Tips Simpan Tempe & Tahu di Dalam Lemari Es Agar Tak Mudah Busuk

0

Tahu dan tempe adalah lauk yang sangat akrab di telinga masyarakat Indonesia. Eits… jangan memandang sebelah mata pada tempe dan tahu. Kendati harganya relatif murah, tempe dan tahu sangat populer di Jepang. Kandungan antioksidan dalam tempe dan kanker juga konon mampu mengurangi risiko kanker. Kalau orang Jepang saja menyukai tempe dan tahu, kenapa sebagai orang Indonesia harus malu mengonsumsi tempe dan tahu secara teratur? Bahan kacang kedelai untuk membuat tempe dan tahu juga mengandung nutrisi penting bagi tubuh. Selain antioksidan, kacang kedelai juga mengandung asam folat, vitamin B serta mineral kalsium dan protein.

soya-tempe-tahuBosan untuk menu lauk yang digoreng, tahu dan tempe kini makin banyak olahannya. Kreasi makanan dari tempe dan tahu mulai bermunculan seperti tahu krispi, brownies tempe, keripik dan lain-lain. Terbuat dari proses peragian, tahu dan tempe terkadang cepat membusuk apabila tidak disimpan dengan baik. Kalau sudah berbau, tempe dan tahu akan terasa kurang nikmat jika dijadikan lauk. Kecuali, Anda memang ingin membuat masakan dari tempe busuk seperti sayur daun singkong atau bothok. Nah, mari ikuti tips-tips berikut agar tahu dan tempe di lemari es tidak gampang busuk dalam waktu yang lama:

storing-tempe-tahuPilih Tahu &  Tempe Berkualitas

Pertama kali membeli tempe dan tahu di pasar atau penjual sayur keliling, cobalah untuk memastikan bahwa kondisi tahu dan tempe memang segar dan tidak berlendir. Tempe atau tahu yang sudah lama biasanya warnanya cenderung keruh dan berlendir. Ciri-ciri tahu dan tempe yang masih baru, jika disentuh terasa hangat dan memiliki aroma kacang kedelai yang kuat. Kemudian, pada bagian seperti kapas tempe warnanya masih putih bersih dan tidak hitam.

rendam-tahuDicuci dan Direndam

Tahu dan tempe biasanya dijual dalam bentuk utuh. Cuci dengan air yang mengalir hingga bersih, kemudian rendam tahu dan tempe dalam larutan air yang sudah dicampur sedikit garam dan bawang putih yang digeprek atau dirajang halus. Fungsi garam dan bawang putih di sini adalah sebagai pemusnah bakteri sekaligus menambah cita rasa tempe dan tahu. Garam bersifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Dengan cara ini, tahu dan tempe Anda akan tetap awet di simpan dalam lemari es.

Cara Penyimpanan

Sebelum menyimpan dalam lemari es, biarkan dulu tempe dan tahu di suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau hangat seperti saat pertama kali membeli. Lalu, Anda bisa merendam tahu dan tempe dalam kotak atau wadah yang sudah diberi larutan air garam dan bawang putih, lalu masukkan di rak lemari es bagian tengah.

Semoga artikel yang kami sampaikan bermanfaat bagi Anda dan keluarga.(terasluar-Detty)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.