Tips Motivasi Anak Gemar Membaca

1

Membaca adalah salah satu hobi yang sangat bermanfaat. Dengan gemar membaca seseorang akan terlepas dari jerat kebodohan. Tak heran jika di setiap tempat pendidikan, salah satu keterampilan dasar yang selalu diutamakan adalah kegemaran membaca.

Orang tua juga dapat meningkatkan keinginan membaca si kecil semenjak dini. Bahkan, sejak dalam kandungan, janin sudah bisa mendengar kata-kata orang tuanya. Nah, kalau Anda ingin si kecil kian gemar membaca dari hari ke hari, sebaiknya ikuti dulu saran-saran yang kami ringkas dari berbagai sumber berikut ini ya:

Reading-Time-ClockAtur Jadwal Rutin untuk Membaca

Membaca bagi anak tidak perlu terlalu lama atau berjam-jam. Waktu sekitar 1-2 jam saja sudah cukup. Toh, apabila terlalu lama hal ini juga kurang bagus untuk indera penglihatan yang mudah lelah dan teriritasi. Lebih baik menerapkan sedikit waktu tapi rutin agar anak bisa melatih dan meningkatkan kegemaran membaca.

Membaca Bersama-sama

family_parents_child_read_book_together_learn_happyAnak-anak akan merasa enggan dan malas membaca jika ia sendirian. Kenapa Anda tidak menemani mereka saat membaca? Bukankah hal ini bisa mendekatkan Anda dengan anak? Membaca bersama anggota keluarga lainnya dapat menghabiskan jam berkualitas agar antara anggota keluarga memiliki ikatan atau koneksi yang lebih terhubung satu sama lain.

Sediakan buku berbagai jenis

Bila perlu, sediakan bujet khusus untuk membeli buku baru setiap bulan. Membaca buku yang sama dari hari ke hari tentu akan membuat anak jenuh dan bosan. Cobalah untuk menyediakan buku anak-anak yang lebih variatif. Semakin banyak pilihan buku, maka anak-anak akan lebih senang membaca dan kian penasaran dengan isi buku barunya.

Biarkan Mereka Melihat Anda Membaca

Dengan sengaja biarkan mereka melihat betapa asyiknya hobi membaca itu. Anda dapat memamerkan hobi membaca novel, majalah, atau buku-buku ketika anak-anak sedang ada di rumah sehingga mereka juga bisa berpikiran bahwa orang tua mereka sangat gemar membaca.

Lebih mudah mengajarkan hal-hal baru seperti gemar membaca jika anak meneladani orang tua. Dukung terus hobi membaca si kecil dengan mengajak ke perpustakaan atau menyediakan buku-buku bervariasi ya. (terasluar-Detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

1 Comment
  1. […] Biasakan anak membaca buku. Bila sempat, sisakan waktu setiap hari, kalau tidak, beberapa kali setiap minggu untuk membacakan cerita kepada anak atau biarkan sekali-kali anak Anda yang membacakan cerita untuk Anda. Jangan lupa untuk membahas kembali apa yang telah dibaca. Sediakan sebanyak mungkin buku yang pantas di sekitar rumah dan minta kerjasama keluarga untuk menjadikan buku sebagai hadiah ulangtahun, liburan atau lebaran. (baca juga: Tips Meningkatkan Kegemaran Membaca pada Anak) […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.