Tips Membuat Nutrisi Hidroponik

5

Mudahnya bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik telah membuat banyak orang menjadi lebih tertarik untuk mengembangkannya sebagai lahan bisnis ataupun sebagai hobi semata. Penggunaan media yang sederhana serta sistem pemeliharaan yang mudah dan efisien adalah salah satu hal yang menjadi alasan bagi banyak orang untuk menerapkan hidroponik di dalam kebun mereka.

Ada banyak hal yang patut dicermati pada penerapan hidroponik dalam berkebun, salah satunya adalah penggunaan nutrisi yang tepat bagi tanaman karena pada dasarnya di dalam hiroponik hanya digunakan media tanam yang sangat minim unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam pertumbuhannya. Berbeda dengan metode berkebun lainnya yang menggunakan tanah yang memiliki beragam unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

Penggunaan nutrisi hidroponik akan berdampak baik bila dilakukan dalam takaran dan jumlah yang tepat, serta sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri. Ada banyak jenis nutrisi hidroponik yang bisa kita buat, beberapa tips di bawah ini bisa dipakai saat membuat nutrisi hidrponik:

Pilih Jenis Nutrisi yang Tepat

Pada dasarnya di dalam hidroponik dikenal 2 jenis nutrisi yang biasa digunakan sebagai sumber “makanan” bagi tumbuhan, yaitu:

  • Nutrisi organik.

Nutrisi ini adalah jenis nutrisi yang terbuat dari bahan-bahan organik, kotoran makhluk hidup, serta makluk hidup yang telah mati dan telah mengalami proses pembusukan, seperti: pupuk kompos dan humus yang berasal dari pembusukan kayu, dedaunan atau kotoran hewan.

  • Nutrisi non organik.

Nutrisi ini adalah nutrisi yang terbuat dari bahan-bahan pupuk buatan yang pada umumnya telah memiliki fungsi atau manfaat tertentu di dalam pertumbuhan tanaman, sehingga lebih mudah untuk memilih dan menentukan campuran yang akan digunakan sebagai larutan nutrisi.

weight-scaleGunakan Takaran dan Jumlah yang Tepat

Di dalam pembuatan nutrisi bagi tanaman, baik itu nutrisi organik maupun nutrisi non organik, selalu harus menggunakan perhitungan dan takaran yang tepat. Menurut bentuknya, nutrisi dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu padat dan cair. Namun di dalam hidroponik, penggunaan nutrisi cair (larutan) dianggap lebih baik dan efisien karena lebih mudah dan dapat diatur kepekatannya sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Hal yang sangat penting untuk dicermati adalah jumlah dan jenis campuran yang akan digunakan sebagai larutan nutrisi bagi tanaman. Ini harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang kita tanam, serta umur dari tanaman itu sendiri.

Contoh: pada awal pertumbuhan, setiap polibag tanaman harus disiram dengan 100 ml unsur hara dengan frekuansi 1-2 kali sehari. Sedangkan pada saat tanaman mulai membesar, maka perlu disiram dengan 200 ml unsur hara dengan frekuensi 2-3 kali sehari.

Di dalam pembuatannya, nutrisi organik dapat dibuat dengan cara fermentasi menjadi bokhasi (kompos super) yang kemudian diekstrak menjadi larutan nutrisi. Sedangkan nutrisi non organik bisa dibuat dengan lebih mudah karena hanya dibutuhkan pencampuran beberapa jenis pupuk buatan yang dilarutkan dengan air dalam takaran tertentu.

Gunakan Air Sungai atau Sumur

Jangan menggunakan air PAM saat membuat larutan nutrisi, karena di dalam air tersebut kemungkinan telah tercampur bahan kimia tertentu yang biasa dipakai untuk menjernihkan dan membunuh kuman / bakteri yang terdapat di dalam air.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

5 Comments
  1. Aditya says

    Dr dulu pengen belajar hidroponix. Cuma dsini gak tau dmn yg ngadain pelatihan ..

    1. admin says

      Mas Adit, tinggal daerah mana? Kalo di tempat saya bisa saya kenalkan dengan penggiat hidroponik.

  2. Nichole says

    Artikel yang bagus min, bisa buat referensi nih, mau nyobain nanam sayur organik, ditunggu update artikel selanjutnya,

  3. Antione Sokolowski says

    Larutkan bioaktivator seperti EM4 dan gula merah 5 liter air aduk hingga merata. Kemudian tambahkan larutan tersebut ke dalam tong yang berisi bahan baku pupuk.

  4. admin says

    Wow, bisa dicoba idenya nih @Antione Sokolowski..

Leave A Reply

Your email address will not be published.