Tips Terbaik Menyiram Tanaman di Kebun

0

Semua tanaman memang membutuhkan air. Akan tetapi, kebutuhan air masing-masing tanaman berbeda. Nah, bagaimana untuk menentukan apakah Anda sudah melakukan penyiraman seefektif mungkin? Tentunya, Anda tidak ingin hobi berkebun membuat tagihan biaya air bulanan membengkak, bukan? Baca terus tips-tips yang perlu diketahui dalam penyiraman untuk kebun. Jangan ragu menambahkan tips-tips bermanfaat lainnya di bagian komentar jika Anda memiliki metode berbeda yang dipakai untuk menyiram kebun.

Siram tanaman yang paling jauh terlebih dahulu

Jika Anda memiliki kebun yang besar, mulailah menyiram tanaman yang letaknya paling jauh dari kran air. Pasalnya, hal ini akan meminimalisir adanya cipratan lumpur atau air yang menggenang di bawah selang. Anda tentu tidak ingin terlalu repot berurusan dengan pakaian atau celana yang terciprat lumpur ketika menyiram tanaman di kebun, kan?

Semprotkan air di sekitar akar

Bagian tanaman yang paling membutuhkan air adalah bagian akar yang terdapat di dalam permukaan tanah. Oleh karena itu, semprotkan air pada bagian akar agar air lebih cepat meresap ke dalam bagian-bagian penting tanaman.

Periksa kelembapan tanah

Sebelum melakukan penyiraman tanaman, coba periksa apakah tanaman Anda sudah memiliki kadar air yang cukup memadai. Jika kondisi tanah lembek atau basah, lebih baik tidak perlu menyiram lagi. terlalu banyak air justru membuat tanaman mudah layu dan daunnya menguning.

Gunakan Nozzle Adjustable

Nozzle Adjustable atau kepala kran yang bisa disesuaikan akan menjadi alat penyiram tanaman yang multiguna. Bila perlu, atur nozzle pada selang agar memberikan semprotan air serupa kabut tipis untuk tanaman yang memiliki daun kecil atau bunga baru. Berinvestasi pada nozzle yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan akan lebih praktis ketimbang harus mengganti-ganti kepala selang setiap kali ingin menyiram tanaman.

Siram di pagi hari

Waktu penyiraman tanaman yang paling direkomendasikan adalah pagi hari ketika sinar matahari belum terlalu panas. Menyiram tanaman ketika siang justru akan meningkatkan penguapan hingga tanaman mudah kering.

Itulah dia beberapa tips terbaik menyiram tanaman di kebun yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya mungkin sudah akrab di telinga, namun beberapa tips lainnya ada yang kurang populer di kalangan masyarakat. Manakah tips menyiram tanaman yang Anda lakukan? Apakah Anda memiliki tips lain yang bisa ditambahkan dalam daftar di atas? Jangan ragu berbagi di bagian komentar ya…

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.