Tips Sukses Presentasi Tanpa Grogi

0

Bebicara di depan orang banyak memang tidak gampang apalagi sifatnya ilmiah Beda dengan ngerumpi, pasti tidak ada masalah. Sekarang ini presentasi merupakan sesuatu yang amat penting, sebab saat dibangku sekolah, bekerja ataupun kegiatan kemasyarakatan presentasi sering kita lakukan. Mengingat begitu pentingnya arti sebuah presentasi maka sebaiknya kita mengetahui tips-tipsnya, agar kita mudah melakukan presentasi tanpa grogi.

Jangan Tergantung pada Teks

Teks hanyalah alat bantu, bukan pengganti memori. Teks hanya merupakan external memory untuk mengatasi kesulitan daya ingat.

Mengetahui Tipe Audience

Kita harus jeli melihat kemampuan dan kemauan para audience agar tidak terjebak pada presentasi yang membosankan.

presentasi tanpa grogi

Perbanyak Jam Terbang

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Semakin banyak berlatih tentu saja semakin mahir. Untuk menjadi seorang presenter yang baik dibutuhkan panggung untuk latihan, guru yang mau memoles, kapasitas pribadi untuk mengolah bahan-bahan presentasi, dan pengetahuan yang memadai.

presentasi tanpa grogi

Memilih Topik Presentasi

Carilah topik yang kita kuasai. Bila topik berhubungan dengan bidang lain yang belum kita pahami maka kita bisa melakukan bersama-sama dengan orang lain yang dianggap ahli. Selain itu pilihlah topik yang relevan dengan kebutuhan audience.

Membangun Logical Structure

Logical Structure pada dasarnya adalah sebuah alat bantu untuk menguraikan benang-benang kusut ke dalam diagram yang bentuknya semacam outline. Alat ini sangat bermanfaat untuk mengarahkan jalan berpikir audience sehingga dari awal mereka sudah tahu kemana arah presentasi kita.

Hindari Materi Yang Menjenuhkan

Indikatornya antara lain adalah audience mulai menguap, matanya mulai redup, atau sayup-sayup mendengar suara mendengkur. Setelah mengetahuinya cepat ambil tindakan seperti penyegaran dengan permainan, berikan waktu untuk istirahat dan ajak audience untuk berinteraksi.

presentasi tanpa grogi

Mendesain Presentasi

Kita dapat memoles tampilan kita dengan cara menggunakan desain teks yang efektif. Gunakan kalimat pendek namun efektif agar tidak membingungkan audience.

presentasi tanpa grogi

Visual

Audience mirip dengan anak-anak. Pesentasi akan mudah dipahami jika kita menyertakan alat bantu visual. Sekarang, dengan menggunakan software tertentu misalnya powerpoint kita bisa menggabungkan suara,grafik, foto, clip art, animasi dan video camera dalam satu file presentasi. Kemampuan mengolah program ini akan membuat citra presentasi kita lebih baik.

Perhatikan Penampilan

Saat kita presentasi kita akan menjadi pusat perhatian. Penampilan fisik juga sangat penting. Pakai baju yang bersih dan rapi. Wajah juga fresh dan ceria sehingga tidak membosankan untuk dipandang

PE-DE

Percaya diri harus dipupuk, agar kita nggak demam panggung. Yakinlah kamu bisa mengatasinya. Rasa gugup yang berlebihan akan berpengaruh pada volume dan kulatitas suara yang kita keluarkan. Berdoa sebelum tampil akan menentramkan hati kita. Rasa percaya diri didukung dengan penguasaan materi presentasi, tentu akan membuat presentasi tanpa grogi apalagi gugup.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.