam

Dalam jendela ini waktu makan anda akan lebih singkat lagi, maka anda harus pintar memilih jam / waktu makan yang tepat bagi anda.

Sesuaikan Dengan Aktifitas Anda

Pada dasarnya waktu tepat untuk setiap jendela makan di atas bisa anda pilih dan sesuaikan dengan aktifitas yang anda lakukan setiap harinya. Misalnya: pada saat jendela makan 8 jam, maka anda bisa memulainya sejak jam 12 siang hingga jam 8 malam. Namun pada saat jendela makan hanya 4 jam saja maka ada baiknya anda memulainya sejak jam 3 sore hingga jam 7 malam. Hal ini akan menghindari anda dari rasa lapar sepanjang malam yang kemungkinan justru dapat menganggu jam istirahat anda.

Puasa Selama 24 Jam Penuh

Di dalam diet OCD dikenal juga puasa 24 jam, di mana anda hanya makan satu kali saja dan selanjutnya melakukan puasa hingga 24 jam ke depan. Namun hal ini tidak dilakukan setiap hari dan pada umumnya hanya dilakukan 1 atau 2 kali dalam sepekan.

Lakukan Secara Bertahap

steps-to-successJangan memaksakan diri saat menerapkan diet ini, lakukan secara bertahap dan terprogram, misalnya: di minggu pertama jalankan diet dengan jendela makan 8, lalu di minggu kedua dengan jendela makan 6, dan seterusnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.