Tips Memasak Cumi-cumi Agar Bebas Amis

0

Bosan dengan menu sari laut seperti ikan bandeng, ikan mujair atau udang, masih ada banyak jenis seafood yang bisa disajikan di atas meja makan. Salah satu menu favorit keluarga yang bisa dijajal adalah cumi-cumi.

Bagi sebagian besar ibu atau para pecinta hobi memasak, mengolah hewan laut bertangan banyak ini membutuhkan ekstra keahlian agar tinta cumi-cumi tidak terlampau banyak dan menyebarkan bau amis yang menyengat.

Sebelum Anda mencoba menu atau resep cumi-cumi baru, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips memasak cumi-cumi yang benar agar bebas bau amis sebagai berikut. Let’s find out

Bersihkan cumi-cumiprepared-squid

  1. Pertama, jangan mencuci cumi-cumi terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air.
  2. Kemudian, potong antara bagian kepala dari badan cumi-cumi dengan cara ditarik perlahan-lahan.
  3. Apabila Anda ingin membuat masakan cumi yang sedikit tinta berwarna hitam, buang bagian kantung tempat persediaan tinta ini di bawah kepala cumi memakai pisau. Hati-hati ketika membuang bagian ini karena kantung ini mudah robek dan pecah mengeluarkan seluruh isi tinta.
  4. Sekarang, bersihkan bagian tubuh cumi-cumi dengan memasukkan telunjuk jari ke dalamnya. Jika ada kotoran tinggal menarik saja dan buang.
  5. Langkah berikutnya, buang bagian tulang rawan yang ada di punggung cumi. Tulang ini sangat tipis dan transparan. Menikmati cumi akan lebih mudah jika tanpa ada bagian tulang di sekitar bagian tengah punggung cumi.
  6. Nah, selanjutnya Anda tinggal mencuci cumi yang sudah dibersihkan di bawah air kran bersih yang mengalir.
  7. Usai dicuci bersih, cumi-cumi bisa diberi kucuran air jeruk lemon atau air jeruk nipis agar mengurangi bau amis.
  8. Jika ingin lebih simpel, Anda boleh menyatukan kembali bagian kepala dan badan cumi, dengan cara memasukkan setiap kepala ke dalam setiap tubuh cumi. Masukkan kepala secara terbalik untuk mendapatkan bentuk cumi yang membulat hingga mudah diolah dan tampak manis disajikan nantinya.

Langkah demi langkah mempersiapkan cumi-cumi sebelum diolah sudah kami bahas. Mudah-mudahan informasi di atas dapat membantu Anda menyiapkan masakan cumi-cumi yang super lezat dan kaya nutrisi bagi keluarga. Happy cooking.. (terasluar-Detty Risetya)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.