Tips Menggoreng Cabai Agar Tidak Meletus

0

Sebagai salah satu bumbu dapur yang sangat penting, keberadaan cabai tidak bisa dihilangkan begitu saja dalam masakan Indonesia. Terutama masakan yang pedas seperti sambal. Hanya berlauk sambal saja, nasi hangat sebakul bisa ludes dalam waktu sekejap.

Pecinta rasa pedas, tentu sangat akrab dengan urusan membuat sambal. Nah, sebelum membuat sambal biasanya cabai harus digoreng dahulu hingga matang baru dicampur dengan bahan sambal lain seperti garam, terasi atau bawang putih.

Dibalik kenikmatan rasa sambal, ternyata banyak orang yang enggan atau takut dalam menggoreng cabai. Hal ini bukan tanpa alasan, sebabnya cabai yang dimasukkan dalam minyak sayur panas seringkali meledak alias meletus. Letusan yang mengeluarkan suara bak mercon pun diiringi cipratan minyak goreng panas yang bisa membuat kulit melepuh. Wah, kalau sampai minyak goreng mengenai mata, bisa bahaya, kan? Anda jangan khawatir, kami sudah merangkum beberapa tips mudah menggoreng cabai tanpa ada letusan atau cipratan minyak panas lagi. Bagaimana caranya? Ingin tahu? Baiklah, segera saja kita simak tips-tips berikut:

 Cabai dipotong-potong

lombok-irisTidak banyak orang yang senang berurusan dengan cabai apalagi jika harus memotong dan membuang biji. Setelah dicuci bersih, biasanya cabai langsung dicemplungkan dalam minyak panas untuk digoreng sampai matang. Hal inilah yang menyebabkan cabai mudah meletus lantaran masih terdapat air dan udara di dalam cabai. Untuk mengurangi letusan, cobalah memotong cabai menjadi tiga atau empat bagian agar tak meletus ketika digoreng.

Cabai ditumis

Alih-alih menggoreng cabai, cobalah untuk menumis cabai saja. Bedanya terletak pada jumlah takaran minyak sayur yang digunakan. Jika menggoreng cabai memakai minyak sayur terlalu banyak akan sangat sayang karena bekas minyak tidak bisa dipakai lagi untuk menggoreng bahan makanan lain lantaran sudah terkontaminasi dengan zat pedas cabai. Cukup gunakan 2-3 sendok minyak sayur untuk menumis cabai hingga matang agar tidak ada kemungkinan cabai meletus maupun meloncat dari penggorengan.

Mengecilkan api

Cabai yang berlompatan dan meletus dari penggorengan biasanya terjadi ketika minyak sayur sudah mencapai suhu tinggi. Nah, usahakan untuk menggunakan api kecil saja ketika menggoreng cabai dan tutupi wajan. Meskipun lama, namun cabai akan matang secara sempurna tanpa harus membuat Anda terciprat minyak panas.

Semoga langkah-langkah di atas bisa membantu Anda membuat cabai goreng sebagai bahan sambal nikmat hidangan keluarga. Selamat mencoba.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.