Tips Merawat Kesehatan Mata Agar Selalu Sehat

0

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Jika tidak memiliki indera penglihatan, seseorang tidak akan bisa menikmati, merasakan, dan melihat indahnya dunia. Apa yang dilihat orang orang lain, tidak bisa dirasakannya pula jika tidak mempunyai indera penglihatan.

Oleh sebab itu, merawat kesehatan mata menjadi hal yang sangat penting dan harus dilakukan. Namun harus diingat pula bahwa merawat kesehatan mata tidak hanya mengistirahatkan mata saat lelah saja. Ada berbagai macam cara yang harus dilakukan untuk menjaganya supaya tetap optimal dan berfungsi dengan baik.

Bagaimana sih tips merawat kesehatan mata yang baik? Mari kita simak cara-cara merawat kesehatan mata yang bisa kamu lakukan di bawah ini:

Jaga Jarak Antara Mata dengan Alat Elektronik

Di era yang semakin modern dengan segala perkembangan zaman kekinian saat ini, manusia seakan dibuat untuk tidak bisa lepas dari perangkat elektronik, terutama smartphone. Hal ini terjadi karena segala hal hampir selalu berhubungan dengan smartphone. Mencari berita terkini bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan bermodalkan smartphone, bermain game juga bisa melalui smartphone, tidak lagi lewat perangkat komputer.

Karena mata tak pernah jauh dari alat elektronik, sebaiknya rawatlah kesehatan mata dengan bermodalkan kesadaran dari diri sendiri terlebih dahulu. Pengaturan jarak pandang menjadi salah satu hal penting. Aturlah jarak pandang yang pas antara mata dengan gadget kamu, yaitu 30 sentimeter. Jika terlalu dekat akan dikhawatirkan radiasi cahaya yang kuat dari layar bisa menimbulkan kelelahan pada mata.

Bila terlanjur keseringan tidak menjaga jarak pandang, berikanlah pertolongan pertama dengan memberikan obat tetes mata. Obat tetes mata ini dapat bekerja secara efektif menggantikan fungsi cairan mata yang berkurang karena kelelahan. Untuk dosis yang tepat, teteskan 1-2 tetes setidaknya satu kali dalam sehari.

sayuran-dan-buah-untuk-kesehatan-mataMakan Buah-Buahan dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Salah satunya adalah wortel, yang mengandung beta karotin. Zat ini adalah antioksidan yang dapat memperkuat mata, sekaligus mengurangi risiko degenerasi makula.

Olahraga Mata

Sama dengan anggota tubuh lainnya, mata juga mempunyai otot yang bisa dilatih agar kuat dan sehat. Untuk olahraga mata, kamu bisa melakukannya dengan cara memfokuskan mata pada objek yang dekat, kemudian pindahkan ke objek yang jauh. Lakukanlah cara ini beberapa kali dan lakukan setiap hari.

Latihan lainnya yang bisa dilalukan adalah dengan menutup mata menggunakan telapak tangan. Kemudian jauhkan telapak tangan selama 10 detik dan membuka mata kembali. Setelah itu kembali tutup matamu dengan telapak tangan. Ulangi beberapa kali dan lakukan setiap hari.

jaga-ksehetan-mataHindari Kebiasaan Mengucek Mata

Jika kamu memiliki kebiasaan selalu mengucek matamu. Mulailah menguranginga. Apabila tangan manusia sering bersentuhan dengan berbagai benda atau sesuatu yang kotor, dikhawatirkan nantinya kuman atau bakteri yang belum terbasuh akan berpindah ke mata. Sehingga menyebabkan iritasi pada bagian dalam mata.

Selain menjaga kebersihan mata dengan mencuci tangan, jangan lupa untuk menghilangkan kebiasaan mengucek mata saat terasa gatal atau tidak nyaman. Usahakan agar tangan tidak bersentuhan langsung dengan mata.

Kata siapa mata akan selalu sehat? Mata pun juga bisa mengalami letih dan lelah ketika setelah seharian diajak beraktivitas. Supaya matamu kembali segar, biarkan matamu untuk menikmati pemandangan yang akan menyegarkan mata dari polusi.

Kamu bisa dilakukan dengan cara berjalan-jalan di taman, menikmati pemandangan kota dari ketinggian, seperti dataran tinggi, tebing, atau rooftop gedung, hingga sekadar menikmati keindahan suatu tempat yang memiliki pemandangan eksotis.
Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Kamu tentu ingin matamu selalu sehat dan tetap berfungsi dengan baik dan normal.

Setidaknya, apabila kamu menjaga kesehatan mata, penglihatan akan tetap berfungsi dengan baik kekuatannya sampai usiamu senja nanti. Mulailah untuk memperhatikan dan merawat kesehatan mata sejak saat ini. Jangan tunggu jika sudah terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.