Tips Mengoptimalkan Kinerja Android Pada Ponsel Anda

1

Memiliki dan menggunakan smartphone berbasis android, seolah-olah telah menjadi sebuah hal wajib bagi banyak kalangan pecinta gadget belakangan ini. Sejak diluncurkan pertama kalinya, android yang merupakan sistem operasi besutan Google tersebut telah mendapat tempat yang istimewa di hati banyak orang. Hal ini tentu sangat wajar terjadi, mengingat android memiliki beragam fitur dan widget yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Namun, apa yang kemudian terjadi bila ternyata kinerja android yang anda miliki menjadi lambat dan mengganggu beragam aktifitas di smartphone anda?

Hal ini bisa terjadi dan bahkan cukup orang banyak yang mengalaminya. Untuk itu simak beberapa tips di bawah ini yang dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan kembali kinerja android pada smartphone anda:

android-manage-appsPilih & Uninstall Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Ini merupakan cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja android anda, pilih dan unistall / hapus aplikasi yang tidak terpakai di smartphone anda. Aplikasi yang terlalu banyak justru akan membebani kinerja android anda, karena itu lakukan pengecekan dan penyortiran aplikasi yang tidak benar-benar anda perlukan atau jarang sekali anda gunakan.

Batasi Penggunaan Widget

androids-widgetsPada dasarnya widget akan memudahkan anda untuk bernavigasi menuju aplikasi. Namun widget juga akan menguras baterai serta memori smartphone dan menjadikan kinerja android melambat, terutama bila widget yang anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus update setiap saat. Anda dapat membatasi penggunaan widget dengan cara melihat update aplikasi seperti sosial media, hanya pada saat anda login saja.

Mengganti SD Card

Lambatnya kinerja android bisa juga dikarenakan oleh Micro SD yang anda gunakan. Micro SD yang menjadi penyimpanan eksternal pada smartphone memiliki kecepatan akses yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Gunakan Micro SD class 10 yang memiliki daya transfer data yang cepat, sehingga dengan cepatnya akses memori tersebut dapat mengoptimalkan kinerja android pada smartphone anda.

Menutup Aplikasi Yang Berjalan di Background

Aplikasi yang berjalan di background adalah aplikasi telah selesai anda gunakan dan telah anda tinggalkan tetapi aplikasi tersebut tidak sepenuhnya berhenti berjalan. Hal seperti ini sangat biasa terjadi dan dilakukan oleh para pengguna smartphone tanpa di sadari dan menyebabkan kinerja hp android anda menjadi lebih lambat. Untuk itu anda perlu memastikan bahwa semua aplikasi yang digunakan telah ditutup kembali. Anda dapat melihat dan menutup aplikasi yang berjalan di background dengan cara menekan tombol “back” pada smartphone anda.

Gunakan RAM BoosterAndroid-RAM-Booster

Membersihkan Sistem RAM dari “sampah” juga dapat mempercepat kinerja android yang anda miliki. Hal ini terjadi karena biasanya penggunaan sebuah apilkasi di android akan secara otomatis menyimpan cache atau file sampah pada directory sistem yang ada pada sebuah smartphoe dan ini akan membuat kinerja android anda menjadi lambat. Gunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan di market android untuk membersihkannya atau anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan fitur bawaan seperti RAM Booster.

Demikianlah beberapa tips dari kami yang bisa mengoptimalkan kinerja smartphone ataupun tablet berbasis ‘android’. Jika anda memiliki tips atau triks lain bisa berbagi disini melalui kolom komen. (terasluar-micro_yoda)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. katon sumargi says

    Dulu saya pernah punya Android Asus dan lemotnya bukan main, akhirnya saya jual dan ganti ke samsung, lumayan mas lancar. Terima kasih tipsnya, sukses mas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.