Tips Kurangi Bau Badan

0

Bau Badan kelihatannya sepele, tapi sebenarnya dampaknya serius. Bagiamana tidak, jika bau badan “menyengat” aktifitas sosial kita akan terganggu. Orang-orang atau teman yang dekat dengan kita otomatis akan terusik indra penciumannya. Tentu saya kita tidak ingin kan dijauhi orang atau menjadi perbincangan di antara teman karena bau badan yang tidak enak.
Saat kita beraktifitas kadang mengeluarkan keringat, kadang 33sedikit dan tak jarang juga berlimpah. Sebenarnya keringat yang dikeluarkan tubuh kita tidak berbau. Lalu mengapa badan kita menjadi bau saat berkeringat terutama di bagian ketiak. Bau yang datang bersama bau badan disebabkan oleh aktifitas bakteri yang bekerja pada keringat. Keringat dihasilkan dari suatu kelenjar yang ada di dalam tubuh kita yaitu kelenjar accrine dan apocrine. Kedua kelenjartersebut memiliki fungsi / peranan yang berbeda. Kelenjar accrine menghasilkan kelenjar bening dan tidak berbau, kelenjar jenis ini sudah diproduksi sejak kita bayi, biasanya keluar di telapak tangan, dahi, dan punggung. Lalu bagaimana mengatasi masalah bau badan ini. Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa di coba.

mengurangi bau badan mandi

  • Rajin Mandi

Mandi adalah langkah sehat dan mudah untuk membersihkan diri. Usahakan mandi sehari dua kali, tapi jika kita melakukan aktivitas yang membuat sering berkeringat di usahakan lebih rajin lagi mandinya.

  • Pakai Sabun kesehatan

Sabun ini berguna untuk mengurangi kuman/bakteri menempel di tubuh kita. Dengan demikian pertumbuhan bakteri akan bisa ditekan dan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap.

  • Pakai Deodorant

Sesudah mandi jangan lupa pakailah deodorant dibagian bawah ketiak. Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulit agar tidak iritasi dan menjaga kulit agar tidak lembab.

kurangi bau badan baju ganti

  • Bawa Saputangan atau Handuk Kecil

Dua benda tersebut efektif untuk membasuh keringat agar tidak membajir di tubuh. Semakin banyak keringan yang keluar maka semakin besar pula keringat yang nantinya bersentuhan dengan kotoran yang akan menimbulkan bau badan.

  • Ganti Pakaian

Setiap setelah mandi gantilah pakaian kotor dengan yang bersih terutama pakaian dalam. Jangan memakai bajumu yang telah dipakai seharian pada keesokan harinya sebelum dicuci sebab sebab kotoran/kuman masih menempel dan baunya tentu tidak enak.

  • Kurangi Makanan Penyebab Bau Badan

Kurangi makanan yang merangsang produksi minyak berlebihan. Makanan tersebut di antara lain makanan yang pedas, berminyak, bersantan.

  • Periksa ke Dokter

Kalau langkah-langkah di atas sudah tidak mempan lagi coba saja periksakan ke dokter. Siapa tahu ada sesuatu dengan kelenjar. Dokter tentu saja akn memberikan resep khusus agar masalah bau badan segera lenyap

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.